Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Mau Tau Spot Sunrise Terbaik di Bali? Pantai Sanur Jawabannya
Tags : #sanur #pantai #sunrise #sunset

Pulau Bali merupakan sebuah pulau yang menjadi incaran para wisatawan baik domestik hingga mancanegara untuk menghabiskan waktu berlibur mereka. Pesona alam hingga kentalnya adat istiadat kebudayaan masyarakat Bali menjadi faktor utama bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bali. Salah satu bentuk pesona alam yang selalu ditawarkan oleh Pulau Bali adalah pantai. Pantai-pantai yang ada di Pulau Bali ini sungguh eksotis. Pasir pantai dengan warna putih yang bersih, gulungan ombak yang menyapu bibir pantai, hingga perubahan warna langit yang memukau menjadi karakteristik yang dimiliki hampir semua pantai di Bali. Salah satu pantai di Bali yang memiliki karakteristik tersebut adalah Pantai Sanur. 

Hasil gambar untuk pantai sanur pasir putih

(gambar: https://blogkulo.com/)

Hasil gambar untuk jalan bypass ngurah rai

(gambar: https://www.rumah.com/)

Pantai Sanur ini berada di sebelah timur Kota Denpasar atau lebih lengkapnya yaitu di Jalan Kusuma Sari No. 1, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Denpasar, kalian dapat mengunjungi Pantai Sanur menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan. Apabila kalian berangkat dari Bandara Ngurah Rai, kalian hanya akan menempuh waktu sekitar 45 menit dengan jarak kurang lebih mencapai 16 km. Untuk mencapai ke Pantai Sanur, kalian akan melewati Jalan Tol Laut Madara. Kemudian menuju ke Jalan Raya Pelabuhan Benoa dan Jalan By Pass Ngurah Rai. Tak jauh dari Jalan By Pass Ngurah Rai, kalian akan sampai di tujuan yaitu Pantai Sanur. 

Hasil gambar untuk pantai sanur kintamani id

(gambar: https://www.kintamani.id/)

Kalian dapat menikmati indahnya Pantai Sanur ini setiap hari sealama 24 jam. Atau dengan kata lain, Pantai Sanur ini buka 24 jam. Meskipun Pantai Sanur ini sudah menjadi pantai favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara, kalian tetap tidak akan dikenakan biaya tiket masuk mengunjungi Pantai Sanur. Namun, bagi kalian yang datang menggunakan kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp. 2.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000. Sungguh sangat terjangkau bukan?

Hasil gambar untuk pantai sanur pegipegi

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Jika Pantai Kuta terkenal dengan sunsetnya, hal berbeda justru ditampilkan oleh Pantai Sanur. Pantai Sanur ini terkenal akan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya yang mampu membuat hati kalian berdecak kagum. Namun untuk menikmati hangatnya cahaya matahari terbit dibutuhkan usaha lebih yaitu kalian harus bangun tidur lebih awal agar tidak ketinggalan momen sunrise di Pantai Sanur. Untuk menikmati sunrise di Pantai Sanur, kalian perlu bersiap-siap dari jam 06.00 WITA karena biasanya matahari akan terbit di Pantai Sanur pada jam 06.30 WITA. Apabila kalian datang pada waktu yang tepat atau ketika tidak saat mendung, maka kalian akan semakin yakin bahwa Pantai Sanur ini menjadi spot sunrise terbaik di Pulau Bali. 

Hasil gambar untuk pantai sanur pesonatravel

(gambar: https://pesona.travel/)

Pemandangan sunrise di setiap pantai tentunya akan berbeda-beda. Pemandangan sunrise di Sanur ini memang unik karena selain kemunculan matahari dengan sinar warna oranyenya itu, terdapat beberapa kapal nelayan yang berjejer rapi tepat di bibir Pantai Sanur. Adanya kapal nelayan ini menambahkan kesan artistik pada pemandangan sunrise di Pantai Sanur. Jadi sangat disayangkan apabila kalian melewatkan momen indah ini di Sanur. 

Hasil gambar untuk banyupinaruh di laut

(gambar: http://www.mantrahindu.com/)

Pantai Sanur memiliki ombak yang sangat tenang dengan kontur permukaan pantainya yang relatif dangkal. Kedua hal ini lah yang menyebabkan Pantai Sanur cocok digunakan untuk aktivitas berenang. Lebih dari itu, pantai ini juga ramah dengan anak-anak. Artinya, anak-anak dapat merasakan berenang di pantai ini namun tetap dengan pengawasan orang tua atau orang dewasa di sekitar. Bahkan pantai ini juga menjadi tempat untuk mandi bagi warga lokal. Misalnya pada Upacara Banyupinaruh, para warga lokal yang beragama Hindu akan membersihkan dirinya dengan mandi di pantai.

Hasil gambar untuk kano wirarentalmobilbali sanur

(gambar: https://www.rentalmobilbali.net/)

Para wisatawan pun juga dapat menikmati tenangnya ombak di Pantai Sanur dengan bermain kano. Dengan menyewa kano seharga Rp. 20.000, kalian sudah bisa menikmati padang lamun dan permukaan bawah laut Sanur yang cukup jernih. Kano yang ada di Pantai Sanur ini memiliki kapasitas jumlah penumpang yang berbeda-beda. Ada kano yang muat untuk 3 orang, namun ada juga kano yang hanya dapat menampung 2 orang penumpang. Kalian pun tak perlu takut tenggelam karena ketika bermain kano ini kalian sudah dilengkapi dengan pelampung yang dapat membantu anda mengapung ketika kano terbalik. Bermain kano dengan teman-teman saat liburan tentu tidak akan membuat kalian bosan saat berada di Sanur. Selain kano, kalian juga masih bisa mencoba wahana air lainnya seperti banana boat dan jet ski. 

Hasil gambar untuk surfing sanur 1001wisatacom

(gambar: https://www.1001wisata.com/)

Aktivitas menarik lainnya di Pantai Sanur adalah snorkeling. Melihat indahnya bawah laut Sanur penuh dengan terumbu karangnya yang masih asli dan ikan-ikan yang bersliweran kesana kemari adalah sesuatu yang mungkin tidak kalian dapatkan di pantai lain seperti Pantai Kuta. Dengan memanfaatkan ombak yang cukup tenang, para wisatawan mulai berlayar ke tengah laut untuk mencari spot snorkeling terbaik di Pantai Sanur. Kalian akan dibuat terpukau dengan indahnya suasana bawah laut yang dimiliki oleh Pantai Sanur ini. 

Hasil gambar untuk la playa cafe

(gambar: https://www.tripadvisor.com/)

Karena sudah sangat terkenal, Pantai Sanur ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjunga seperti adanya tempat makan yang siap mengenyangkan perut para wisatawan yang datang ke Sanur. Salah satu restoran yang menyediakan makanan mulai dari makanan khas nusantara hingga makanan Western adalah La Playa Cafe. Olahan Western yang terkenal di kafe ini adalah pancake. Sedangkan menu nusantara yang menjadi menu andalan kafe ini yaitu sate dan pepes. Tak hanya itu, kafe ini juga menyediakan nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.