Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Island Hopping di Danau? Eksplor ke Danau Sentani Saja!
Tags : #danau #sentani #papua

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran jika Indonesia memiliki jumlah pulau yang jika ditotal akan mencapai angka 17.504 pulau. Pulau-pulau tersebut terdiri dari pulau kecil hingga pulau besar yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan banyaknya pulau yang dimiliki oleh Indonesia, maka timbul juga lah potensi wisata yang menakjubkan di pulau-pulau tersebut. Salah satunya adalah pulau besar di ujung timur Indonesia yaitu Pulau Papua. Pulau Papua ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang wajib kalian eksplor ketika berada di sini. Ada satu destinasi wisata di Papua yang kini sudah menjadi salah satu ikon pariwisata  dari Pulau Papua yaitu Danau Sentani. 

Hasil gambar untuk danau sentani pegipegi

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Hasil gambar untuk danau sentani travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Danau Sentani ini sangat unik sekali dan beda dari danau-danau lainnya yang ada di Indonesia. Jika berkunjung ke danau ini, kalian akan menemui gugusan pulau-pulau dari yang terkecil hingga yang paling besar. Tercatat, ada 22 pulau yang tersebar di dalam kawasan Danau Sentani. Danau ini memiliki luas 9.360 hektar sehingga hal ini tak membuat heran apabila terapat banyak pulau di dalam Danau Sentani. Salah satu pulau yang menarik perhatian para wisatawan adalah Pulau Asei karena di pulau ini lah banyak sekali ditemukan para souvenir khas Danau Sentani berupa lukisan kulit kayu.

Hasil gambar untuk ikan hiu gergaji danau sentani

(gambar: http://www.jenisfloraindonesia.web.id/)

Tak hanya banyak memiliki banyak pulau, danau yang berada di ketinggian 75 mdpl ini menyimpan sumber daya alam bawah air yang sangat kaya. Di Danau Sentani, kalian dapat menemukan 30 spesies ikan air tawar dimana 4 spesies diantaranya merupakan ikan endemik dari Danau Sentani. Keempat spesies tersebut adalah ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

Hasil gambar untuk danau sentani setiawanmangando

(gambar: http://www.mangandosetiawan.com/)

Pesona Danau Sentani seakan tidak berhenti di situ saja. Eksotisnya danau ini semakin cantik dengan adanya bukit yang bernama Bukit Teletubbies. Tentunya kalian masih ingat serial anak-anak yang berjudul Teletubbies, kan? Iya, benar sekali. Nama bukit ini diambil dari serial anak-anak tersebut karena adanya setting tempat Teletubbies yang berada di sebuah bukit dimana bukit tersebut sangat mirip dengan gundukan-gundukan bukit yang dimiliki oleh Danau Sentani. Dari atas bukit ini, kalian dapat menyaksikan indahnya pemandangan sekeliling Danau Sentani. Bukit berwarna hijau yang seolah terlihat bergelombang hingga awan-awan putih yang menyelimuti langit Danau Sentani semakin membuat kalian tak ingin pergi dari tempat ini. 

Hasil gambar untuk danau sentani pesonatravel

(gambar: https://pesona.travel/)

Lokasi Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cycloop dan terbentang dari Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura. Untuk menuju ke tempat wisata ini bukan lah hal yang susah. Apabila kalian menggunakan jasa pesawat terbang, kalian tentunya harus memilih pesawat dengan rute penerbangan terakhir di Bandara Sentani. Kalian pun sudah bisa menyaksikan langsung indahnya Danau Sentani dari pesawat terbang yang kalian tumpangi. Setelah sampai di bandara, kalian bisa langsung menuju ke Danau Sentani karena lokasinya yang sangat dekat. Kalian bisa menggunakan transportasi umum berupa ojek atau taksi umum. 

Hasil gambar untuk danau sentani phinemo sunset

(gambar: https://phinemo.com/)

Sesampainya di Danau Sentani, kalian akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 10.000 untuk hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Para wisatawan dapat mengunjungi danau ini selama 24 jam. Jadi jangan khawatir karena lokasi wisatanya tutup. Namun, alangkah baiknya kalian berkunjung ke tempat wisata ini pada waktu terbaiknya. Waktu terbaik berkunjung ke Danau Sentani adalah pagi hari dan sore hari. Karena di saat itu lah, kalian bisa melihat indahnya Sentani ditemani dengan pancaran sinar matahari terbit maupun terbenam. 

Hasil gambar untuk danau sentani wisatalagi

(gambar: http://wisatalagi.blogspot.com/)

Adapun aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan di Danau Sentani. Salah satunya adalah berputar mengelilingi Danau Sentani mdengan menyewa kapal. Tarif sewa kapal untuk mengelilingi danau ini pun terbilang terjangkau. Dengan harga Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000, kalian sudah bisa menikmati fasilitas ini. Birunya air danau yang tenang dan gugusan pulau-pulau ini akan menjadi pemandangan yang mampu melebihi ekspektasi kalian tentang Danau Sentani. Ambil lah foto sebanyak-banyaknya karena belum tentu kalian punya waktu untuk mengunjungi secuil surga di tanah Papua ini.

Hasil gambar untuk festival danau sentani akuratco

(gambar: https://akurat.co/)

Pemerintah setempat yang melihat potensi wisata luar biasa yang dimiliki oleh Danau Sentani ini membuat sebuah festival. Festival ini diharapkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang mampu menunjang ekonomi kreatif masyarakat dan semakin mempopulerkan nama Danau Sentani di kanca nasional hingga internasional. Selain itu, festival ini juga menjadi sebuah bentuk dari hubungan keharmonisan dan persatuan warga setempat. Festival Danau Sentani ini digelar secara reguler pada setiap tanggal 19 Juni. Peserta dari festival ini terdiri dari seluruh paguyuban yang berada di Kota maupun Kabupaten Jayapura. 

Hasil gambar untuk festival danau sentani skyscanner

(gambar: https://www.skyscanner.co.id/)

Acara Festival Danau Sentani ini dibuka dengan tarian adat yang dipentaskan di atas sebuha perahu. Kemudian, festival berlanjut dengan tarian pernag khas Papua dan upacara adat untuk menobatkan Onodoafi atau pemimpin adat asli Sentani. Dan yang terakhir ini lah yang juga dinanti-nantikan oleh banyak orang yaitu menikmati beragamnya kuliner khas Papua. Pastikan kalian datang ke Danau Sentani ketika festival ini digelar karena kalian akan bisa merasakan betapa meriahnya festival yang hanya diadakan setahun sekali. Selain itu, kalian juga bisa membaur dengan warga setempat untuk saling bertukar cerita atau hanya berbagi canda. 

Hasil gambar untuk papeda traveltempo

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Beberapa contoh jajanan yang ada di Festival Danau Sentani adalah pinang dan papeda. Pinang ini merupakan jajanan favorit masyarakat Papua. Pinang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti rokok. Namun pinang menyisakan warna oranye di bibir pemakannya. Harga pinang dijual satu paket seharga Rp 10 ribu berisikan sekitar 4-5 buah dan kapurnya. Namun juga ada yang di jual satuan. Buah pinang besar dijual sekitar Rp 2 ribu. Kemudian, ada juga papeda. Seperti yang kalian ketahui, papeda memang lah makanan khas Indonesia timur seperti Maluku, NTT, dan Papua. Papeda di sini sama halnya dengan papeda lainnya. Namun, yang membedakan papeda Papua dengan yang lain adalah proses pembuatannya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat