Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Mengenal Lebih Dekat Satwa Langka Hingga Yang Punah di Museum Satwa Jawa Timur Park 2
Tags : #museum #satwa #batu

Batu memang menunjukkan kelasnya sebagai kota wisata di Jawa Timur dengan berbagai macam objek wisatanya. Objek wisata yang berhubungan dengan alam pegunungan, taman rekreasi keluarga yang ramah, hingga museum-museum yang akan menambah wawasan kalian. Salah satu objek yang menjadi kebanggan Kota Batu adalah Museum Satwa. Benar sekali, Museum Satwa ini letaknya berada dalam Jatim Park II. Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke Musuem Satwa, kalian harus memasuki area Jatim Park II terlebih dahulu. 

Hasil gambar untuk museum satwa infonewsbank

(gambar: http://infobanknews.com/)

Hasil gambar untuk museum satwa traveloka

(gambar: https://www.traveloka.com/)

Museum Satwa di Jatim Park II Batu ini menyajikan fosil-fosil hewan purba yang diawetkan dari berbagai macam benua seperti Amerika, Eropa, Afrika, Asia, Artik, hingga Antartik. Tak hanya satwa yang sudah dalam kondisi diawetkan saja yang dipamerkan di dalam museum ini, satwa-satwa yang masih hidup pun juga menjadi tontonan menarik di museum ini. Museum ini didirkan untuk menjadi tempat Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar dimana satwa-satwa koleksi yang ada dalam museum tersebut bukan merupakan hasil dari berburu. Koleksi satwa yang diawetkan tersebut berasal dari hewan-hewan yang telah mati sebelumnya. Lalu, dilakukan lah proses pengawetan dan menjadi koleksi Museum Satwa Jatim Park II ini. 

Hasil gambar untuk museum satwa pinterest

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Museum ini semakin menarik minat pengunjung dengan adanya replika hewan-hewan purba seperti Apastosaurus, T-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan masih banyak lagi. Replika ini berupa tulang-tulang yang membentuk tubuh hewan-hewan purba di atas. Bentuknya pun dibuat sedemikian rupa dengan aslinya sehingga akan menimbulkan kesan seperti membawa hewan yang sudah punah itu kembali ada lagi. 

Hasil gambar untuk terminal batu freeasbird

(gambar: https://freeasbird.blogspot.com/)

Karena lokasinya yang berada di dalam kawasan Jatim Park II atau lebih tepatnya di Jalan Oro-oro Ombo No. 9A, Kota Batu, Jawa Timur membuat Museum Satwa ini dapat dengan mudah untuk kalian jangkau. Dari pusat Kota Malang membuat Museum Satwa ini dapat dengan mudah untuk kalian jangkau. Dari pusat Kota Malang saja kalian bisa menggunakan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi. Malang dengan Jatim Park II hanya ditempuh dengan jarak 21 km dan estimasi waktu sekitar 45 menit. Bagi kalian yang ingin menggunakan kendaraan umum, maka naiklah angkot berkode AL, ADL, atau GL dengan tujuan Terminal Landungsari. Setibanya di Terminal Landugnsari, pilihlah angkot berkode BL atau BTL. Angkot berkode tersebut akan mengantarkan kalian ke Terminal Kota Batu. Setelah itu kalian tinggal memilih angkot ke arah Jatim Park II. Tak lama kemudain, kalian sampai di area Jatim Park II.

Hasil gambar untuk loket museum satwa chaca atmika

(gambar: http://www.chacaatmika.com/)

Museum Satwa ini dapat kalian kunjungi setiap hari Senin – Jum’at pada jam 09.00 hingga 18.00. Sedangkan pada hari libur dan akhir pekan museum ini buka mulai dari jam 10.00 – 18.00. Untuk bisa masuk ke dalam museum ini, kalian perlu merogoh kocek sektiar Rp. 90.000 pada hari biasa dan Rp. 120.000 pada hari libur dan akhir pekan. Tiket gratis diberlakukan untuk kalian yang membawa anak-anak dengan tinggi kurang dari 85 cm. 

Hasil gambar untuk museum satwa tripadvisor

(gambar: http://www.jalanjajanhemat.com/)

Sebelum masuk ke dalam museum, kalian bisa mengambil gambar sebanyak mungkin di depan bangunan museum ini. Bangunan Museum Satwa ini sungguh artistik sekali. Tak heran apabila sering dijadikan oleh para pengunjung khususnya anak muda untuk bergaya sejenak sebelum masuk ke dalam musuem. Dengan 6 pilar penyangga yang berdiri dengan kokohnya ditambah ada patung gajah yang besar membuat hasil foto kalian di halaman depan museum semakin sempurna.

