Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ngarai Sianok, Lembah Elok di Ranah Minang
Tags : #lembah #sumbar #ngaraisianok

Kota Bukittingi di Sumatera Barat merupakan sebuah kota yang terkenal dengan dataran tingginya. Kontur alam yang mengelilingi kota ini pun berbukit-bukit. Dengan dikelilingi bukit-bukit ini, tentu saja membuat udara yang ada di Kota Bukittinggi ini menjadi sejuk. Selain itu, kota ini semakin lengkap dengan adanya lahan subur yang sangat cocok untuk digunakan bercocok tanam. Tak hanya itu, kota ini juga masih memiliki daya tarik wisata yang mampu mengundang decak kagum para wisatawan. Tempat wisata ini merupakan bagian bentangan alam yang ada di sekitar Ngarai Sianok. 

Hasil gambar untuk ngarai sianok saribundo

(gambar: https://www.saribundo.biz/)

Hasil gambar untuk ngarai sianok wisata indonesia

(gambar: https://holamigo.id/)

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang ukurannya cukup sempit dimana dikelilngi oleh bukit bertebing yang curam. Ngarai ini juga dipercantik dengan adanya aliran sungai kecil yang berada di tengahnya. Kontur Lembah Sianok ini terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi. Turunnya lempengan bumi tersebut menimbulkan patahan berwujud jurang yang curam. Ngarai ini membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter. 

Hasil gambar untuk ngarai sianok mediaindonesia

(gambar: https://mediaindonesia.com/)

Sejatinya, Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari patahan sesar semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian yang memanjang dari Aceh hinffa ke Teluk Semangka di Lampung. Lokasi terjadinya Sesar Semangko kini telah menjadi sebuah patahan yang sangat menakjubkan. Selain itu, Sesar Semangko ini juga berperan dalam terbentuknya Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Barat. Ngarai Sianok merupakan wujud visual yang paling jelas dari aktivitas pergerakan lempeng bumi (tektonik) di Pulau Sumatera ini. Proses terbentuknya patahan tersebut menghasilkan sebuah kawasan yang subur dengan panorama yang indah. 

Hasil gambar untuk ngarai sianok

(gambar: http://cerita-indonesian.blogspot.com/)

Ngarai Sianok ini memiliki beberapa sebutan lain. Seperti misalnya Lembah Pendiam. Suasananya yang sepi dan damai ini lah yang membuat ngarai ini juga biasa disebut dengan Lembah Pendiam. Ditambah lagi, udara sejuk yang dihasilkan oleh beberapa tanaman di sekitar ngarai semakin membuat tempat ini nyaman untuk dikunjungi. Tak ketnggalan juga kicauan burung yang saling bersahutam dan gemericiknya air sungai yang juga mampu membuat diri kalian merasa lebih rileks. 

Hasil gambar untuk ngarai sianok

(gambar: https://wisato.id/)

Lokasi Ngarai Sianok ini berada di antara perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam atau lebih tepatnya ada di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pada kawasan wisata ini belum terdapat transportasi umum yang mengantarkan kalian sampai di Ngarai Sianok. Namun, kalian masih tetap bisa menyewa kendaraan untuk sampai di Ngarai Sianok. Apabila berangkat dari Kota Padang, kalian harus menuju ke Kota Bukittinggi terlebih dahulu. Jarak yang akan kalian tempuh adalah kurang lebih 90 km dengan estimasi waktu sekitar 2 jam. Selama perjalanan, kalian akan menyaksikan bentangan alam khas perbukitan Sumatera Barat. 

Hasil gambar untuk ngarai sianok kumparan

(gambar: https://kumparan.com/)

Destinasi wisata Ngarai Sianok ini buka setiap hari tanpa ada jam operasional. Ini berarti kalian dapat mengunjungi ngarai ini kapan pun. Di dalam lokasi wisata ini, terdapat juga sebuah taman yang bernama Taman Panorama. Taman ini buka setiap hari mulai dair jam 09.30 hingga 17.30. Kalian hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk dapat memandangi panorama khas Ngarai Sianok. Tiket tersebut sudah termasuk tiket ke Taman Panorama. Pada akhir pekan atau hari libur, Ngarai Sianok selalu dipadati oleh banyak para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, tak sedikit juga wisatawan mancanegara yang berdatangan mengunjungi Ngarai Sianok ini. 

