Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ada Pantai Dengan Air Laut Sebening Kaca, Gak Percaya? Coba Kunjungi Pantai Sulamadaha
Tags : #pantai #sulamadaha #asri #terumbukarang #diving

Jika kalian bosan berkunjung ke pantai yang memiliki pasir warna putih dan ingin sekali pergi ke pantai dengan pasir hitamnya, maka kalian harus mendatangi Pantai Sulamadaha. Luasnya pasir yang berwarna hitam dan gelombang air laut yang menggulung mengarah ke bibir pantai mampu membuat para wisatawan terpukau akan pesona alam yang ditawarkan oleh pantai ini. Lalu suara kicauan burung dan tiupan angin sepoi-sepoi juga melengkapi pengalaman berliburmu di Pantai Sulamadaha. Satu lagu yang membuat pantai ini sangat digandruingi oleh para wisatawan yang berlibur yaitu kejernihan air pantai. Jernihnya air ini lah yang membuat kalian dengan gampang melihat indahnya terumbu karang yang masih asli. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Pantai Sulamadaha ini berlokasi di Desa Sulamadaha, Kabupaten Ternate, Maluku Utara. Letaknya dari pusat kota Ternate pun juga tidak terlalu jauh. Hanya butuh waktu kurang lebih 40 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 km, kalian akan sampai di Pantai Sulamadaha ini. Apabila kalian datang dari luar pulau, tentunya kalian harus memilih pesawat dengan penerbangan ke Ternate terlebih dahulu. Sesampainya di Bandara Sultan Babullah Ternate, akan ada berbagai jenis kendaraan umum seperti bus, angkutan umum, dan taksi yang siap mengantarkan kalian sampai ke Pantai Sulamadaha. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha tinoon

(gambar: http://www.tinooon.com/)

Pantai Sulamadaha buka selama 24 jam dalam sehari sehingga kalian dapat mengunjungi pantai ini kapan pun. Walaupun begitu, kalian perlu perhatikan jam terbaik jika berkunjung ke Pantai Sulamadaha agar kalian tidak ketinggalan momen terbaik berkunjung ke pantai ini. Jam terbaik untuk datang ke Pantai Sulamadaha adalah ketika pagi hari dan sore hari menjelang terbenamnya sang surya. Untuk memasuki pantai ini, para wisatawan tidak perlu merogoh koceknya masing-masing. Namun, jika ingin menikmati fasilitas permainan air yang telah disediakan, maka para wisatawan tetap harus mengeluarkan uang untuk menikmati fasilitas tersebut. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha jendelakecildunia

(gambar: http://jendelakecildunia.com/)

Indahnya Pantai Sulamadaha ini sudah dapat terlihat ketika kalian hendak memasuki kawasan pantai. Setelah memarkir kendaraan kalian masing-masing, kalian perlu berjalan sedikit untuk sampai di Pantai Sulamadaha. Lembutnya pasir berwarna hitam seakan-akan membuat kalian enggan pulang dari pantai ini. Aktivitas menarik seperti duduk santai di atas pasir yang lembut hingga membangun istana dari pasir tak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke Pantai Sulamadaha. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha phinemo snorkeling

(gambar: https://phinemo.com/)

Jernihnya warna air laut di Pantai Sulamadaha ini tak boleh kalian biarkan begitu saja. Kalian harus mencoba rasanya sensasi snorkeling di pantai ini. Namun, jika kalian ingin snorkeling di pantai ini, maka kalian harus membawa peralatan sendiri yang dapat kalian temukan di pusat kota Ternate. Untuk mendapatkan spot snorkeling yang cantik, kalian harus menuju ke hol. Hol adalah sebutan spot snorkeling oleh para penduduk lokal. Perlu berjalan sekitar 10 menit dengan trek menanjak untuk sampai di hol. Setibanya di hol, kalian akan menyaksikan pemandangan yang begitu memukau dengan dua warna air laut yang berbeda yaitu bening dan biru kehijauan. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha ksmtour

(gambar: https://ksmtour.com/)

Pemandangan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang seolah menyapa para wisatawan mampu menghipnotis hati siapa saja yang snorkeling karena keindahannya. Di hol ini lah, kalian bisa menemui berbagai jenis ikan seperti ikan jagungan, ikan kerapu, hingga ikan buntal. Memang di berbagai titik, ada terumbu karang yang sudah rusak namun eksotisnya terumbu karang yang masih terjaga tidak menyulutkan minat para wisatawan untuk bersnorkeling. Karena beberapa terumbu karang sudah ada yang rusak, maka kalian yang hendak snorkeling harus menjaga keasrian bawah laut Pantai Sumaladaha ini. Jangan lupa juga membawa kamera anti air untuk mengabadikan momen luar biasa snorkeling di perairan Pantai Sulamadaha. 

Hasil gambar untuk pantai sulamadaha hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Karena saking jernihnya air di Pantai Sulamadaha, pantai ini juga disebut sebagai pantai kaca. Bahkan kalian tidak perlu menceburkan diri untuk melihat warna-warninya terumbu karang. Cukup dari atas perahu, kalian bisa menyaksikan eloknya pemandangan bawah laut ini. Maka tak sedikit juga wisatawan yang memberhentikan perahu mereka di atas perairan ini hanya untuk sekadar menikmati keindahan bawah laut Pantai Sulamadaha. Jernihnya air ini membuat kalian seperti melayang-layang. Dasar pantai pun terlihat dengan jelas dari perahu yang kalian tumpangi. Sungguh menakjubkan, bukan?

Hasil gambar untuk gohu ikan ternate

(gambar: https://merahputih.com/)

Apabila kalian datang ke pantai Sulamadaha dalam kondisi lapar, maka kalian tak usah khawatir. Sebelum kalian memasuki pantai ini, kalian akan disambut dengan warung-warung berjejeran yang menjual makanan seperti mie goreng atau rebus dan nasi goreng. Menu-menu ini lah yang akan menemani kalian sebelum atau sesudah melakukan berbagai macam aktivitas di Pantai Sulamadaha. Atau, kalian bisa mencicipi masakan khas Ternate seperti gohu ikan yang dapat kalian temukan di pusat kota Ternate. Gohu ikan adalah olahan ikan tuna mentah yang dicampur dengan rajangan kasar daun kemangi dan tumisan bawang merah dan cabe rawit yang dirajang kasar. Tak sedikit juga orang menyebut ini sebagai sashiminya orang Ternate. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.