Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Fenomena Unik Telaga Warna Yang Dapat Berubah Warna Setiap Saat
Tags : #telaga #warna #unik #dieng #wonosobo

Dataran tinggi Dieng memang merupakan kawasan wisata yang selalu membuat hati para wisatawan berdecak kagum. Tak hanya terkenal dengan kawah dan candinya yang begitu ikonik di sini, Dieng juga terkenal akan keindahan alam berupa telaga. Pada wilayah ini, terdapat 5 telaga yang tidak kalah menairknya dengan telaga yang ada daerah lainnya. Telaga ini meliputi Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Pengilon, Telaga Menjir, dan Telaga Warna. Dan salah satu yang menarik banyak perhatian para wisatawan adalah Telaga Warna. 

Hasil gambar untuk TELAGA WARNA DIENG GATRA

(gambar: https://www.gatra.com/)

Hasil gambar untuk TELAGA WARNA DIENG dakatour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Dapat terlihat dari namanya, keunikan dari Telaga Warna ini terletak pada air yang ada di telaga. Air di dalam telaga ini sering beruba-ubah warna dan mengingkatkan kalian pada 3 warna Danau Kelimutu yang ada di NTT. Oleh karena itu, telaga ini sering disebut warga dengan sebutan Telaga Warna. Pemandangan alam yang masih sangat alami ditambah dengan sejuknya hawa pegunungan di Dieng semakin mengukuhkan tempat ini sebaga wisata alam yang harus kalian kunjungi unutk memenuhi daftar liburan kalian. Keindahan alam telaga ini semakin sempurna dengan munculnya kabut putih dan adanya pepohonan rindang yang membuat siapa saja yang datang ke sini merasa lebih rileks. 

Hasil gambar untuk perjalanan menuju dieng travel tempo

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Seperti yang sudah tertera di penjelasan sebelumnya lokasi Telaga Warna ini masih berada satu lokasi dengan dataran tinggi Dieng. Tepatnya, Telaga Warna ini terletak di Dieng Wetan, Wonosobo, Jawa Tengah. Akses untuk sampai di Telaga Warna pun juga sudah cukup memadai. Kalian bisa sampai di lokasi danau ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, langsung saja arahkan mobil kalian ke arah dataran tinggi Dieng. Kalian juga tak perlu memikirkan parkiran. Parkiran mobil atau pun sepeda motor tersedia sangat banyak di sini. 

Gambar terkait

(gambar: https://www.sikatdiengtour.co.id/)

Kendaraan umum yang tersedia untuk mengantarkan kalian ke dataran tinggi Dieng adalah bus umum. Kalian bisa menemukannya bus ini di Terminal Wonosobo. Pilihlah bus dengan jurusan Wonosobo-Dieng, maka kalian akan sampai di depan pintu masuk Telaga Warna. Selanjutnya, lanjutkan perjalanan kalian dengan berjalan kaki atau naik ojek karena lokasi Telaga Warna hanya berjarak 500 meter dari pintu masuk Telaga Warna. 

Hasil gambar untuk loket telaga warna dieng tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Telaga Warna Dieng ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Para wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata ini akan dikenakan tarif sebesar Rp. 12.500 pada hari senin hingga Jum’at dan Rp. 15.000 untuk Sabtu-Minggu atau hari libur nasional. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan tiket berkunjung ke Telaga Pengilon yang letaknya tidak berjauhan dari Telaga Warna Dieng. 

Hasil gambar untuk telaga warna dieng bon voyage jogja

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Setibanya di Telaga Warna, kalian akan menyaksikan warna air di telaga yang sungguh elok. Air di telaga ini pun tak jarang berganti warna menjadi kuning, ungu, hingga pelangi pada waktu tertentu. Jadi warna air di telaga ini tidak selalu berwarna hijau toska. Berubahnya warna air di telaga ini dikarenakan kandungan sulfur yang tinggi pada air danau. Pancaran sinar matahari yang mengarah ke air dengan kandungan sulfur tinggi ini juga akan menimbulkan variasi warna yang begitu indah. 

Hasil gambar untuk telaga warna dieng idntimes

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Telaga Warna. Namun yang paling favorit jelas berburu foto dengan pemandangan alam tersaji dengan indanya. Salah satu spot foto yang perlu kalian coba di tempat wisata ini adalah Batu Pandang Dieng. Para wisatawan akan menyaksikan luas telaga secara keseluruhan lengkap dengan pepohonan rindang di sekitarnya dari atas bukit batu yang menonjol. Keindahan alam ini lah yang menjadi alasan Batu Pandang Dieng menjadi spot foto yang menarik. Tak usah diragukan lagi, hasil jepretan kalian dari Batu Pandang Dieng ini akan sangat memuaskan. Satu lagi yang menarik, kalian merasa sejajar dengan awan jika berada di atas bukit Batu Pandang Dieng ini. 

Hasil gambar untuk telaga warna dieng inibaru id

(gambar: https://www.inibaru.id/)

Satu lagi tempat yang cocok bagi kalian yang ingin berburu spot foto dari ketinggian. Tempat ini bernama puncak Bukit Sidengkeng. Perjalanan menuju ke bukit ini memang sedikit memerlukan ekstra usaha agar sampai di puncaknya. Kalian akan melewati jalan setapak yang begitu menanjak. Ketika kalian sudah sampai di atas, terdapat sebuah gardu pandang yang memang digunakan sebagai spot foto di bukit ini. Hasil foto di gardu pandang ini juga tak kalah instageniknya dengan gardu pandang yang ada di tempat lainnya. Pemandangan yang ditawarkan pun juga sangat memukau sama halnya dengan pemandangan yang ada di Batu Pandang. 

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna Dieng adalah pada pagi hari. Menanti  munculnya sunrise di telaga ini juga menjadi aktivitas yang paling diburu oleh para wisatawan. Selain sinar matahari yang mampu menghangatkan suasana di sekitar, warna dari pancaran sinar matahari ini juga mampu memberikan efek pada air telaga sehingga menjadi lebih indah lagi. Ditambah lagi, suasana sunyi khas Dieng semakin membuat kalian bertahan lama untuk menikmati keindahan alan yang tak terbatas ini.

Hasil gambar untuk tempe kemul tribun travel

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Kemudian yang tak boleh kalian lupa jika berkunjung ke Dieng adalah mencicipi makanan khasnya. Di Dieng sendiri terdapat sebuah buah endemik yang sangat ikonik yaitu buah carica. Selain carica, ada satu lagi kuliner khas Dieng Wonosobo yang sederhana namun enak rasnaya. Makanan tersebut adalah tempe kemul. Secara sekilas, tempe ini tak jauh beda dengan tempe mendoan yang terkenal di Purwokerto. Tempe kemul Wonosobo ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu disajikan dengan taburan kucai dan dicocolkan ke sambal atau dimakan langsung dengan cabai mentahnya. Soal rasa, tempe kemul ini sangat renyah dan gurih. Jadi sangat bisa sekali untuk kalian cicipi jika lagi berada di Dieng atau pun Wonosobo. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.