Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Angso Duo, Wisata Bahari Andalan Pariaman
Tags : #pulau #air #pantai #bawahlaut #snorkeling

Apabila kalian lagi berkunjung di Sumatera Barat, pasti tujuan utama kalian selalu di Kota Padang atau Kota Bukittinggi. Sumatera Barat sesungguhnya masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang tersebar di berbagai kota/ kabupaten. Salah satunya adalah Kabupaten Pariaman. Mungkin tak banyak dari kalian yang tahu bahwa objek wisata yang ada di Pariaman itu sangat indah dan menawan sehingga sungguh sayang apabila kalian lewatkan saja. Destinasi wisata yang paling favorit di Pariaman adalah Pulau Angso Duo.

Hasil gambar untuk pulau angso duo republika

(gambar: https://gayahidup.republika.co.id/)

Hasil gambar untuk pulau angso pelangiorid

(gambar: https://www.pelangi.or.id/)

Pulau Angso Duo merupakan pulau kecil yang begitu mempesona. Hampir setiap hari, pulau ini tidak pernah sepi akan para wisatawan yang bergantian datang. Pantainya yang bersih serta pemandangan bawah laut berupa terumbu karang yang menakjubkan nampaknya menjadi alasan para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Walaupun pulau ini tidak luas, kalian akan dibuat takjub dengan suasana yang nyaman seperti suara deburan ombak yang menghampiri bibir pantai dan semilir angin dari pepohonan di sekitar pantai. Jadi tak heran jika banyak sekali wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke sini hanya untuk melepaskan penat saja. 

Hasil gambar untuk pulau angso kataomed

(gambar: https://kataomed.com/)

Secara administratif Pulau Angso Duo ini berada di Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Untuk mengujungi pulau ini, kalian bisa menempuhnya dengan menggunakan moda transportasi umum atau pun kendaraan pribadi. Jika kalian ingin menggunakan transportasi umum dan berangkat dari Kota Padang, pilihan yang tepat adalah naik kereta api. Pesan lah tiket kereta api dengan jurusan Padang ke Padang Pariaman. Sesampainya di Stasiun Padang Pariaman, kalian lanjutkan perjalanan ke Pantai Gondariah. Karena memang letak stasiun dengan Pantai Gondariah yang dekat, jadi kalian bisa berjalan kaki menuju pantai. Pantai Gondariah ini lah menjadi pintu utama para wisatawan untuk pergi ke Pulau Angso Duo. 

Hasil gambar untuk pulau angso indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Setelah itu, kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal cepat dari Pantai Gondariah. Dengan hanya membayar tarif sebesar Rp. 40.000, kapal ini siap mengantar kalian sampai ke tempat tujuan. Layanan kapal menuju ke Pulau Angso Duo hanya sampai jam 15.00. Selebih dari jam tersebut, tidak ada lagi kapal yang berlayar menuju Pulau Angso Duo. Lalu jam terakhir untuk kembali ke Pantai Gondariah adalah pada pukul 18.00. Jadi pastikan kalian jangan sampai ketinggalan kapal. Waktu tempuh antara Pantai Gondariah dan Pulau Angso Duo ini hanya berkisar 10 hingga 15 menit. 

Hasil gambar untuk kereta sumatera barat republika

(gambar: https://www.republika.co.id/)

Para wisatawan sudah dapat menikmati eksotisnya pulau mungil ini mulai dari jam 08.00 hingga 17.00. Dengan jam buka berkunjung yang lama ini, para wisatawan diharapkan dapat menikmati indahnya Pulau Angso Duo. Biaya berkunjung ke pulau ini juga relatif terjangkau. Kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 untuk bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di Pulau Angso Duo. Adapun biaya tambahan sebesar Rp. 25.000 apabila kalian ingin mencoba rasanya bersnorkeling di perairan Pulau Angso Duo.

Hasil gambar untuk pulau angso kataomed

(gambar: https://kataomed.com/)

Luas Pulau Angso Duo hanya mencapai 5.13 hektar dimana 1.25 hektarnya merupakan hamparan pasir putih yang sangat halus. Dibalik luasnya yang kecil, pulau ini memang menjadi tempat yang pas bagi kalian yang ingin benar-benar menghilangkan penat. Rindangnya pepohonan kelapa yang berjejer di bibir pantai dengan semilir angin khas pantai membuat kalian betah beralama-lama di Pulau Angso Duo. Pulau ini juga menyediakan wahana ayunan yang terkenal seperti di Gili Trawangan. Tak heran juga banyak sekali wisatawan yang ingin merasakan sensasi berayun di tepi pantai. 

