Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ini lah 5 Warung Nasi Goreng Babat Paling Legendaris di Semarang
Tags : #kuliner #semarang #lezat #nasi goreng babat

Ke Semarang, memang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi masakan khasnya. Salah satu kuliner yang menjadi primadona warga Semarang adalah nasi goreng babat dan babat gongso. Olahan jeroan sapi berupa babat dan iso ini merupakan kuliner yang sudah terkenal sejak dulu. Babat dan iso ini biasanya digongso atau ditumis dengan kecap manis. Namun yang menjadi favorit, babat ini juga menjadi toping pada nasi goreng. Kuliner berupa nasi goreng babat dan babat gongso ini tidak lah sulit untuk kalian temukan di setiap sudut Kota Semarang. Karena saking banyaknya, kalian harus pintar-pintar memilih mana nasi goreng babat yang benar-benar enak. Untuk memudahkan kalian, pada artikel ini akan membahas 5 nasi goreng babat yang harus kalian coba selagi di Semarang. (gambar: https://plus.kapanlagi.com/)

Hasil gambar untuk nasi goreng babat pak karmin mberok

(gambar: https://travelingyuk.com/)

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Pak Karmin bisa disebut sebagai living legend nasi goreng babat di Semarang. Warung Pak Karmin ini punya 3 cabang di Semarang dan semuanya tak pernah sepi. Meski tidak lagi terjun ke dapur, Pak Karmin menjamin nasi goreng yang kini dikelola oleh anak-anaknya tidak berubah rasa. Untuk menemukan nasi goreng babat Pak Karmin yang asli, kamu bisa mengunjungi warung pusatnya di Jalan Pemuda, di samping Jembatan Mberok. Selain itu, ada juga cabang di Jalan Thamrin dan di Tanah Mas yang juga tak kalah enaknya. Warung nasi goreng babat Pak Karmin buka setiap hari dari jam 08.00–22.30 WIB.

Cita rasa nasi goreng Pak Karmin bagi saya cenderung manis dengan tekstur babat yang sangat empuk. Jika kamu penggemar makanan berbumbu manis, kamu pasti akan menyukai nasi goreng babat ala Pak Karmin ini. Untuk harganya, nasi goreng babat Pak Karmin adalah yang paling terjangkau dibanding warung-warung terkenal lain di kelasnya. Seporsi nasi goreng babat dihargai 'hanya' Rp 20.000 saja.

Hasil gambar untuk nasi goreng babat pak hengky

(gambar: https://www.idntimes.com/)

2. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi goreng babat Pak Hengky adalah salah satu nasi goreng yang paling banyak dicari oleh wisatawan di Semarang. Tempatnya yang cukup sulit ditemukan tidak lantas menggugurkan niat para pemburu nasi goreng babat yang penasaran dengan rasanya. Untuk menemukan warung yang masuk ke dalam area perumahan ini, kamu bisa mengandalkan aplikasi peta seperti Gmaps atau Waze. Menurut keterangan Pak Hengky, beliau mulai berjualan nasi goreng babat di usia sangat muda, yakni 20 tahun. Pada awalnya, ia jualan berkeliling menggunakan gerobak hingga pada tahun 2009 menempati lahan di Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, sampai sekarang.

Buka dari jam 5 sore sampai 11 malam, Pak Hengky bisa menghabiskan 30 kg beras dan 60 kg babat setiap harinya. Jumlah ini tentu sepadan dengan banyaknya tamu yang terus berdatangan setiap hari. Ada tiga pilihan menu di warung nasi babat Pak Hengky yakni nasi goreng babat (Rp 25.000), nasi babat gongso (Rp 30.000) dan paru goreng (Rp 100.000). Harga tersebut belum termasuk telur ayam (Rp 5.000) yang bisa kamu pilih mau dadar, ceplok atau campur nasi.

Jika kamu penasaran dengan kelezatan nasi goreng babat Pak Hengky tapi malas mengantre, hindari jam-jam ramai di antara jam 8-9 malam. Jika datang setelah jam tersebut, kamu mungkin akan bisa pesan lebih cepat karena sudah relatif lebih sepi. Dan jangan lupa, pastikan kamu menelepon dulu ke nomor 0852-2508-6676 untuk memastikan warung buka.

Hasil gambar untuk nasi goreng babat akbar semarang

(gambar: https://travelingyuk.com/)

3. Nasi Goreng Babat Akbar

Nasi goreng babat yang terkenal berikutnya adalah nasi goreng babat Akbar. Nasi goreng babat Pak Akbar terletak tidak jauh dari warung Pak Sumarsono, tepatnya di jalan Anjasmoro Tengah I No.16, Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang. Ramainya warung ini dan keterbatasan tempat membuatmu harus pandai mencari tempat parkir terutama jika kamu ke sini menggunakan mobil. Pak Akbar mulai berjualan keliling sejak tahun 1997 silam. Sebelum menempati lokasi sekarang, Pak Akbar sudah berpindah tempat sebanyak enam kali di sekitaran kawasan Puri Anjasmoro. Untuk lokasi saat ini, sudah ditempatinya selama 3 tahun belakangan. Ada tiga pilihan menu di warung nasi goreng babat Akbar yakni nasi goreng babat (Rp 20.000), nasi babat gongso (Rp 25.000), nasi goreng telur (Rp 15.000) dan tambahan telur (Rp 5.000).

