Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Sungai Mudal, Wisata Mata Air Alami di Kulon Progo
Tags : #sungai #mataair #kulonprogo

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berada di paling barat Kota Yogyakarta. Kulon Progo memang selalu menyimpan objek wisata baik yang alami maupun buatan dimana semuanya memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu objek wisata di Kulon Progo yang cukup menarik dan unik adalah Taman Sungai Mudal. Destinasi wisata ini berawal dari inisiatif penduduk setempat yang ingin menciptakan tempat wisata yang unik dan instagramable sehingga para wisatawa ingin mengunjungi tempat wisata tersebut. Dahulunya mata air memang sudah ada di kawasan ini, namun tidak terkelola dengna baik. Dengan mengandalkan inisiatif warga yang dikelola dengan baik, Taman Sungai Mudal kini berbenah dan menjema menjadi destinasi wisata di Kulon Progo yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Image result for taman sungai mudal

(gambar: https://www.alodiatour.com/)

Image result for taman sungai mudal pengunjung

(gambar: https://tfamanasek.com/)

Dengan adanya wisata Taman Sungai Mudal, taraf ekonomi warga setempat meningkat sedikit demi sedikit. Objek wisata yang dibangun secara gotong royong ini telah memberikan dampak banyak bagi para penduduk. Berbekal dengan spot foto yang diciptakan semenarik mungkin dan keindahan Sungai Mudal sendiri, Taman sungai Mudal kini ramai oleh para pelancong. Semakin ramai dikunjungi wisatawan, maka penduduk setempat akan meraskan dampak besarnya. Selain itu, penduduk juga bisa lebih dewasa untuk menjaga destinasi wisata ini bersih dari sampah yang berserakan. Tak hanya menjaga agar terhindar dari sampah, penduduk sekitar juga ingin merawat lingkungan sekitar Taman Sungai Mudal.

Image result for jalan menuju sungai mudal

(gambar:https://travelingyuk.com/)

Lengkapnya, Taman Sungai Mudal berada di Dusun Banyuganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya yang tidak sulit untuk ditemukan menyebabkan banyak wisatawan yang senang untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Jalanan menuju ke tempat wisata ini sudah cukup halus namun lokasinya memang masih jauh dengan pusat kota Yogyakarta. Jarak yang akan kalian tmepuh jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta yaitu kurang lebih 33 kilomter. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Taman Sungai Mudal lumayan jauh yaitu sekitar 33,2 kilometer. Jarak ini memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Taman Wisata Sungai Mudal  sekitar 1 jam 4 menit. Rute yang akan kalian lewati yaitu Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Waters, Jalan Ringroad Barat, Jalan Godean, dan Jalan Raya Kaligesing. Dari Kaligesing, kalian tinggal lurus mengikuti jalan hingga sampai di Taman Sungai Mudal. Kalian dapat mencapai ke Taman Sungai Mudal ini hanya menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang dapat mengantarkan kalian ke Taman Sungai Mudal masih belum ada.

Image result for brenang di sungai mudal

(gambar: https://www.kartanesia.com/)

Taman Sungai Mudal merupakan sebuah kolam pemandian atau mata air yang memiliki beberapa air tejrun cilik. Alam yang sudah asri ini ditata lebih rapi dan indah lagi oleh warga sehingga mampu memberikan sentuhan yang lebih alami lagi. Air yang ada pada kolam berwarna hijau dan sangat jernih. Jadi tidak usah sungkan-sungkan untuk menceburkan diri kalian ke dalam kolam. Berendam lah walaupun sebentar, kalian akan merasakan segarnya air yang berasal dari mata air alami asli ini. Berenang ditemani dengan Tebing Gunung Kelir yang seolah-olah menjadi payung bagi para wisatawan agar terhindar dari teriknya matahari. Suasana menyenangkan ini ditambah lagi dengan kesejukan udara yang mampu membuat hati kalian lebih tenang.

Ada aktivitas seru lainnya sebelum kalian menceburkan diri berenang di kolam ini yaitu trekking atau berjalan. Para wisatawan harus melewati jalan dengan trek batuan. Harap hati-hati karena beberapa batuan sangat licin. Selama perjalanan, kalian akan ditemani dengan pepohonan hijau yang rindang. Tak ketinggalan juga bunga-bungan anggrek yang memang sengaja ditanam untuk memperhias tempat wisata ini. Ketika hendak sampai ke kolam, para wisatawan akan melewati jembatan yang terbuat dari kayu. Berfoto di tengah jembatan dengan latar belakang air terjun juga menjadi opsi menarik sebelum mencapai di sungainya. Selama trekking, kalian juga dapat berjumpa dengan beberap ekor kera pandang.

Image result for river tubing di sungai mudal

(gambar: https://wisataserujogja.com/)

Taman Sungai Mudal ini perlahan-lahan telah berbenah dengan menjadi sebuah ekowisata yang juga menyediakan fasilitas outbond yang seru. Pengelola tempat wisata ini menyediakan berbagai macam kegiatan outbond seru seperti berkemah, flying fox, dan river tubing. Kegiatan outbond semacam ini memang paling seru jika dilakukan secara berkelompok bersama teman maupun keluarga. River tubing ini akan semakin seru apabila aliran airnya cukup deras sehingga mampu menantang adrenalin para wisatawan. Kalian tak perlu khawatir masalah alat keamanannya. Kegiatan outbond yang disediakan oleh pengelola Taman Sungai Mudal ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang aman. Tak hanya itu, pihak pengelola juga telah memberikan fasilitas menginap berupa tenda sehingga kalian dapat bermalam di Taman Sungai Mudal.

Image result for river tubing di sungai mudal pln

(gambar: https://akurat.co/)

Setelah berenang dan memainkan beberapa permainan outbond, kalian bisa bersantai di gazebo pinggir sungai. Perlu kalian ketahui, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan jaringan WIFI sehingga memudahkan wisatawan untuk mengupdate kegiatannya di Taman Sungai Mudal. Selain itu, dengan adanya WIFI ini juga mampu menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke Taman Sungai Mudal.

Image result for geblek kulon progo

(gambar: https://www.tuguwisata.com/)

Bagi kalian yang lapar setelah beraktivitas seharian di destinasi wisata ini, kalian bisa banget menjajal olahan makanan khas Kulon Progo. Hidangan khas Kulon Progo ini tentu saja berbeda dengan daerah-daerah yang berada di Yogyakarta. Salah satu jajanan favorit incaran para wisatawan jika berkunjung ke Kulon Progo adalah geblek. Geblek adalah penganan tradisional khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Rasanya gurih dan bertekstur kenyal. Bentuknya menyerupai angka 8. Kalian bisa membeli geblek di toko oleh-oleh. Salah satunya di Geblek Boto, di Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo. Harga Geblek per pak 5.000-10.000 rupiah sesuai dengan beratnya. Cara menikmati geblek saat hangat dan ditemani secangkir teh hangat.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat