Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Keunikan Goa Gong Yang Mampu Melambungkan Nama Pacitan
Tags : #goa #pacitan #gong

Musim liburan merupakan sesuatu yang selalu dinanti-nanti oleh banyak masyarakat. Karena musim liburan ini, banyak sekali masyarakat yang mehabiskan waktu bersama kerabat maupun keluarga mengunjungi tempat-tempat wisata yang mengasyikkan. Salah satu opsi destinasi wisata yang mungkin bisa kalian coba adalah mengunjungi goa. Jika bicara tentang goa, mungkin kata goa ini tak pernah bisa lepas dengan sutau daerah yang berada di sbelah selatan Jawa Timur yaitu Kabupaten Pacitan. Selain dikenal dengan kampung kelahiran presiden nomor 6 Indonesia yaitu Susilo Bambang Yuhdhoyono, Pacitan juga terkenal dengan sebutan kota dengan seribu satu goa. Tak bisa dipungkiri memang bahwa jumlah goa yang ada di Pacitan ada banyak. Salah satu goa yang paling tersohor adalah Goa Gong.

Image result for goa gong

(gambar: https://www.pacitantrip.com/)

Image result for goa gong

(gambar: https://rutemu.com/)

Goa Gong merupakan salah satu goa yang ada di Pacitan dimana pesona keindahan alamnya selalu terpancarkan dari goa ini. Indahnya goa ini dapat kalian temukan pada stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami di langit-langit maupun dasar goa. Perlu kalian ketahui, usia stalagtit dan stalagmit yang ada di goa ini sudah mencapai ratusan tahun. Goa yang memiliki kedalaman hingga 256 meter ini tercipta akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan telah berlangsung selama ratusan bahan ribuan tahun.

Image result for goa gong tetesan air

(gambar: https://www.mongabay.co.id/)

Keindahan Goa Gong ini terpancar juga dari batuan yang berada di dalam goa. Goa ini dibagi menjadi beberapa ruangan dimana di setiap ruangan terdapat batuan alam dengan kualitas yang sangat baik. Bahkan, ada batu marmer yang mampu ditembus oleh cahaya dan diklaim menjadi batu marmer terindah dan terbesar di Asia. Selain itu, kalian juga akan merasakan tetetsan air yang sesekali jatuh dari langit-langit goa. Tetesan air yang ada pada langit-langit goa ini merupakan proses pembentukan stalagtit dan stalagmit.

Image result for jalan menuju goa gong pacitan

(gambar: https://pacitanku.com/)

Secara lengkapnya, Goa Gong berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Untuk dapat sampai di Goa Gong, kalian bisa mengaksesnya dari kota asal seperti Surabaya, Yogyakarta , hingga Solo. Jalur pertama merupakan jalur bagi mereka yang berasal dari daerah Surabaya dan sekitarnya. Dari Surabaya, perjalanan diarahkan ke arah Nganjuk sampai Madiun. Dari sini lanjutkan ke Ponorogo terus hingga Pacitan. Untuk mencapai Gua Gong, lanjutkan perjalanan keluar Pacitan menuju Wonogiri. Plang jalan menuju Gua Gong dapat anda temukan di sebelah kiri jalan.

Jalur kedua adalah jalur bagi mereka yang berasal dari Yogyakarta. Rute yang ditempuh yaitu Yogyakarta menuju Gunung Kidul. Dari Gunung Kidul perjalanan dilanjutkan ke arah Wonogiri (Pracimantoro) terus hingga Pacitan. Petunjuk arah menuju Gua Gong dapat anda temui sebelum memasuki Kota Pacitan. Jalur ketiga adalah dari Solo. Dari Solo, arahkan kendaraan anda menuju Wonogiri (Baturetno), dilanjutkan sampai Pacitan. Sama dengan perjalanan dari Yogyakarta, petunjuk menuju Gua Gong anda temui di sebelah kanan sebelum masuk Pacitan.

Image result for loket goa gong pacitan

(gambar: https://travel.detik.com/)

Untuk menikmati keindahan alam yang disajikan oleh Goa Gong, kalian tidak perlu merogoh kocel dalam-dalam. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000, para wisatawan sudah dapat memasuki Goa Gong ini. Apabila kalian butuh senter, kalian bisa menyewanya per senter sebersar Rp. 5.000. Lalu, jika kalian menginginkan jasa pemandu, kalian diharuskan membayar Rp. 30.000. Wisata Goa Gong ini mulai dibuka pada pagi hari jam 09.00 hingga sore hari jam 17.00.

