Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ingin Mendaki Gunung Tanpa Perlu Susah Payah? Ke Gunung Bongkok Saja!
Tags : #tebing #koja #tangerang

Popularitas Purwarkarta sebagai kota yang kaya dengan tempat wisatanya sekarang nampaknya dapat mulai bersaing dengan Bandung dan Bogor. Walaupun masih satu tingkat dibawah kedua kota tersebut, Purwakarta kini mulai memunculkan keanekaragaman tempat wisata yang dimilikinya. Salah satu jenis wisata yang mulai dikenal oleh publik luas adalah wisata gunung. Merasakan sensasi hiking di gunung yang ada di Purwakarta memang merupakan salah satu yang paling dinikmati oleh banyak wisatawan. Namun, wisata mendaki gunung di Purwakarta ada yang cukup unik karena gunung ini dapat ditempuh tanpa tenaga ekstra untuk medaki. Gunung ini bernama Gunung Bongkok.

Hasil gambar untuk gunung bongkok backpacker jakarta

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Hasil gambar untuk gunung bongkok inews

(gambar: https://www.inews.id/)

Gunung Bongkok ini berada di ketinggian 975 mdpl. Oleh karena itu, gunung ini sering dijadikan pemanasan oleh para pendaki sebelum menjajal gunung yang lebih tinggi puncknya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam, kalian akan sampai di puncak tertinggi Gunung Bongkok. Jalanan yang kalian tempuh juga tidak terlalu susah. Namun, ada beberapa bagian jalan menuju ke puncak gunung ini yang memiliki medang yang cukup terjal dan curam. Jadi diperlukanlah rasa hati-hati yang lebih ketika melewati jalan tersebut. 

Hasil gambar untuk pendaki gunung bongkok

(gambar: https://www.maszaladventure.com/)

Gunung Bongkok berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jalur yang akan kalian lewati untuk menuju ke kaki Gunung Bongkok sangat mudah ditemukan. Kendaraan pribadi seperti sepeda motor hingga mobil dapat mengakses ke Desa Cikandang dimana kendaraan kalian akan diparkir di desa tersebut. Jarak dari pusat kota Purwakarta menuju Gunung Bongkok adalah sekitar 22 km. Dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam, perjalanan menyenangkan kalian akan samapai di kaki Gunung Bongkok. Sayangnya, transportasi umum belum ada yang melayani rute menuju Desa Cikandang ini. 

Hasil gambar untuk gunung bongkok jembatan kayu

(gambar: http://pesonawisataindonesia.com/)

Bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Bongkok, kalian akan dikenakan tarif mendaki gunung sebesar Rp. 10.000. Lalu, kalian juga akan dibebani biaya sebesar Rp. 10.000 jika ingin mendirikan tenda di pos kedua. Wisata Gunung Bongkok ini dapat kalian kunjungi setiap hari selama 24 jam. Oleh karena itu, kalian bisa mengunjungi Gunung Bongkok kapan pun. Sangat disarankan untuk memulai pendakian pada dini hari sekitar jam 3 atau 4 agar dapat menyaksikan pancaran sinar matahari secara langsung. 

Hasil gambar untuk pendaki gunung bongkok

(gambar: https://kukurusukadventure.wordpress.com/)

Gunung Bongkok ini menyimpan berbagai keunggulan jika dibanding dengan gunung pendakian lainnya seperti trek pendakian di Gunung Bongkok ini sangat cocok untuk para pemula. Pada 15 menit pertama, wisatawan akan melintasi hutan bambu. Setelah menyusuri hutan bambu, kalian akan melewati pepohonan yang rindang. Yang menjadi tantangan mendaki Gunung Bongkok ini adalah terjalnya perjalanan, karena Gunung memiliki banyak batuan besar. Meskipun begitu, kalian tidak perlu mengkhawatirkan kondisi ini karena ada tali tambang atau alat bantu lainnya pada setiap trek terjal yang ada di Gunung Bongkok.

Hasil gambar untuk pendaki gunung bongkok

(gambar: https://gunung.id/)

Setibanya di puncak Gunung Bongkok, para wisatawan akan dibuat terpukau dengan keindahan puncak batu tumpuk. Dari ketinggian ini, kalian bisa memandangi pemandangan lingkungan sekitar gunung yang tak kalah indahnya. Namun diperlukan kesabaran untuk bisa mengambil foto di puncak batu tumpuk karena puncka ini hanya sanggunp menampung 30 orang saja. Selain itu, kalian juga bisa melihat langsung dari lokasi ini waduk yang sangat terkenal yaitu Waduk Jatiluhur. Ketika sudah berada di puncak, jangan lah tergesa-gesa meninggalkan puncak gunung ini. Ambil lah foto sebanyak mungkin mumpung kalian berada di salah satu puncak gunung yang terkenal di Jawa Barat. 

Hasil gambar untuk gunung bongkok wego

(gambar: https://www.wego.co.id/)

Banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi Gunug Bongkok pada Sabtu sore. Lalu, mereka beristirahat dan bermalam di Pos Munclu. Kemudian, mereka melanjutkan pendakiannya pada dini hari untuk mengejar sunrise.  Selain berkemah di pos 1 Munclu, lokasi area perkemahan kedua ada di puncak gunung yang bernama Puncak Datar. Tempat kemah puncak Datar ini berada tidak jauh dari Puncak Batu Tumpuk, sekitar 50 m. Area kemah ini juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah cantiknya. Namun saat ini perkemahan di area puncak dilarang, dengan alasan faktor keselamatan. 

Hasil gambar untuk gunung bongkok ngadem

(gambar: https://ngadem.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemandangan berupa sunrise dari Gunung Bongkok ini merupakan spot andalan yang dimiliki oleh Gunung Bongkok. Menikmati datangnya sunrise dari puncak gunung akan memberikan kesan yang lebih indah apabila hanya menunggu sunrise dari pantai. Pemandangan berupa matahari yang seolah melompat dari garis horison serta semburat warna yang menghiasi langit semakin mengukuhkan Gunung Bongkok adalah salah satu tempat terbaik untuk menunggu datangnya sunrise. Di gunung bongkok ini sunrise yang mengagumkan terlihat dari celah perbukitan dan hamparan awan putih. 

Hasil gambar untuk ayam goreng sajolna purwakarta

(gambar: https://garvingoei.com/)

Bagi kalian yang ingin mengisi perut, kalian bisa membeli makanan di warung yang tersedia di Pos Munclu. Makanan yang tersedia berupa mie instan, nasi goreng dan lainnya. Namun, bagi kalian yang ingin menikmati kuliner khas Purwakarta, kalian bisa merasakannya ketika berada di pusat kota. Salah satu kuliner khas Purwakarta yang bisa kalian temui adalah ayam goreng Sajolna. Ayam goreng Sajolna ini menggunakan ayam kampung yang dgoreng setengah kering. Hidangan ini sangat pas disantap menggunakan cabai rawit hijau dan bawang. Rasa yang ditampilkan oleh ayam goreng ini adalah pedas, gurih, dan legit. Tak heran, kuliner ini menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.