Hasil gambar untuk museum satwa urukyu sangkar burung

(gambar: https://urukyu.wordpress.com/)

Setealah masuk ke dalam Museum Satwa, kalian akan disambut dengan sebuah sangkar raksasa yang tingginya bisa mencapai belasan meter. Pemasangan instalasi seperti sangkar raksasa ini memberikan pesan kepada para pengunjung bahwa terperangkap di dalam sebuah kandang atau sangkar merupakan sesuatu yang tidak mengenakan bagi para binatang karena ruang gerak mereka sangat terbatas. Diluar dari tujuannya, sangkar ini dihiasi dengan burung-burung yang diawetkan dan diletakkan di ranting pohon buatan di dalam sangkar. Spot foto di dalam sangkar ini juga menjadi incaran para pengunjung yang datang ke Museum Satwa. 

Hasil gambar untuk museum satwa insektarium sahabat nestle

(gambar: https://www.sahabatnestle.co.id/)

Berlanjut ke sebuah tempat yang tak kalah menariknya di Museum Satwa yaitu Insektarium. Insektarium merupakan sebuah tempat dimana hewan-hewan serangga seperti kupu-kupu, lalat, nyamuk, hingga capung diawetkan dan dipajang dengan rapi dalam sebuah kaca. Tak lupa juga dilengkapi dengan informasi singkat yang menjelaskan serangga-serangga tersebut. Hal ini lah yang akan membuat pengunjung semakin tertarik untuk melihat indahnya pajangan serangga di insectarium. Koleksi serangga ini sudah disesuaikan berdasarkan asal negaranya. Salah satu serangga yang menyita perhatian para pengunjung yaitu kupu-kupu. Kupu-kupu di museum ini memiliki berbagai macam bentuk dengan warna-warni cantik yang mewarnai sayap-sayapnya. 

Hasil gambar untuk museum satwa khazanah pengetahuan satwa

(gambar: https://www.malang-guidance.com/)

Bagi para pengunjung yang ingin mengetahui informasi lebih detail tentang satwa-satwa yang ada di dunia, mereka dapat mengunjungi khazanah pengetahuan fauna. Tempat ini biasnaya dipenuhi oleh rombongan siswa-siswi SD atau SMP yang melakukan study tour di Museum Satwa. Tak cukup hanya mendapatkan informasi tentang fauna, pengunjung juga akan diajak untuk membedah perut katak atau tikus agar mengetahui bagian organ tubuh yang dimiliki tikus dan katak. 

Hasil gambar untuk museum satwa khazanah pengetahuan satwa

(gambar: https://www.malang-guidance.com/)

Mengunjungi Museum Satwa ini akan membawa kita seperti berada di sebuah kebun binatang karena di sini nanti kalian akan melihat berbagai macam jenis hewan dari dalam negeri hingga luar negeri namun dalam keadaan yang sudah diawetkan. Hewan-hewan yang jarang kalian ketahui pun juga dapat ditemukan di sini. 

Hasil gambar untuk museum satwa jtp id mayapada show

(gambar: https://jtp.id/museumsatwa/)

Untuk menambah minat pengunjung, pengelola museum juga menyediakan sebuah pertunjukkan yang menarik bernama Mayapada Show. Mayapada Show ini adalah sebuah pertunjukkan drama dan musik yang dipadukan dengan komedi. Di sini, satwa yang menggemaskan dan pepohonan juga ikut menari dan bernyanyi bersama. Drama yang ditampilkan yaitu kisah heroik hewan-hewan ini dalam melawan perburuan yang masih kerap dilakukan oleh para pemburu binatang liar di luar sana. Pertunjukkan Mayapada ini dilakukan setiap hari pada jam 12.00. 

Hasil gambar untuk museum satwa jungle fast food

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Kalian tidak perlu khawatir karena kelaparan jika berada di Museum Satwa ini. Di sini, kalian dapat memesan makanan sambil menikmati hewan-hewan liar yang sudah diawetkan di Jungle Fast Food. Walaupun namanya fast food, restoran ini tidak menyediakan makanan cepat saji seperti restoran fast food yang ada di luar negeri sana. Menu yang dihidangkan berupa menu prasmanan dan menu oriental. Dengan menaruh tema hutan pada desain interiornya, kesan hijau dan rimbun nampak sekali pada restoran ini. Jungle Fast Food ini merupakan bagian dari Pohon Inn, sebuah penginapan yang terletak di area Jatim Park II.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.