Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pura Tirta Empul, Tempat Membasuh Diri Dengan Mata Air Yang Suci
Tags : #pura #pemandian #sakral

Bali memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dianugerahi dengan tempat wisata yang begitu melimpah. Destinasi wisata dengan nuansa alam seperti danau, pantai, air terjun, hingga gunung dapat kalian temukan semuanya di Pulau Bali. Namun, selain itu semua ternyata Bali masih menyimpan objek wisata yang merupakan bagian dari sebuah situs budaya. Salah satu situs budaya yang hingga kini masih aktif adalah Pura Tirta Empul.

Hasil gambar untuk tirta empul

(gambar: https://travelspromo.com/)

Hasil gambar untuk tirta empul

(gambar: http://balifactualnews.com/)

Pura Tirta Empul merupakan sebuah pura kuno dimana kondisi bangunan dari pura ini masih sangat baik. Usia pura ini sudah sangat tua. Dibangun pada tahun 926 Masehi, Pura Tirta Empul ini pernah diklain menjadi pura terbesar dan tersibuk di Indonesia. Konon, pura ini dibangun secara khusus untuk Dewa Air Wisnu sebagai bentuk dedikasi tertingginya. Hal ini dapat terlihat dari bentuk arsitektur dan relief yang ada di dalam pura ini. Dalam Bahasa Bali, pura ini diartikan sebagai air yang mengalir dari bumi. Oleh karena hal ini, air yang berada di kolam Tirta Empul ini dianggap suci oleh banyak masyarakat.

Hasil gambar untuk jalanan kintamani bali

(gambar: https://www.youtube.com/watch?v=Qi55h3FF0f0)

Alamat lengkap dari Pura Tirta Empul ini berada di Jalan Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi pura ini tak terlalu jauh dengan pusat Kota Denpasar. Namun memang untuk menuju ke lokasi wisata ini, para pengunjung harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Denpasar karena masih belum adanya transportasi umum yang bisa mengantarkan para pengunjung ke Pura Tirta Empul. Jarak yang akan kalian tempuh jika berangkat dari Denpasar adalah sekitar 55 km. Rute yang kalian lewati yaitu dari Denpasar, kalian menuju ke Ubud, dan dilanjutkan menuju ke Kintamani. Para pengunjung pun tak perlu khawatir mengenai kondisi jalan yang akan dilewati. Jalanan yang akan dilewati sudah saangat bagus dan jauh dari kata kemcaetan.

Hasil gambar untuk loket pura tirta empul

(gambar: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/)

Pura Tirta Empul dapat kalian kunjungi setiap hari pada jam 07.00 hingga jam 17.00 WITA. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke pura ini akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orangnya. Selain itu, ada biaya tambahan bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir untuk sepeda motor yaitu Rp. 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000. Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah tempat wisata yang penuh dengan sejarah dan cerita menarik di dalamnya.

Hasil gambar untuk pura jaba tengah tirta empu

(gambar: http://www.kutabackpacker.com/)

Setelah membayar tiket masuk, kalian akan melewati sebuah gapura besar yang biasa disebut dengan Candi Bentar yang akan mengantarkan kalian di halaman luar dari Pura Tirta Empul. Area ini diberi nama Jaba Pura. Terdapat sebuah bangunan lain dari Jaba Pura yang letaknya berada di ujung dari halaman luar. Candi Bentar ini mengarah ke halaman tengah dari pura. Pada gapura di halaman luar, terdapat dua patung besar yaitu Dwarapala yang diukir halus dan dipercantik dengan warna emas yang mengikilat. Selain itu, ada hal menarik lagi di Jaba Pura ini yaitu adanya Kala yang memiliki taring yang menempel ke atas dan sepasang tangan dengan tangan terbuka.

Hasil gambar untuk jaba pura tirta empul

(gambar: https://setyamegarentcar.com/)

Setelah melewati Jaba Pura, kalian akan memasuki di area yang bernama Jaba Tengah. Jaba Tengah ini merupakan area utama dari Pura Tirta Empul. Di tempat ini lah, terdapat mata air suci yang berada di sebuah kolam besar dimana air yang dihasilkan oleh mata air ini sangat jernih. Air ini keluar dari sebuah lobang kecil yang jumlahnya mencapai 30 buah. Masyarakat Bali dan penganut agama Hindu akan berdiri tepat dibawah kelaurnya air dari lobang ini untuk menunggu keluarnya air. Mereka menundukan kepala tepat di bawah keluarnya air. Ritual seperti ini bernama Melukat. Para wisatawan yang ingin merasakan membasuh di kolam suci ini juga bisa melakukannya. Proses ini terus berlanjut hingga pancoran yang ke tiga puluh. Namun, diantara 30 pancuran ini, ada dua yang tak boleh digunakan sebagai ritual melukat karena pancuran tersebut digunakan untuk membersihkan orang yang sudah meninggal.

Hasil gambar untuk jaba tengah tirta empul

(gambar: https://www.aswindrajaya.com/)

Setelah selesai dari Jaba Tengah, kini saatnya kalian untuk mengunjungi bagian terakhir dari Pura Tirta Empul, yaitu Jeroan. Jeroan ini memiliki nama lain yaitu Utama Mandala. Jeroan ini sangat cocok untuk digunakan bersantai setelah melakukan ritual melukat. Jeroan merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk bersembahyang. Bagian depan Jeroan didominasi oleh mata air yang menjadi sumber bagi pancuran di Jaba Tengah. Kolam di Jeroan ini dipenuhi dengan tumbuhan ganggang hijau dan ikan-ikan kecil.

Hasil gambar untuk tirta empul

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Di akhir kunjungan kalian di Pura Tirta Empul, kalian akan melewati sebuah kolam besar yang dipenuhi dengan ikan-ikan koi yang cantik. Di sini, kalian bisa menenangkan pikiran sejenak dengan memberikan makanan ke dalam kolam. Koi-koi ini akan bergerombol ketika kalian melemparkan makanan. Bahkan, tak jarang juga koi-koi ini juga akan saling berebut untuk mendapatkan makanan tersebut.

Hasil gambar untuk warung de koi bali

(gambar: https://www.tripadvisor.co.uk/)

Setelah seru beraktivitas di Pura Tirta Empul, kini saatnya kalian untuk memuaskan isi perut kalian. Terdapat banyak sekali tempat yang menjajakan makanan mulai dari khas Bali, nusantara, hingga mancanegara. Salah satu tempat makan yang cukup terkenal di sekitar Pura Tirta Empul adalah Warung de Koi. Warung ini memiliki konsep gazebo dimana dibawah gazebo terdapat sebuah kolam yang berisikan ikan koi. Di samping udara pedesaan yang sejuk, makanan di Warung de Koi juga menghadirkan rasa yang sungguh lezat. Makanan yang ditawarkan oleh tempat makan ini berupa masakan khas nusantara.

*Harga yang tertera pada artkel dapat berubah setiap saat.