Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Wisata Kuliner di Jogja
Tags : #kuliner #jogja #lezat

Selain menjadi surganya tempat wisata, Jogja juga merupakan tempat dimana berlimpahnya sajian khas yang mengunggah selera. Kuliner di Jogja umumnya dipengaruhi oleh masakan Jawa. terlepas dari itu, kuliner Jogja memiliki cita rasa khas yang tak diragukan lagi kenikmatannya. Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang menjadi tujuan para wisatawan untuk memanjakan lidahnya. Tempat wisata kuliner di Jogja ini bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Ada tempat wisata kuliner di Jogja yang hanya dapat dinikmati pada malam hari namun ada pula yang hadir di pagi dan siang hari. Semuanya menawarkan daya tarik untuk membuatmu selalu ingin kembali ke Jogja. Berikut 5 kuliner di Jogja yang harus kalian cicipi kelezatannya.

Hasil gambar untuk gudeg bromo bu tekluk

  1. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Gudeng berwarna kecokelatan karena biasanya dimasak bersamaan dengan daun jati. Jika kamu penggemar kuliner malam, Gudeg Bromo Bu Tekluk dapat kamu sambangi saat berada di Jogja.

Gudeg bromo ini sudah ada sejak tahun 1984, lho! Gudeg Bromo ini menyajikan gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Yang menarik, jika biasanya sambal krecek terbuat dari kulit sapi, di Gudeg Bromo Bu Tekluk ini sambal krecek diolah dari kulit daging kerbau sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Gudeg Bromo Bu Tekluk tak pernah sepi pembeli. Banyak pengunjung yang harus rela mengantre atau datang lebih awal untuk menikmati gudeg legendaris ini. Gudeg Bromo buka dari pukul 11 malam sampai habis, biasanya hingga pukul 5 dini hari.Jika kamu penasaran dengan cita rasa gudeg ini kamu dapat langsung datang ke Gudeg Bromo Bu Tekluk di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kamu cukup menyiapkan kocek mulai dari Rp20.000 untuk menikmati kelezatan gudeg ini.

Hasil gambar untuk gudeg yu djum jogja

  1. Gudek Yu Djum

Nah, jika kamu bukan anak malam, kamu tetap dapat menyantap gudeg yang tak kalah lezatnya. Gudeg Yu Djum sudah terkenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bahkan Gudeg Yu Djum sudah memiliki cabang di beberapa titik kota Jogja.

Gudeg Yu Djum dirintis oleh Alm. Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum sejak 1950 silam. Pusat dari Gudeg Yu Djum terletak di Wijilan. Gudeg ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan aman untuk dibawa pulang.

Hasil gambar untuk sate klathak pak pong

  1. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak merupakan salah satu kuliner khas dari Jogja. Sate ini tak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya. Namun, tak seperti sate pada biasanya yang ditusuk menggunakan bambu, tusukan sate klatak ini menggunakan jeruji besi dari velg sepeda.

Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Sate Klatak Pak Pong juga terkenal dengan murahnya, cuma Rp 12.000 saja. Seperti tempat wisata kuliner di Jogja lainnya, Sate Klatak Pak Pong juga tak pernah sepi pembeli, jadi kamu harus sabar menunggu pesananmu, ya. Sate Klatak Pak Pong ini buka pukul 9 pagi hingga 11.30 malam.

Menyantap Kelezatan Mie Ayam Legendaris Bu Tumini Yogyakarta

(gambar: https://tripilarwisata.com/)

  1. Mie Ayam Tumini

Mie ayam memang dapat ditemui di mana saja. Tapi di Jogja, ada warung mie ayam yang cukup terkenal dan sering dikunjungi banyak wisatawan. Mie ayam yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Umbulharjo, Yogyakarta tak jauh dari Terminal Giwangan. Mie ayam Tumini memiliki kuah kental berwarna cokelat Belum lagi dengan potongan daging ayam dan ceker yang besar membuatnya terasa nikmat disantap.

Untuk seporsi mie ayam Tumini, kamu cukup membayar Rp 6.000-8.000 saja. Saking ramainya, warung mie ayam ini, bisa menghabiskan lebih dari 700 porsi perhari. Mie Ayam Tumini buka dari pukul 10 pagi hingga 5 sore.

Hasil gambar untuk mangut lele mbah marto

(gambar: http://serbiserbainfo.blogspot.com/)

  1. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut sendiri adalah Lele yang terlebih dahulu diasap selama 5 jam. Mangut lele ini dimasak dengan rempah pilihan yang membuat rasanya tak diragukan lagi. Warung Mangut Lele Mbah Marto sudah ada sejak 1960 silam.

Warung ini berada di lokasi yang cukup sulit untuk ditemui pasalnya kamu harus blusukkan untuk bisa menemukan warung ini. Mangut Lele Mbah Marto tepatnya berada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon,Bantul,Yogyakarta. Mangut Lele Mbah Marto buka dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.