Hasil gambar untuk taman panorama tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Apabila kalian tak memiliki waktu banyak di Bukittinggi, kalian dapat menikmati keindahan Ngarai Sianok ini dari Taman Panorama. Dari taman ini, hijaunya tanaman yang mengelilingi ngarai dapat terlihat dengan jelas. Taman Panorama ini juga akan mengajak kalian untuk menyaksikan keindahan Gunung Singgalang yang menjadi latar dari Ngarai Sianok. Letak taman ini berada di salah satu bibir ngarai. 

Hasil gambar untuk taman panorama detiktravel i love u

(gambar: https://travel.detik.com/)

Jika Anda hanya singgah sejenak di Bukittinggi dan tidak memiliki banyak waktu, tidak perlu khawatir. Anda masih dapat menikmati keindahan panorama Ngarai Sianok yang menghijau dari kejauhan di sebuah tempat bernama Taman Panorama. Di taman yang terletak di Jalan Panorama, Kota Bukittinggi ini, pengunjung dapat bersantai sejenak sambil mengagumi dan mengabadikan pemandangan indah lembah ini. Sambil menikmati suasana, pengunjung juga bisa berbelanja beberapa souvenir khas Bukittinggi di kios-kios di sepanjang jalan setapak taman ini. Taman ini dilengkapi dengan gardu pandang dimana kalian dapat berfoto dengan sesuka hati dari atas gardu pandang ini. Hal ini lah yang membuat taman ini terlihat sangat instagenik dan menjadi incaran para wisatawan. 

Hasil gambar untuk taman panorama kabarbisnis

(gambar: https://www.kabarbisnis.com/)

Setelah dari bagian atas, kalian dapat menuruni hingga mencapai di dasar ngarai ini. Pemandangan dengan sawah-sawah yang tertata secara rapi ini menimbulkan kesan yang berkunjung tak terlupakan di Ngarai Sianok. Memandangi sawah yang terhampar luas dan berwarna hijau sungguh akan membuat kalian lupa dengan beban dan masalah yang ada di dalam hidup kalian. Pada bagian bawah ngara ini, terdapat jalan setapak yang dicor dengan semen sehingga memudahkan bagi para wisatawan yang ingin eksplor lebih jauh Ngarai Sianok. Saking indahnya, foto-foto para wisatawan yang diupload di sosial media pernah menjadi viral dan dibicarakan oleh banyak orang di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera. 

Hasil gambar untuk taman panorama rumah rumput inews

(gambar: https://www.inews.id/)

Ada satu lagi objek wisata yang heboh dan menjadi bahan perbincangan oleh masyarakat luas. Tempat ini bernama rumah rumput Ngarai Sianok. Letak rumah ini berada di antara dua sisi tebing Ngarai. Rumah rumput ini merupakan sebuah penginapan yang lokasinya masih berada dalam satu kawasan Ngarai Sianok. Rumah rumput ini berbentuk segitiga dimana atapnya dilapisi oleh rumput. Namun karena keunikannya ini lah, rumah rumput Sianok banyak mendapatkan kunjungan oleh para wisatawan. Tak sedikit dari mereka yang datang ke rumah rumput ini hanya untuk berfoto. 

Daya tarik lainnya dari Ngarai Sianok ini terletak pada Janjang Saribu atau Janjang Koto Gadang. Janjang ini merupakan sebuah tangga dan jalan bertembok yang menghubungkan antara Koto Gadang di Ngarai Sianok lalu naik hingga ke Bukittinggi. Panjang keseluruhan jalan ini mencapai 780 meter. Sedangkan lebanrya hanya berukuran 2 meter. Jalan ini bertembok beton sehingga menyerupai bentuk Tembok Cina yang sangat terkenal itu. Jalan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Pada zaman dulu, jalan ini digunakan sebagai jalan untuk mengambil pasir yang ada di sungai dekat ngarai. 

Hasil gambar untuk itiak lado umkmonline

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Kalau sudah berada di Bukittinggi, maka jangan lupa untuk menikmati hidangan khasnya. Seperti yang kalian ketahui, makanan Minang memang menyimpan rasa yang lezatnya tak terhingga. Salah satunya adalah itiak lado mudo. Itiak lado mudo adalah merupakan masakan olahan daging itiak (bebek) dan bumbu-bumbu khusus serta dicampur dengan lado mudo (cabe hijau keriting) yang telah digiling. Rasa itiak lado mudo yang gurih, pedas, dan kaya akan rempah ini dapat kalian temukan di restoran dekat Ngarai Sianok. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.