Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Diyonumo, Spot Sunrise Terbaik di Gorontalo Yang Kini Eksis di Kalangan Wisatawan
Tags : #pulau #diyonumo #pesonaalam #gorontalo

Ingin mengintip pesona sunrise dan sunset terbaik yang ada di Gorontalo? Kalian harus mengunjungi Pulau Diyonumo. Nama pulau ini memang masih asing bagi banyak orang karena keberadaannya yang sangat jarang terekspos. Namun akhir-akhir ini, nama Pulau Diyonumo ini sudah mulai dikenal oleh banyak masyarakat melalui unggahan para wisatawan di akun sosial medianya masing-masing. Meskipun pulau ini kecil dan tak berpenghuni, pesona alam yang terpancar dari pulau ini seakan tak bisa dibendung karena saking indahnya. Ketika sunrise atau sunset tiba, keindahan pulau ini bertambah berkali lipat. Jadi tak heran apabila banyak wisatawan yang memburu kedua momen tersebut di Pulau Diyonumo.

Hasil gambar untuk pulau diyonumo

(gambar: https://www.satyawinnie.com/)

Hasil gambar untuk perahu di pulau diyonumo

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Secara administratif, Pulau Diyonumo ini berlokasi di Desa Deme, Sumalatan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Untuk mencapai Pulau Diyonumo, para wisatawan perlu menuju Kota Gorontalo terlebih dahulu. Dari Gorontalo, kalian akan melakukan perjalanan menuju Kecamatan Sulamata hingga sampai di Desa Deme. Sesampainya di Desa Deme, kalian harus menaiki perahu kecil milik nelayan setempat untuk sampai di Pulau Diyonumo. Perjalanan melalui laut ini hanya memakan waktu 15 menit. Biaya penyeberangan pun sangat terjangkau yaitu Rp. 20.000 untuk pulang dan pergi. 

Hasil gambar untuk pulau diyonumo

(gambar: https://kronologi.id/)

Setibanya di Pulau Diyonumo ini, kalian akan disambut dengan sajikan keindahan alam berupa pantai, daratan, bukit hijau, hingga bawah laut yang tak boleh sama sekali kalian lewatkan salah satunya. Yang membuat pulau ini populer dan berbeda dengan lainnya adalah adanya bukit ilalang yang hijau. Bukit ini tepat diatas pantai. Ketika sampai di puncak bukit, mata kalian akan terpana dengan keindahan hamparan rumput hijau dengan gundukannya. Selain itu, luasnya hamparan laut biru yang dipandang dari atas bukit tak akan pernah membuat kalian menyesal mengunjungi pulau ini. Tepat di atas bukit ini lah, banyak sekali wisatawan yang berfoto ria dengan memaksimalkan hamparan laut biru atau hijaunya bukit ilalang sebagai latar belakangnya. Ditambah dengan cahaya sunrise atau sunset, dijamin hasil foto kalian akan lebih keren lagi.

Hasil gambar untuk snorkeling di pulau diyonumo

(gambar: https://www.anekawisataseru.net/)

Di Pulau Diyonumo ini, kalian dapat berenang di tepian pantai bahkan snorkeling di perairan Pulau Diyonumo. Pastikan kalian sudah membawa peralatan snorkeling terlebih dahulu jika ingin bersnorkeling karena di pulau ini masih belum ada penduduk yang menyewakan jasa sewa alat snorkeling. Ketika bersnorkeling, kalian akan semakin dibuat takjub dengan keindahan pulau ini. Pasalnya terdapat banyak sekali ikan-ikan laut yang begitu unik dan indah bentuknya. Bahkan diantaranya sangat jarang sekali kalian temui di perairan lainnya. Terumbu karang yang ada pun juga masih terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk membawa kamera anti air agar momen di bawah lautmu berenang bersama ikan-ikan dapat terabadikan dan menjadi sebuah kenangan yang manis kala berkunjung di Pulau Diyonumo.

Hasil gambar untuk kemah di pulau diyonumo

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Pulau Diyonumo ini juga asyik untuk dinikmati dengan berkemah. Bawa lah tenda dan habiskan setidaknya semalam di pulau ini. Jangan lupa juga untuk membuat kayu bakar agar malam mu semakin hangat. Membuat mie instan bersama kawan-kawan juga tak kalah asyiknya. Makan bersama teman-teman sambil menikmati panorama kerlap-kerlip bintang di langit dan gemuruh ombak laut semakin membuat pengalaman menginapmu di pulau ini lengkap. Pagi harinya, kalian akan disambut dengan hawa hangat dari pancaran sinar matahari terbit. Sunguh kegiatan seperti ini akan menjadi pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan di Pulau Diyonumo.

Hasil gambar untuk pulau diyonumo

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Pulau Diyonumo tidak memiliki jam operasional. Hal ini membuat kalian dapat mengatur waktu lebih baik jika ingin berkunjung ke pulau ini. Selain itu, tempat wisata ini juga sangat ramah dikantong para wisatawan. Tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan kepada para wisatawan jika berkunjung ke Pulau Diyonumo ini. Kalian hanya perlu menyiapkan pengeluaran pribadi dan biaya penyeberangan menuju ke pulau ini.

Hasil gambar untuk sate tuna gorontalo

(gambar: https://wisata.harianjogja.com/)

Karena di dalam Pulau Diyonumo ini masih minim dengan fasilitas penunjang kepariwisataan, kalian tidak bisa menemukan warung-warung yang menjual makanan. Jadi bagi kalian yang ingin berburu kuliner khas Gorontalo, kalian dapat mencarinya di Kota Gorontalo. Salah satu kuliner Manado yang populer adalah sate tuna. Mungkin makanan ini di telinga sebagian orang sangat jarang sekali terdengar. Jika biasanya sate menggunakan bahan dasar berupa sapi, ayam, atau kambing. Sate di Manado ini menggunakan daging tuna sebagai bahan dasarnya. Selain dagingnya, bumbu yang digunakan oleh sate ini juga berbeda dengan sate Madura atau Ponorogo. Tertarik menikmati hidangan ini? Kalian bisa dengan mudah menjumpainnya di berbagai sudut Kota Gorontalo.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.