Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Benteng Tolukko, Sepenggal Peninggalan Historis Portugis di Ternate
Tags : #benteng #belanda #ambon #tolukko #wisatasejarah

Pariwisata di Indonesia sering kali identik dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Mulai dari perairan luas yang biru, gunung-gunung yang menjulang tinggi, hingga segarnya gerujukan air terjun menjadikan Indonesia penuh dengan pesona wisata alam yang lengkap. Namun selain keindahan alam tersebut, Indonesia masih menyimpan potensi wisata yang lainnya, seperti misalnya situs peninggalan dari negara penjajah. Seperti yang kalian ketahui, Indonesia merupakan negara bekas jajahan dari Belanda, Portugis, Inggris, hingga Jepang. Dan semua negara penjajah tersebut pastinya meninggalkan sesuatu di Indonesia, mulai dari sebuah istana, kebudayaan, hingga benteng-benteng pertahanan. Kini, peninggalan-peninggalan tersebut sudah menjadi bagian dari cagar budaya yang dilestarikan. Sebagai contohnya adalah Benteng Tolukko di Ternate. 

Hasil gambar untuk benteng tolukko situsbudayaid

(gambar: https://situsbudaya.id/)

Hasil gambar untuk benteng tolukko indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang dibangun pada tahun 1540 oleh Francisco Serao, seorang Panglima Portugis. Kemudian, ia menamai benteng yang dibangunnya ini dengan Santo Lucas. Tujuan dibangunnya benteng ini adalah sebagai benteng pertahanan sekaligus gudang penyimpanan hasil rempah-rempah. Benteng ini sangat cocok digunakan sebagai benteng pertahanan karena dari benteng ini, para tentara Portugis dapat dengan mudah memantau segala gerak-gerik pergerakan kesultanan Ternate. 

Hasil gambar untuk benteng tolukko beritasatuco

(gambar: https://www.beritasatu.com/)

Namun pada tahun 1577, rakyat Ternate dan Kesultanan Ternate melakukan perlawanan ke Portugis hingga pada akhirnya Portugis menyerah. Perlawanan ini dipimpin oleh Sultan Baabullah. Sejak saat itu Benteng Santo Lucas pun dikuasai Kesultanan Ternate hingga datangnya Belanda. Belanda pun akhirnya merebut benteng tersebut, dan mengganti namanya menjadi Benteng Hollandia. Benteng ini kemudian dipugar pada tahun 1610 oleh Pieter Both. Dengan hal ini, Belanda menjadikan benteng ini sebagai benteng pertahanan Belanda dari serangan Spanyol yang pada saat itu sedang menggempur Belanda. 

Hasil gambar untuk benteng tolukko sistem

(gambar: https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/)

Kemudian, pada tahun 1661 Kesultanan Ternate yang pada saat itu dipimpin oleh Mandar Syah diberikan izin untuk mendiami Benteng Hollandia ini berdasarkan beberapa perjanjian kerjasama antara VOC dan Kesultanan Ternate. Pada saat di tangan Kesultanan Ternate, benteng ini dijaga oleh 160 personil.

Hasil gambar untuk benteng tolukko flickr

(gambar: https://www.flickr.com/)

Dan sekarang, benteng yang kokoh ini dikenal dengan nama Benteng Tolukko. Nama Tolukko sendiri diambil dari nama seorang penguasa kesepuluh Kesultanan Ternate yang mempin pada tahun 1692 yaitu Kaicil Tolukko. Namun ada beberapa sumber lain yang mengatakan bahwa nama Tolukko merupakan modifikasi penyebutan nama asli benteng ini yaitu, Benteng Santo Lucas. Kisah ini berawal dari ketidak fasihan masyarakat Ternate dalam mengucapkan Santo Lucas. Hal ini lah yang membuat rakyat Ternate menyebut Santo Lucas dengan Tolukko. 

