Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pantai Tablolong, Pantai Dengan "Lopo" Cantik Yang Menawan
Tags : #pantai #ntt #tablolong

Selain itu, perairan di Pantai Tablolong juga kerap kali digunakan oleh banyak wisatawan untuk kegiatan memancing karena memang tak bisa dipungkiri bahwa pantai ini merupakan salah satu pantai dengan spot memancing terbaiknya di Indonesia. Pantai Tablolong ini menjadi spot memancing terbaik dikarenakan adanya perairan sejauh 10 mil dari garis pantai yang menjadi tempat berpindahnya ikan-ikan dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Tak heran jika pantai ini sering menggelar event memancing berskala nasional hingga internasional. 

Hasil gambar untuk pantai tablolong

(gambar: https://www.tripadvisor.co.za)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju pantai tablolong

(gambar: http://murniyaa-diary.blogspot.com/)

Letak administratif dari Pantai Tablolong yaitu berada di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, NTT. Jarak dari pusat kota Kupang menuju pantai ini pun tak terlalu jauh, yaitu hanya berkisar 30 km dengan estimasi waktu sekitar 1 hingga 1.5 jam. Sayangnya, belum ada akses untuk transportasi umum yang dapat mengantarkan kalian hingga ke lokasi tujuan. Kalian harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan terlebih dahulu di Kupang. Dari Kupang, menuju lah ke arah Tenau. Ikuti lah jalan yang memberikan tanda ke arah Tablolong. Setelah itu, tak lama kemudian kalian akan sampai di Pantai Tablolong. Jalanan yang kalian lewati pun sudah cukup bagus kondisinya. Jadi tak perlu khawatir.

Hasil gambar untuk pantai tablolong

(gambar: http://gambarandabagus.blogspot.com/)

Tarif tiket masuk ke Pantai Tablolong sangat terjangkau. Para wisatawan hanya merogoh kocek sebesar Rp. 2.000 untuk dapat menikmati keindahan alam yang memukau dari Pantai Tablolong. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi bagi kalian yang ingin menikmati suasana pantai pada malam hari, Pantai Tablalong siap menjadi pilihan terbaik kalian.

Hasil gambar untuk snorkeling  di pantai tablolong

(gambar: https://ranselkupang.wordpress.com/)

Keindahan alam Pantai Tablolong selain bertumpu pada pasir putih halusnya dan spot memancing terbaiknya, pantai ini sesungguhnya juga memiliki pesona bawah laut yang masih sangat jarang dieksplor oleh para wisatawan. Perairan di pantai ini cocok digunakan untuk bersnorkeling atau diving karena kondisi airnya yang relatif tenang tanpa adanya ombak besar yang menghampiri. Jika ingin diving atau snorkeling, kalian harus membawa peralatannya sendiri karena pantai ini tidak menyediakan persewaan alat selam. Setelah menyelami perairan Pantai Tablolong, kalian akan dibuat takjub dengan terumbu karang yang masih terjaga keasliannya hingga ikan-ikan yang bersliweran berenang kesana kemari. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan hasil rumput lautnya yang melimpah. Bahkan, wilayah ini menjadi penyumbang hasil rumput laut terbanyak di Provinsi NTT.

Hasil gambar untuk sunset pantai tablolong

(gambar: https://travelingyuk.com)

Pantai Tablolong ini mengalami puncak kunjungan pada sore hari. Seperti yang sudah kalian tebak, pantai ini juga begitu mempesona dengan panorama sunsetnya. Pada saat sore ini lah, para wisatawan dapat dengan enjoy memandangi perubahan langit menjadi jingga yang terpancarkan dari matahari yang perlahan mulai tenggelam di kaki cakrawala. Pesona sunset dari Pantai Tablolong tak berhenti di situ, ada juga garis-garis langit yang semakin mempercantik warna jingga langit. Tak heran, apabila momen indah seperti ini sering diabadikan oleh para wisatawan sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Hasil gambar untuk pantai tablolong malam hari

(gambar: https://indonesia-az.com)

Perpaduan antara hamparan pasir putih dengan jingganya warna langit semakin membuat para wisatawan betah berlama-lama di Pantai Tablolong. Selain berenang dan menyelam, para wisatawan dapat bersantai ria di lopo sejenis gazebo sambil menikmati hembusan angin pantai dan menyeruput segarnya es kelapa muda yang tersaji langsung dengan batok kelapanya. Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat sebuah rawa yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat sebagai kolam pembibitan ikan. Keindahan Pantai Tablolong semakin lengkap karena pantai ini dihiasi oleh Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang. Pohon ini termasuk dalam jenis tanaman perdu dimana pohon ini menjadi incaran para wisatawan karena keunikannya.

Hasil gambar untuk udang bakar pantai

(gambar: https://www.flickr.com/)

Bagi kalian yang mencari warung makanan, tak perlu khawatir. Pantai Tablolong ini sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa warung makan yang berjejer sepanjang garis pantai. Kalia tinggal memilih ingin makan di warung yang mana. Warung-warung ini menjual olahan makanan dari hasil melaut para nelayan. Ada banyak sekali ikan-ikan segar, udang yang memiliki ukuran besar, hingga beragamnya jenis kerang. Kalian bisa meminta olahan tersebut agar digoreng, direbus, atau dibakar pada penjualnya. Selain itu, kalian juga bisa memilih bumbu yang tersedia meliputi bumbu asam manis dan bumbu kecap. Harganya juga cukup terjangkau. Makanan yang lezat dipadu dengan harga yang murah ditambah lagi dengan suasana Pantai Tablolong yang eksotis membuat kalian tak akan melupakan momen seperti ini.