Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pantai Nemberala, Rumah Bagi Peselancar Hingga Pantai Paling Selatan di Nusantara
Tags : #pantai #nemberala #peselancar

Pulau Rote dikenal oleh masyarakat luas dengan alat musik petik tradisionalnya yaitu sasando. Sasando adalah merupakan alat musik khas Rote yang terbuat dari anyaman daun lontar sehingga membuatnya unik dan berbeda dengan lainnya. Karena itu lah sasando banyak dikenal oleh seluruh publik. Namun, Rote tidak hanya mempunyai alat musik khas itu saja. Pulau kecil ini juga memiliki sebuah potensi wisata berupa pantai yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai di daerah lainnya. Pantai ini bernama Pantai Nemberala. Sama seperti halnya dengan sasando, pantai ini juga memiliki keunikannya tersendiri. Fakta uniknya yaitu, Pantai Nemberala merupakan pantai yang letaknya paling selatan di nusantara. Selain itu, pantai ini juga menjadi pantai idaman para peselancar.  

Hasil gambar untuk pantai nemberala

(gambar: https://beritagar.id/)

Hasil gambar untuk pelabuhan di rote ndao

(gambar: https://fachriceg.blogspot.com/)

Jika kalian ingin berlibur ke Pantai Nemberala, pantai ini berada di Desa Nemberala, Kecamtan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Pantai ini juga menjadi batas langsung antara Indonesia dengan Samudera Hindia dan Australia. Terdapat dua akses yang bisa kalian pilih untuk menuju ke Pantai Nemberala. Pertama, kalian bisa menggunakan pesawat terbang dengan memilih maskapai yang melayani rute dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara David Constantine Saudale di Pulau Rote. Perjalanan melalui udara ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit. Lalu, pilihan kedua yaitu menggunakan kapal feri. Kapal feri ini berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Pelabuhan Ba’a di Rote. Waktu tempuh yang dicapai menuju Rote adalah sekitar 40 menit sampai 2 jam lamanya. Jadi, para wisatawan tinggal memilih transportasi umum mana yang paling nyaman bagi dirinya.

Hasil gambar untuk pantai nemberala

(gambar: https://hobijalanblog.wordpress.com/)

Pantai Nemberala ini buka selama 24 jam sehingga memudahkan kalian untuk menentukan waktu berkunjung ke pantai. Namun, sangat disarankan untuk datang di pantai ini ketika sunset akan tiba di pantai. Lalu, pengelola Pantia Nemberala juga tidak menerapkan biaya tiket masuk. Walaupun begitu, kalian harus tetap menyiapkan uang untuk transport menuju pantai. Harga tiket transportasi umum ini tentunya berbeda-beda sesuai dengan cepat tidaknya waktu kedatangan dan fasilitas yang diberikan.

Hasil gambar untuk pantai nemberala

(gambar: https://bisniswisata.co.id/)

Pantai yang letaknya berbatasan langsung dengan Australia ini sering disamakan dengan Pantai Kutanya yang dimiliki oleh Pulau Rote. Hal ini tak bisa dipungkiri, pantai ini sangat eksotis dengna hamparan pasir putih dan birunya air laut. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup menantang bagi para peselancara. Tak heran, Pantai Nemberala ini merupakan pantai incaran oleh para peselancara lokal maupun internasional. Bahkan pada tahun 2016, pantai ini mendapatkan penghargaan sebagai Tempat Berselancar Terpopuler di Tahun 2016 pada acara Anugerah Pesona Indonesia 2016. Tak cukup di situ, Pantai Nemberala ini sering mengadakan kompetisi berselancar tingkat dunia seitap tahunnya. Perlombaan ini biasa dilakukan pada bulan Agustus hingga Oktober yaitu ketika besar-besarnya ombak di pantai ini.

Hasil gambar untuk pantai nemberala

(gambar: https://yukpigi.com/)

Panorama indah Pantai Nemberala ini memang tak bisa membohongi. Di sini, kalian bisa bersantai menikmati suasana pantai yang masih sepi dan tenang. Bermain putihnya pasir nan halus juga menjadi opsi menarik dalam menghabiskan waktu di Pantai Nemberala. Walaupun memiliki ombak yang besar, kalian masih bisa untuk berenang di tepi pantai ini. Jangan berenang terlalu ke tengah karena akan membahayakan. Ketika matahari mulai menenggelamkan dirinya, warna langit di atas pantai semakin cantik seiring dengan berubahnya warna langit dari biru menjadi jingga. Semakin lengkap, apabila kalian tak lupa untuk selalu mengabadikan momen dengan berfoto ria di Pantai Nemberala ini.

Hasil gambar untuk pantai nemberala

(gambar: https://ksmtour.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pantai ini merupakan incaran para peselancar lokal maupun internasional. Besarnya ombak yang menantang menjadikan tempat ini memang surga bagi para peselancar. Menariknya, ketika air laut pasang, tinggi ombak di pantai ini bisa mencapai 7 hingga 10 meter. Karena itu lah, ombak di pantai ini menjadi tantangan serius bagi para peselancar Indonesia maupun luar negeri.  Apabila kalian tak membawa perlengkapan selancar, tidak usah khawatir. Di pantai ini, sudah tersedia banyak toko yang menjual maupun menyewakan peralatan surfing seperti papan selancar.

Hasil gambar untuk diving di pantai nemberala

(gambar: http://yudhaitem.blogspot.com/)

Selain itu, panorama bawah laut Pantai Nemberala juga tak kalah menakjubkannya. Kalian bisa melihat keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling atau diving. Banyak sekali biota laut yang akan kalian temukan di sini seperti terumbu karang, ikan tuna, dan lain-lainnya. Bagi kalian yang tak suka menyelam, di sini kalian juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya speerti memancing. Menggunakan kapal dengan berada sedikit jauh dari tepi pantai demi mendapatkan titik yang pas untuk memancing menjadi pengalaman memancing yang sungguh menarik untuk dilakukan.

Hasil gambar untuk resort di pantai nemberala

(gambar: https://www.booking.com/)

Walaupun terletak di pulau yang kecil, terdapat banyak sekali resort, hotel, dan restoran yang telah dibangun di sekitar pantai untuk menunjang fasilitas daripada objek wisata ini. Mengingat, pantai ini sering mengadakan lomba berselancar tingkat dunia, maka dibangunlah pula fasilitas penunjang yang sudah disebutkan tadi. 

Hasil gambar untuk lawar ikan

(gambar: https://lifestyle.okezone.com/)

Kuliner khas Rote yang harus Kamu coba selanjutnya adalah Lawar Ikan. Kuliner ini adalah hidangan yang mengandung ikan mentah alias tidak di masak. Namun jangan salah, meskipun tidak melalui proses masak, lawar ikan rasanya begitu lezat dan menggugah selera. Salah satu kuliner khas Rote yang wajib untuk kalian coba adalah lawar ikan. Lawar ikan merupakan olahan ikan mentah yang dipotong tipis-tipis  dan direndam dahulu menggunakan perasan jeruk nipis serta cuka. Walaupun mentah, kuliner ikan ini masih tetap aman untuk dikonsumsi karena bakteri dalam ikan sudah hilang. Setelah direndam, ikan ini dicampur dengan bumbu bawang, kemangi, dan cabai. Hidangan ini sangat cocok disantap dengan nasi yang masih panas.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.