Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Sajian Panorama Bajawa Berselimutkan Kabut Tipis Yang Menawan di Bukit Wolobobo
Tags : #bukitwolobobo #ntt #ngada

Flores merupakan sebuah pulau yang termasuk ke dalam Provinsi NTT dimana pulau ini menyimpan banyak potensi wisata alam yang sudah sangat terkenal maupun  yang  masih sangat jarang didengar oleh telinga para traveller sejati. Sebut saja Labuan Bajo, Bukit Wairinding, hingga Pantai Oetune semua ada dan dapat kalian temukan di pulau ini. Selain destinasi wisata yang memang sudah terkenal, Flores masih memiliki objek wisata yang tak kalah indahnya dengan objek wisata yang sudah terkenal. Objek wisata ini adalah Bukit Wolobobo. Bukit yang berada di ketinggian 1500 mdpl ini, menawarkan para wisatawan pemandangan berupa Gunung Inerie beserta kabut dan awan yang menjadikan tempat ini bak negeri di atas awan.

Image result for bukit wolobobo

(gambar: http://bikerjelajahnusantara.blogspot.com/)

Image result for jalan menuju bukit wolobobo

(gambar: http://www.meutiadiary.com/)

Lokasi dari Bukit Wolobobo yang mempesona ini berada di Desa Turekisa, Kecamatan Gelowa Barat, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Akses menuju destinasi wisata ini sudah cukup baik karena jalannya yang lumayan lebar dan mayoritas sudah beraspal. Walaupun begitu, medan yang akan kalian lewati nantinya adalah berupa tanjakan dan kelokan. Disamping itu, pemandangan di sepanjang jalan menuju Bukit Wolobobo ini juga tak boleh ditinggalkan begitu saja. Untuk mencapai ke bukit ini, kalian perlu melakukan perjalanan ke Bajawa terlebih dahulu. Dari Bajawa, perjalanan yang akan kalian tempuh hanya memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km. Kendaraan umum yang bisa mengantarkan kalian ke tempat wisata ini hanya berupa ojek. Ada baiknya jika kalian menyewa mobil untuk mobilitas yang mudah selama berwisata di Flores.

Image result for pemandangan bajawa dari bukit wolobobo

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Bukit Wolobobo buka selama 24 jam setiap harinya. Hal ini tentu saja memudahkan bagi para wisatawan dalam memilih jam berkunjung sesuai dengan kegiatan berlibur mereka di Flores. Tiket masuk ke destinasi ini sangatlah terjangkau. Hanya dengan membayar Rp. 5.000, kalian sudah dapat menikmati panorama alam yang mempesona dengan sajian awan yang seakan sejajar dengan kalian dan kabut tipis yang kadang menyelimuti bukit. Tak hanya itu, pemandangan dari Bajawa juga dapat kalian saksikan dengan jelas dari Bukit Wolobobo ini.

Image result for sunrise bukit wolobobo

(gambar: https://www.cnnindonesia.com/)

Kalian sendiri mungkin telah bisa menebak apa yang menjadi daya tarik Bukit Wolobobo ini. Benar sekali, memandangi sunrise dan sunset dari Bukit Wolobobo ini menjadi aktivitas menarik bagi kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini. Telah dibangun beberapa gardu pandang yang memungkinkan para wisatawan mengambil posisi yang tepat dalam menanti datangnya sunset dan sunrise. Ketika matahari terbit, suasana di bukit ini semakin membuat siapa saja berdecak kagum karena adanya kabut yang perlaha-lahan turun menyelimuti bukit. Tentu diperlukan bangun lebih awal untuk dapat menyaksikan sunrise di Bukit Wolobobo ini. Jika kalian ketinggalan momen sunrise, kalian masih bisa menikmati keindahan luar biasa dari Bukit Wolobobo ini dengan sunsetnya. Pada saat sunset, banyak sekali wisatawan yang berkumpul di gardu pandang dan siap dengna telepon pintarnya untuk mengabadikan momen ini.

Image result for bukit wolobobo

(gambar: https://tutehtravel.blogspot.com/)

Di Bukit Wolobobo ini lah, terpampang jelas pemandangan kota Bajawa. Sepeda motor dan mobil yang bersliweran pun terlihat sangat kecil dari bukit ini. Posisi bukit yang menghadap langsung ke selatan atau ke arah Bajawa lah yang membuat pemandangan kota Bajawa yang seolah menjadi miniatur perkotaan dapat kalian nikmati dari bukit ini. Perbukitan hijau yang menyejukkan mata pun juga tak hilang dari elemen keindahan Bukit Wolobobo ini. Awan-awan menggulung yang sejajar dengan posisi Bukit Wolobobo telah banyak membius hati para wisatawan.

Image result for bukit wolobobo

(gambar: https://kupang.tribunnews.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lokasi wisata Bukit Wolobobo ini sudah dilengkapi beberapa instalasi yang menunjang kegiatan berwisata wisatawan di sini. Di Bukit Wolobobo ini, sudah terdapat gardu pandang dan ayunan yang dapat dimaksimalkan oleh para wisatawan. Gardu pandang ini disebut-sebut menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikan datangnya sunset dan sunrise beserta Gunung Inerie dengan siluetnya yang tampak mempesona. Tak heran jika ada banyak sekali wisatawan yang mengabadikan momen indah ini di gardu pandang. Berswafoto atau memotret keindahan alam dari Bukit Wolobobo menjadi suatu keharusan jika berada di Bukit Wolobobo.

Image result for ayunan di bukit wolobobo

(gambar: https://www.picuki.com/)

Selain gardu pandang, terdapat wahana lumayan menantang yaitu ayunan. Ayunan ini tak seperti ayunan pada umumnya. Berada di tepi bukit sehingga ketika kalian berayun di ayunan ini, kalian akan merasakan sensasi seperti diayun menuju jurang bukit. Tentunya, ayunan ini sungguh menegangkan tapi seru. Jadi boleh banget bagi kalian yang suka dengan sesuatu menantang untuk mencoba ayunan ini. Meskipun begitu, unsur keselamtan dan kehati-hatian harus tetap menjadi elemen utama jika bermain ayunan di sini.

Image result for ayunan di bukit wolobobo

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Menikmati keindahan Bukit Wolobobo ini juga dapat dilakukan dengan cara menyeruput kopi yang tersedia di warung sekitar bukit. Kalian dapat menikmati suguhan secangkir kopi ini di lopo-lopo yang berada di bukit. Lopo merupakan rumah adat khas NTT. Lopo berbentuk seperti piramida dengan tiang kayu dan daun alang-alang sebagai penutup atapnya. Lopo yang dibangun di bukit ini umumnya merupakan sebuah bangunan serbaguna. Lopo di Bukit Wolobobo ini lebih berfungsi sebagai tempat beristirat bagi para wisatawan dengan menikmati secingkir kopi khas NTT yang hangat sehingga suasana syahdu dapat tercipta di sini.