Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menikmati Suguhan “Grand Canyon” Ala Sumba Timur di Air Terjun Tanggedu
Tags : #airterjun #indah #ntt #grandcanyon

Berwisata di Indonesia bagian timur memang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada saja surga wisata yang tersembunyi dan masih jarang diketahui oleh banyak orang. Dan salah satu dari tempat wisata itu adalah Air Terjun Tenggedu. Air Terjun Tenggedu merupakan sebuah air terjun yang dikelilingi dengan tebing terjal dimana adanya tebing ini malah mempercantik panorama air terjun. Air terjun ini juga dijuluki sebagai Grand Canyon-nya Sumba Timur karena pemandangannya yang mirip-mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu qupas

(gambar: https://www.qupas.id/)

Memang kepopuleran Air Terjun Tenggedu ini masih kurang apabila dibandingkan dengan objek wisata alam lainnya di Indonesia Timur. Namun, akhir-akhir ini nama Air Terjun Tenggedu mulai merangkak ke atas permukaan. Dalam artian, air terjun ini sudah mulai dikenal oleh kalangan luas. Terkenalnya air terjun ini dikarenakan banyaknya petualang sejati yang mencari surga wisata tersembunyi Indonesia dan mengunggah pencarian mereka ini ke akun sosial media mereka masing-masing.

Hasil gambar untuk jalan menuju air terjun tanggedu kupang tribunnews

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Air Terjun Tenggedu terletak di Desa Tenggedu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Untuk mencapai ke air terjun ini, diperlukan tenaga yang fit karena kalian akan berjalan kurang lebih selama 45 menit sebelum sampai di air terjun. Untuk mencapai ke Air Terjun Tenggedu, kalian harus menuju ke Kota Waingapu terlebih dahulu. Setelah itu, kalian melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Tenggedu yang jaraknya sekitar 63 km jika dari Kota Waingapu. Kalian akan melewati jalur yang cukup menantang di sini seperti belokan tajam dan jalan yang sempit.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Sesampainya di Desa Tenggedu, kalian masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari Desa Tenggedu menuju Air Terjun Tenggedu. Kalian akan berjalan dengan jarak tempuh 2.5 km. Walaupun kelihatannya tidak sampai dari 5 km, namun perjalanan kalian akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Hal ini dikarenakan kalian harus menyusuri padang savana, menyeberangi kali kecil, hingga naik turun bukit. Walaupun begitu, usaha kalian untuk mencapai Air Terjun Tenggedu tidak akan terbuang sia-sia saja.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu idntimes

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Keberadaan Air Terjun Tenggedu ini bak harta karun karena letaknya tersembunyi yang berada di balik tebing-tebing terjal. Kalian akan merasakan betapa jernihnya air yang ada di air terjun ini. Jernihnya air ini selalu menimbulkan rasa segar yang tak akan pernah hilang. Airnya pun juga tenang jadi sangat cocok untuk aktivitas renang. Suasana asri dan tenangnya air terjun akan membuat kalian gatal untuk berenang. Berenang lah di air terjun ini dan rasakan kesegarannya.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu ceritanonaflores

(gambar: http://ceritanonaflores.blogspot.com/)

Air Terjun Tenggedu termasuk ke dalam air terjun dengan ketinggian yang rendah. Tinggi air terjun ini hanya 8 meter. Tentu sangat berbeda dengan ketinggian air terjun yang terkenal lainnya. Namun, pancuran air dari atas tebing di air terjun ini cukup deras. Kalian pun bisa berdiri di bawah pas jatuhnya air terjun ini dan merasakan sensasi segar yang tak terlupakan.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu dolanyok

(gambar: https://dolanyok.com/)

Adanya tebing yang mengapit air terjun ini semakin membuat kalian takjub akan pesona yang dipancarkan oleh Air Terjun Tenggedu. Di sini lah kalian bisa mengabadikan momen tak terlupakan kalian. Dengan memanfaatkan tebing yang dikelilingi pepohonan rindang dan jernihnya warna air dari air terjun sebagai lanskap foto, akan membuat hasil foto kalian sempurna. Hasil foto tersebut tentunya akan semakin memperindah feed instagram kalian. Jadi tunggu apalagi? Jangan lewatkan momen ini!

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu dakatour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Jika kalian ingin sesuatu yang ekstrim di Air Terjun Tenggedu, tentu sangat bisa. Kalian bisa melakukan Cliff Jumping atau melompat dari tebing. Namun sebelum melompat dari tebing, perhatikan lah kedalaman spot yang akan kalian jadikan untuk area cliff jumping. Jika kedalaman spot itu cukup dalam, maka cliff jumping akan sangat mungkin untuk dilakukan. Dengan melompat dari tebing ini, tentu akan memberikan sensasi menikmati Air Terjun Tenggedu yang berbeda. Melompat sekali pun masih dirasa kurang, kalian akan ketagihan untuk melompat dari tebing di sekitar air terjun. Satu yang perlu dicatat, kalian harus tetap memperhatikan keselamatan kalian jika ingin melakukan cliff jumping.

Hasil gambar untuk air terjun tanggedu travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Selain dijuluki Grand Canyon karena dikelilingi dengan tebing-tebing indah, Air Terjun Tenggedu ini juga dijuluki Twin Canyon. Nama Twin Canyon ini disematkan pada Air Terjun Tenggedu karena air terjun ini memiliki 2 sumber aliran air yang berbeda. Hal ini lah yang juga menyebabkan air yang ada di air terjun ini memiliki 2 warna. Sungguh menarik, bukan?

Sayangnya fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini masih terbatas. Hanya ada beberapa warung makan dan kamar mandi umum di sekitar lokasi. Jadi apabila kalian ingin berlama-lama di Air Terjun tenggedu, kalian disarankan untuk mencari penginapan di daerah lain seperti Kota Waingapu. Oh iya, untuk tiket masuk ke wisata ini sangat murah sekali, lho! Kalian hanya dikenai tarif masuk sebesar Rp. 2.000. Dan kalian bisa menikmati objek wisata ini selama 24 jam. Namun, kalian disarankan untuk kembali sebelum petang datang karena penerangan di daerah sini masih minim.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.