Hasil gambar untuk bandara sultan babullah ternate bus

(gambar: https://foursquare.com/)

Lokasi Benteng Tolukko ini terletak di atas bukit yang menjorok ke lautan atau lebih tepatnya di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Tidak lah sulit untuk menemukan benteng yang penuh dengan kisah historisnya ini. Jaraknya dari Bandara Sultan Babullah Ternate pun hanya sekitar 3 km. Tentu saja, waktu yang kalian tempuh tidak lah lama untuk sampai di Benteng Tolukko. Dari bandara ini, kalian bisa menggunakan beberapa transportasi umum berupa angkutan umum atau taksi. Jika ingin lebih nyaman dan menikmati perjalanan, kalian bisa menyewa kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Hasil gambar untuk benteng tolukko ternateituindah

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Sesampainya di Benteng Tolukko, kalian akan dibuat terkesima akan kemegahan benteng yang dulu pernah menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia. Benteng ini dibangu di atas fondasi batuan beku karena pembangunan benteng ini mengikuti kontur bukit yang mengarah ke Pulau HalmaheraTidore, hingga Maitara. Karena hal ini lah, Benteng Tolukko menjadi spot yang tepat untuk memantau kedatangan kapal dan mengerahkan pasukan ke pantai pada saat zaman penjajahan.

Hasil gambar untuk benteng tolukko indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Struktur Benteng Tolukko ini cukup unik jika dibandingkan dengan benteng-benteng yang ada di Indonesia. Keunikan benteng ini terletak pada bentuk tiga buah bastion. Bastion yang terdapat di benteng ini berbentuk bulat tidak seperti benteng kolonial lainnya yang memiliki bentuk seperti mata panah. Benteng Tolukko memiliki dua bastion di bagian depan dan satu bastion di bagian belakang benteng. Alhasil bentuk benteng pun tidak simetris. Hal menarik lainnya lagi adalah benteng ini dibangun dari batu karang dan pecahan batu bata yang dicampur dengan campuran kapur dan pasir sebagai perekatnya.

Hasil gambar untuk benteng tolukko travelink

(gambar: https://www.travellink-indonesia.com/)

Konon katanya Benteng Tolukko memiliki satu lorong rahasia yang dapat langsung menembus ke wilayah pantai. Pada masa penguasa Portugis dan Belanda, lorong rahasia ini berperan sebagai jalur melarikan diri para tentara apabila terjadi pemberontakan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Namun, sejak tahun 1996 benteng ini dipugar dan lorong tersebut ditutup selamanya demi alasan keamanan. Ditutupnya lorong ini tentu tidak akan berpengaruh apa-apa karena Benteng Tolukko tetaplah menjadi bagian dari sejarah bangsa. 

Hasil gambar untuk benteng tolukko ohelterskeltercom

(gambar: https://ohelterskelter.com/)

Untuk memasukki kawasan benteng, kalian akan dikenai tarif sebesar Rp. 5.000. Benteng Tolukko ini dapat kalian kunjungi setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Eksplor ke segala sudut Benteng Tolukko merupakan salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Para wisatawan dapat berfoto ria di setiap sudut benteng karena keindahan setiap sudut dari benteng ini memang tak bisa dipungkiri. Jadi jangan sampai kalian melewatkan momen terbaik di Benteng Tolukko.

Hasil gambar untuk benteng tolukko merahputih

(gambar: https://merahputih.com/)

Selain berfoto, kalian juga bisa melihat indahnya pemandangan hamparan laut biru yang luas dengan ombak yang cukup tenang dari atas benteng. Tak hanya birunya lautan yang akan menjadi panorama di Benteng Tolukko, keberadaan Gunung Gamalama yang menjulang tinggi ini juga merupakan bagian dari indahnya pemandangan di sekitar Benteng Tolukko. Tak cukup di situ, benteng ini juga dilengkapi dengan taman yang penuh dengan tanaman hijau sehingga menambahkan kesan aestetik dan sejuk di benteng.

Hasil gambar untuk kasbi fooddetik

(gambar: https://food.detik.com/)

Setelah seharian penuh menghabiskan waktu di Benteng Tolukko, kini saatnya beranjak untuk memuaskan isi perut kalian. Di Ternate, banyak sekali kuliner khas daerah yang begitu menggugah selera. Salah satu contohnya yang harus kalian coba adalah kasbi. Kasbi merupakan nama lain dari singkong. Masyarakat Ternate makan kasbi karena kandungan karbohidartnya yang juga tinggi sehingga dapat menggantikan nasi. Kasbi biasnaya dihidangkan hangat dengan tambahan berbagai sayuran seperti jantung pisang, tumis kangkung, hingga tumis bunga pepaya. Jangan lupa juga sambal colo-colo untuk menambahkan citra rasa kasbi agar lebih nikmat. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat. 

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)