Image result for goa gong pacitan

(gambar: https://udaindra.blogspot.com/)

Jika biasanya goa terkesan gelap dan angker, hal ini justru tidak terjadi pada Goa Gong. Goa Gong ini memiliki beberapa alat pendukung yang membuat berwisata di Goa Gong menjadi seru seperti hadirnya lampu hias, kipas anging, hingga tangga dengan pegangan yang terbuat dari besi dimana tangga ini akan memudahkan kalian dalam mengeksplor ke seluruh isi goa. Selain berfungsi menjadi penerangan dalam goa, lampu hias yang ada di dalam goa ini juga mempercantik warna stalagtit dan stalagmit yang menggantung di atas goa. Serta tak kalah pentingnya juga yaitu kipas angin yang mampu membuat sirkulasi udara di dalam goa tidak terasa pengap.

Image result for goa gong pacitan

(gambar: https://pacitanku.com/)

Karena pesona alamnya yang terbentuk secara alamiah, Goa Gong Pacitan kini dikenal oleh banyak wisatawan baik dalam negeri hingga luar negeri. Banyak juga dari para wisatawan yang menjadikan Goa Gong ini menjadi goa terindah di wilayah Asia Tenggara. Keunikan Goa Gong ini terletak pada sebuah batu yang dapat mengeluarkan suara seperti alat musik tradisional yaitu gong jika dipukul. Oleh karena itu, goa ini diberi nama Goa Gong. Berdasarkan kisah masyarakat setempat, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena zaman dahulu masyarakat sekitar sering mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa.

Image result for goa gong pacitan zaman dahulu

(gambar: https://utiket.com/)

Awal penemuan Goa Gong ini berasal dari dau sesepuh Desa Bomo yaitu Mbah Noyo Soemito dan Mbah Joyo Reo yang pergi ke hutan untuk mencari sumber mata air.  Tepatnya kedua tokoh ini menemukan Goa Gong pada tahun 1924. Sepeninggal Mbah Noyo, Goa Gong tidak pernah lagi didatangi penduduk. Hingga kemudian pada Maret 1995, masyarakat setempat mencari kembali keberadaan goa ini dan berniat membukanya sebagai salah satu destinasi wisata untuk masyarakat luas. Goa Gong pertama kali dieksplorasi pada 1995 oleh Wakino dan kawan-kawan, yang merupakan penduduk asli setempat. Kemudian pada 1996 direnovasi oleh Pemerintah Pacitan dengan dibangunnya prasarana seperti undak-undakan (tangga), pagar pengaman, penerangan listrik dan kipas-kipas penyejuk goa agar pengunjung nyaman dan dimudahkan menjelajah di dalam perut goa.

Image result for gua gong mengeluarkan suara

(gambar: https://travelspromo.com/)

Jika berada di Goa Gong, jangan lupakan untuk mengambil setiap momen terindah di sini. Pemandangan stalagtit dan stalagmit yang menggantung dipadukan lampu sorot warna-warni akan menjadi panorama ikonik yang menunjukkan tempat wisata ini berada di Goa Gong. Selain berfoto, para wisatawan juga dapat memukul batu yang dapat mengeluarkan suara nyaring seperti gong di dalam goa ini. Pukul lah batu itu dengan tangan kalian, maka suara yang menyerupai suara gong akan keluar dari batu ini.

Image result for nasi pecel pacitan

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Para wisatawan sejati yang kelaparan di saat mengunjungi Goa Gong tak perlu khawatir karena kalian akan dengan mudah menemukan warung yang menjajakan makanan untuk mengisi perut kalian. Biasanya warung ini menjual mie instan dalam sebuah wadah. Namun, kalian masih tetap bisa menemukan kuliner khas Pacitan sepeti nasi pecel Pacitan. Nasi pecel Pacitan memang sedikit berbeda dengan nasi pecel daerah lainnya. Yang membedakan nasi pecel pacitan dengan daerah lainnya adalah adanya penggunaan nasi tiwul sebagai pengganti dari nasi. Nasi tiwul merupakan makanan masyarakat pedesaan yang memiliki bahan khas dari singkong yang dikeringkan. Dan di Pacitan ini, nasi tiwul dikombinasikan dengan pecel dimana menghasilkan rasa yang tak kalah enaknya dengan nasi pecel biasanya. 

*Harga yang terdapat pada artikel dapat berubah setiap saat