Hasil gambar untuk pulau angso plesiran kota tua

(gambar: https://plesirankotatua.blogspot.com/)

Selain ayunan, ada juga sebuah ikon dari pulau ini berupa tulisan Pulau Angso Duo yang terletak di tepi pantai. Tulisan ini lah yang menjadikan simbol bahwa kalian sedang berlibur di Pulau Angso Duo. Berwarnakan merah dan ditulis secara tegas membuat tulisan ini memang sangat cocok untuk dijadikan background foto. Harap sabar ya jika ingin berfoto di tempat ini karena tak sedikit juga wisatawan yang mengabadikan ikon ini sebagai kenang-kenangan berlibur di Pulau Angso Duo. 

Hasil gambar untuk pulau angso pariamantoday snorkeling

(gambar: http://www.pariamantoday.com/)

Bagi kalian yang gemar sekali dengan aktivitas berenang dan snorkeling namun tidak membawa peralatannya, kalian tak perlu bingung karena banyak sekali warga lokal yang menyewakan peralatan berenang maupun menyelam dengan harga terjangkau tentunya. Yang perlu kalian catat juga adalah peralatan ini sudah sangat memenuhi kualifikasi. Terumbu karang yang masih terjaga keasliannya dan ikan laut kecil yang berenang sliweran selalu menjadi pemandangan unik yang akan ditemukan oleh para wisatawan yang menjajal snorkeling di Pulau Angso Duo. 

Hasil gambar untuk pulau angso watersport

(gambar: http://rustammuras.blogspot.com/)

Tak hanya renang dan snorkeling, pulau ini masih bisa kalian nikmati dengan aktivitas permainan air yang lainnya. Jet ski dan banana boat lah yang juga menjadi aktivitas favorit para wisatawan yang berkunjung. Ombak laut yang cukup tenang, membuat kedua permainan ini sangat mungkin untuk dilakukan. Bermain banana boat beramai-ramai hingga kapal karet berbentuk pisang ini terbalik adalah puncak dari permainan banana boat ini. Juga tak kalah serunya yaitu kalian bisa mengitari pulau ini ditemani dengan ombak yang tenang menggunakan jet ski. 

Hasil gambar untuk pulau angso makam

(gambar: https://travel.detik.com/)

Habis bermain air seharian penuh, kalian bisa mengunjungi ke sebuah makam dari salah satu ulama yang ikut menyebarluaskan agama islam di Sumatera Barat yaitu Syekh Burhanuddin Ulakan. Ukuran panjang dari makam ini tergolong panjang yaitu panjangnya mencapai 6 meter. Karena makam ini merupakan makam dari sosok yang berpengaruh dalam penyebaran agama islam di nusantara khususnya Sumatera Barat, maka tak sedikit juga dari para wisatawan yang berdoa di tempat ini. Di Pulau Angso Duo ini juga terdapat sebuah surau atau musola. Musola yang bernama Surau Tuanku ini juga menjadi tempat wisata religi oleh para wisatawan selain fungsinya untuk beribadah. 

Hasil gambar untuk kidalnarsis nasi sek

(gambar: http://www.kidalnarsis.com/)

Setelah seharian beraktivitas yang begitu seru di Pulau Angso Duo, kini giliran kalian memuaskan isi perut kalian dengan hidangan kuliner yang berselera. Meskipun kalian tidak bisa menjumpai warung yang menjajakan makanan di pulau ini, kalian masih bisa menemuinya di sepanjang garis Pantai Gondariah. Di sana, dihidangkan berbagai kuliner khas yang menggugah selera seperti nasi sek dan sala lauak. Nasi sek merupakan nasi yang disajikan dengan lauk pauk khas Minang. Dinamakan “sek” karena “sek” ini memiliki kepanjangan seribu kenyang. Dulunya nasi ini dijual murah dengan porsi yang banyak sehingga dinamakan nasi sek. Sedangkan sala lauak adalah olahan ikan yang dicampur dengan tepung dan rempah lalu digoreng hingga renyah. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.