Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Nasional Meru Betiri, Pesaing Kuat Baluran Yang Kini Mulai Banyak Dikenal
Tags : #merubetiri #banyuwangi #jatim

Memasukkan taman nasional sebagai daftar liburan kalian bukan sesuatu yang buruk. Pasalnya, banyak sekali hal menarik dan yang bisa kalian lakukan selama berlibur di taman nasional. Biasanya, taman nasional memiliki aspek wisata alam yang cukup lengkap. Destinasi wisata seperti ini umumnya merupakan sebuah kawasan luas yang terdiri dari kokohnya gunung yang berdiri, hamparan padang rumput atau pasir yang luas, rimbunnya hutan belantara, bahkan lautan biru dengan pantainya yang sangat eksotis. Dan satu yang tertinggalkan juga dari taman nasional yaitu sebagai habitat asli dari berbagati flora dan fauna. Seluruh aspek tersebut tergambarkan pada salah satu objek wisata yang berada diantara dua wilayah yaitu Jember dan Banyuwangi ini. Objek wisata ini adalah Taman Nasional Meru Betiri.

Hasil gambar untuk taman nasional meru betiri

(gambar: https://travel.kompas.com/)

Taman Nasional Meru Betiri terletak di sekitar kawasan Gunung Betiri atau lebih tepatnya yaitu di Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi dan Jember, Jawa Timur. Bagi kalian yang inign mengunjungi taman nasional ini, terdapat beberapa jalur yang dapat kalian lewati. Pertama, kalian bisa memilih jalur Jember-Curahnongko-Bandealit dengan jarak kurang lebih 64 km yang berakhir di gerbang bagian barat Taman Nasional Meru Betiri. Lalu, terdapat juga jalur Jember-Glenmore-Sarongan-Sukamade yang akan mengantarkan kalian menuju gerbang bagian timur Meru Betiri dengan jarak sekitar 103 km. Kondisi kedua jalur ini sudah cukup baik sehingga dapat kalian akses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hasil gambar untuk gerbang masuk taman nasional meru betiri

(gambar: https://www.hijabtraveler.com/)

Jam kunjungan ke Taman Nasional Meru Betiri ini dimulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Dengan durasi bukanya yang cukup lama, hal ini tentu saja memungkinkan kalian untuk bisa mengeksplor setiap sudut yang ada di Taman Nasional Meru Betiri. Tiket masuk mengunjungi destinasi wisata ini dibedakan menjadi dua golongan yaitu harga tiket Rp. 2.000 untuk wisatawan domestik sedangkan harga tiket Rp. 150.000 untuk wisatawan mancanegara. Memang, selisih harga tiket antara wisatawan domestik dan mancanegara sangat lah besar, namun hal ini tentu akan sangat membantu pengembangan wisata di Meru Betiri.

Hasil gambar untuk taman nasional meru betiri dari ketinggian

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Berada di lahan yang seluas 580 km persegi, Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) menjadi habitat asli dari berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Nama dari Meru Betiri ini diambil dari nama sebuah gunung yang masih dalam satu kawasan di taman nasional. Taman nasional ini merupakan sebuah tempat konservasi hewan dan tanaman yang keberadaannya dilindungi. Taman konservasi ini kini tengah gencar-gencarnya melestarikan flora dan fauna yang langka seperti bunga zollingeriana raffflesia dan tupai terbang jawa. Selain wilayah konservasi, taman nasional ini juga menyediakan ruang edukasi bagi anak-anak untuk mengenal lebih jauh tentang Taman Nasional Meru Betiri. Sama halnya dengan Baluran, Meru Betiri juga memiliki area pantai yang begitu eksotis. Pantai bernama Sukamade ini menempati lahan seluas 8,54 km persegi dan menjadi rumah asli dari penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu ridel/lekang.

Hasil gambar untuk taman nasional meru betiri

(gambar: https://pesona.travel/)

Jika mengunjungi kawasan ini, kalian akan dihadapi dengan berbagai macam jenis kegiatan yang seru dan sayang apabila dilewatkan begitu saja. Ketika berada di dalam kawasan taman nasional, kalian pasti melewati perjalanan yang mengasyikan menyusuri hutan. Pepohonan yang masih rindang dan udara yang masih sejuk merupakan sesuatu yang tak bisa kalian temui di kota-kota besar. Suasana yang menenangkan jiwa menjadikan Meru Betiri sebagai short escape yang istimewa.

Hasil gambar untuk berselancar taman nasional meru betiri

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Karena di dalam kawasan Meru Betiri terdapat pantai yang eksotis, jadi aktivitas selanjutnya yang dapat kalian lakukan di sini adalah berenang di pantai atau hanya sekadar menikmati lembutnya pasir putih pantai dengan membuat istana pasir. Namun, kalian perlu berhati-hati jika berenang di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar. Karena ombaknya yang cukup besar ini lah, banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan pantai di kawasan Meru Betiri untuk berselancar. Ombak menantang idaman para peselancar dapat ditemukan di pantai yang menjadi bagian dari Meru Betiri ini. Bagi kalian para pemula dan ingin mencoba berselancar, di kawasan pantai ini terdapat surfing club yang memfasilitasi peselancar pemula untuk berselancar dengan panduan mentor.

Hasil gambar untuk pembuatan gula merah di taman nasional meru betiri

(gambar: https://mommynoer.wordpress.com/)

Tak hanya kuat di pesona alamnya, Taman Nasional Meru Betiri juga sangat terkenal dengan kebudayaan masyarakat lokalnya. Salah satu aktivitas atau budaya menarik yang dapat kalian dapat jika berkunjung ke taman nasional ini yaitu wisata budaya pembuatan gula merah. Kegiatan pembuatan gula merah ini sudah ada dari nenek moyang mereka dan berlanjut hingga sekarang sehingga aktivitas membuat gula merha ini bukan hanya sekadar menjadi pekerjaan mereka, melainkan juga menjadi bagian dari melanjutkan sebuah kebudayaan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka. Para wisatawan yang masih asing dengan proses pembuatan gula merah tentu akan tertarik jika mengunjungi ke rumah-rumah warga yang memproduksi gula merah. Prosesnya yang masih menggunakan alat tradisional jug amenjadi daya tarik dari kegiatan ini.

Hasil gambar untuk nasi langi

(gambar: https://merahputih.com/)

Setelah melakukan sebuah perjalanan yang luar biasa di Taman Nasional Meru Betiri, kalian bisa mencicipi beberapa kuliner khas Jember yang sangat jarang ditemui di kota-kota lainnya. Salah satu yang wajib kalian coba adalah nasi langgi. Nasi langgi merupakan nasi kuliner khas Jember yang menyerupai nasi rames. Disajikan dengan lauk pauk yang menggugah selera seperti ayam goreng, tempe goreng, telur, sambal, dan lainnya membuat nasi langi ini sangat cocok disantap saat pagi dan malam hari.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.