Yang membuat nasi goreng babat Pak Akbar banyak digemari, tentu saja adalah karena racikan bumbunya yang pas dan gurih. Babatnya pun unik, cenderung tipis dan kenyal. Kamu yang tidak terlalu suka jeroan, tampaknya akan bisa 'menerima' nasi goreng babat Pak Akbar ini.  Soal rasa, Pak Akbar mengaku memiliki 'bumbu rahasia' dalam racikan bumbu sambalnya. Ia percaya racikan bumbunya ini yang membuat nasi goreng babatnya disukai oleh masyarakat hingga mampu mendatangkan lebih dari 150 tamu setiap harinya. Setiap hari, Pak Akbar membuka warungnya sejak jam 6 sore hingga sekitar jam 10 malam. Jika kamu ingin makan tanpa mengantre, hindari jam-jam ramai di antara jam 7 hingga 9 malam. Kemudian, agar lebih pasti, kamu bisa menelepon dulu di nomor 0857-8654-8080 untuk memastikan warung buka atau tidak.

Hasil gambar untuk nasi goreng babat sumarsono semarang

(gambar: https://www.traveloka.com/)

4. Nasi Goreng Pak Sumarsono

Kedai nasi goreng babat Pak Sumarsono masih berada di satu kawasan dengan nasi goreng babat Pak Hengky, tapatnya di Jalan Puri Anjasmoro Raya No. 64, Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang. Warung babat Pak Sumarsono bisa dibilang kecil, dengan hanya 8 meja di dalamnya. Kapasitas warung ini mungkin hanya sekitar 30 orang. Untuk menunya, Pak Sumarsono hanya menyediakan dua pilihan yakni nasi goreng babat (Rp 23.000) dan nasi babat gongso (Rp 38.000). Jika ingin tambah telur, kamu akan dikenakan tambahan biaya Rp 3.000 lagi.

Soal rasa, nasi goreng Pak Sumarsono memiliki dominan rasa asin. Untukmu yang lebih suka makanan asin dibandingkan makanan dengan citarasa manis, rasanya kamu akan menyukai komposisi rasa nasi goreng babat racikan Pak Sumarsono ini. Tekstur babatnya pun pas, tidak terlalu empuk dan terasa masih kenyal tapi masih lembut dikunyah. Setap hari, warung nasi goreng babat Pak Sumarsono buka dua kali, yakni jam 7 pagi hingga jam 12 siang, kemudian jam 5 sore sampai jam 12 malam. Jika ingin datang di jam sepi, kamu bisa datang sekitar jam 9 malam. Agar lebih pasti, kamu bisa menelepon dulu ke 0813-9030-2192 untuk memastikan apakah warung buka atau tidak.

Hasil gambar untuk nasi goreng babat pak taman

(gambar: https://www.dimanaja.com/)

5. Nasi Goreng Babak Pak Taman

Nasi goreng satu ini tak kalah kondangnya dengan nasi goreng babat Pak Karmin. Menurut keterangan putri Pak Taman, dulu ayahnya sempat 'berguru' dengan menjadi anak buah Pak Karmin sebelum akhirnya mulai membuka warungnya sendiri pada tahun 1986.  Pada awalnya, Pak Taman membuka warungnya di depan Kantor Pajak Semarang sebelum pindah ke kios di kawasan stadion, tepatnya di Jalan Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang yang ditempati hingga saat ini.

Ada beberapa pilihan nasi goreng yang tersedia di warung Pak Taman, yakni nasi goreng babat seharga Rp 31.000/porsi, nasi goreng babat campur Rp 31.000/porsi, nasi goreng ayam Rp 31.000/porsi dan nasi goreng telur Rp 21.000/porsi. Jika ingin tambah telur, kamu harus membayar tambahan biaya Rp 9.000. Sebagai informasi, warung nasi Pak Taman kini dikelola oleh anak dan istrinya sejak Pak Taman wafat pada Maret 2019 lalu. Tapi, jangan khawatir karena soal rasa, tetap sedap dan mantap! Saya sangat terkesan dengan cara istri Pak Taman menyajikan tiap porsi nasi gorengnya.

Beliau membumbui tiap masakan nasi goreng dengan bumbu-bumbu yang baru diirisnya. Hal ini membuat rasanya sangat gurih dan bumbunya terasa sangat sedap, meski dimasak menggunakan kompor gas biasa, bukannya tungku kayu seperti warung-warung nasi goreng babat lainnya. Satu lagi hal yang membuat nasi goreng babat Pak Taman lain daripada yang lain adalah pilihan telurnya. Berbeda dengan warung kebanyakan yang menggunakan telur ayam, warung Nasi Goreng Babat Pak Taman menggunakan telur bebek sehingga lebih nampol gurihnya. Kamu bisa memilih telur bebek ini didadar, diceplok, atau dicampur dengan nasi gorengnya.

Warung nasi goreng babat Pak Taman buka dari pukul 06.30 pagi hingga jam 16.00 sore. Jika kamu ingin makan dengan lebih santai, hindari jam-jam ramai seperti jam makan siang agar tak perlu lama mengantre.