Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Museum House of Sampoerna, Perpaduan Antara Pabrik Rokok Dengan Museum Yang Tampil ModernĀ 
Tags : #museum #sampoerna #sejarah

Kota Surabaya yang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Timur merupakan sebuah pusat ekonomi yang ada di Jawa Timur. Kota terbesar kedua di Indonesia ini dari dulu dikenal dengan banyaknya pabrik-pabrik atau perusahaan yang tersebar di beberapa wilayah Surabaya. Beberapa perusahaan yang ada di Surabaya memang merupakan pemain lama dan sudah sangat besar namanya. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan rokok yang mana juga menjadi perusahaan rokok terbesar di Indonesia yaitu PT. HM Sampoerna Tbk. Atau yang lebih kita kenal dengan Sampoerna. Karena sudah ada sejak dulu, sebagian bangunan yang menjadi pabrik rokok ini menjadi sebuah museum yang tampil cantik. Kini masyarakat mengenal salah satu bangunan bersejarah ini dengan House of Sampoerna.

Hasil gambar untuk house of sampoerna

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Gambar terkait

(gambar: http://blog.lukihermanto.com/)

House of Sampoerna merupakan bangunan kolonial kuno yang dibeli oleh Lim Seeng Tee (pemilik salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia) pada tahun 1932.  Dahulunya bangunan ini merupakan panti asuhan. Namun, bangunan ini seketika berubah menjadi pabrik rokok ditangan Lim Seeng Tee. Semua produksi rokok Dji Sam Soe dilakukan di tempat ini. Dan pada tahun 2003 yaitu ketika perayaan ulang tahun Dji Sam Soe yang ke 100 tahun, tempat ini dibuka untuk umum sebagai museum yang bernama House of Sampoerna. Pada saat ini, gedung ini tidak hanya berfungsi sebagai museum saja namun juga masih menjadi tempat produksi rokok Dji sam Soe.

Hasil gambar untuk old city surabaya

(gambar: https://en.antaranews.com/)

Museum House of Sampoerna ini beralamatkan di Jalan Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya. Lokasi bangunan museum ini berada pada kawasan kota lama dari Surabaya. Walaupun berlokasi di kawasan kota lama dimana banyak sekali gedung-gedung tua yang penuh sejarah, museum ini sedikit susah ditemukan karena letaknya yang berada di dalam gang. Jaraknya pun jika tidak jauh apabila kalian berangkat dari Stasiun Pasar Turi. Hanya berjalan sekitar 3,2 km dari Stasiun Pasar Turi, kalian akan sampai di Museum House of Sampoerna. Dari stasiun ini, kalian dapat menggunakan kendaraan umum berupa angkot atau ojek. Sesampainya di Jalan Sampoerna, kalian tidak akan langsung menemukan bangunan megah ini. Kalian harus masuk ke dalam gang dimana gang ini yang akan mengantarkan kalian ke Museum House of Sampoerna. 

Gambar terkait

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Kalian tidak perlu membayar tiket masuk jika ingin berkunjung ke Museum House of Sampoerna. Wisata sejarah ini gratis untuk umum karena meamng tujuan awal dibukanya museum ini bukan untuk komersil melainkan lebih mengenalkan warisan sejarah pabrik ini kepada masyarakat luas. Para pengunjung hanya menunjukkan kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk, SIM, atau pun Kartu Mahasiswa.  Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Museum House of Sampoerna, kalain dapat memulai kunjungan mulai dari jam 09.00 hingga jam 19.00 WIB.

Hasil gambar untuk museum house of sampoerna

(gambar: https://www.viva.co.id/)

Ketika masuk ke dalam Museum House of Sampoerna, kalian akan langsung disambut dengan aroma cengkeh yang cukup kuat. Musuem ini memiliki dua lantai dimana setiap lantainya sudah memiliki fungsi masing-masing. Pada lantai pertama, tersaji aneka barang-barang yang berkaitan tentang produksi rokok Sampoerna. Barang–barang tersebut meliputi jenis cengkeh yang dipakai untuk produksi rook, replika warung rokok, alat pembuat rokot, sepeda tua, hingga replika warung rokok yang begitu terasa nuansa jaman dulunya. Tak hanya alat-alat yang digunakan untuk produksi rokok pada zaman dahulu, terdapat juga peralatan marching band di lantai satu ini. Alat marching band ini merupakan bekas dari peralatan kegiatan ekstrakulikuler para karyawan pada masa lampau.

Hasil gambar untuk museum house of sampoerna

(gambar: https://sekarjagad.co.id/)

Sedangkan pada lantai dua museum, terdapat sebuah kaca transparan yang menampilkan para pekerja pabrik sedang memproduksi rokok. Seperti yang kalian ketahui, musuem ini memang tempat dimana rokok Sampoerna diproduksi. Tak heran jika masih ada aktivitas pembuatan rokok yang ada di Museum House of Sampoerna. Dengan adanya aktivitas ini, para pengunjung dapat mengamati tahap demi tahap bagaimana sebuah rokok diproduksi. Hal ini tentu akan menambahkan sisi edukasi kepada para wisatawan yang berkunjung.

Hasil gambar untuk museum house of sampoerna

(gambar: https://www.sintiaastarina.com/)

Selain menjadi sejarah berembangnya rokok Sampoerna di Indonesia, Museum House of Sampoerna juga menjadi tempat yang asyik berburu foto instagramable. Dikemas dengan gaya modern membuat museum ini menjadi incaran para wisatawan untuk tampil eksis di depan kamera. Berfoto dengan latar belakang koleksi museum yang memiliki tema tempo dulu akan menghasilkan foto yang sangat artistik dan autentik. Replika warung yang merupakan warung pertama pendiri rokok Sampoerna ini menjadi spot foto paling diminati oleh para pengunjung. Pengunjung dapat duduk dengan santai dan berpose semenarik mungkin di replika warung ini.

Hasil gambar untuk restoran di house of sampoerna

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Musuem House of Sampoerna ini juga dilengkapi dengan sebuah kafe yang berada di sebelah timur gedung utama. Kafe ini menghadirkan tema klasik yang tampil dengan gaya modern. Kesan ini lah yang akan membuat para pengunjung kafe serasa berada di sebuah bangunan tempo dulu. Dengan adanya kafe ini, para pengunjung dapat lebih menikmati keindahan bangunan museum dengan lebih santai. Didesain dengan sangat detail seperti penggunaan lampu-lampu kecil dan lukisan yang artistik di setiap dinding membuat kafe ini layak untuk kalian kunjungi.

Hasil gambar untuk makanan restoran di house of sampoerna

(gambar: https://www.traveloka.com/)

Menu yang disajikan pun tak kalah menariknya dengan dekorasi ruangan yang ada. Kafe ini menyediakan olahan masakan khas Jawa, Asia, hingga negara barat laginnya. Makanan Jawa yang dapat kalian temukan di sini adalah tahu campur, rawon, dan sop buntut. Menu Asia meliputi laksa dari Singapura, chicken teriyaki dari Jepang, dan lainnya. Sedangkan untuk menu barat, terdapat salad, barbeque, hingga steak hotplate

(gambar: https://id.wikipedia.org/)