Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menyantap Mie Ongklok, mie dengan kuah kental lezat dari Wonosobo
Tags : #mie #enak #kuliner nusantara #wonosobo

Udara Wonosobo yang dingin memang pas banget untuk menikmati semangkuk mie hangat di Warung Mie Ongklok Longkrak. Perpaduan mie kuning lembut dengan kuahnya yang lezat mampu membangkitkan semangat untuk kembali berkeliling di Dieng. Bukan hanya karena rasanya yang enak, ternyata kedai makanan ini cukup legendaris. Konon, warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1975 dan terkenal sampai negara-negara di Asia. Wah, tidak heran jika antriannya cukup panjang.

Hasil gambar untuk mie ongklok wonosobo

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Hasil gambar untuk mie ongklok wonosobo

(gambar: https://www.tripzilla.id/)

Salah satu tempat menyantap mie ongklok yang sangat legendaris di Wonosobo adalah Mi Ongklok Longkrang. Ini merupakan tempat makan yang dimiliki oleh Pak Waluyo. Lokasinya berada di Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang. Tempatnya sekitar 1 kilometer saja dari Alun-alun Wonosobo. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 09:00-17:00 WIB. Jangan lupa cicipi kuliner legendaris di Wonosobo yang kelezatannya tidak pernah berubah sejak zaman dahulu.

 

Hasil gambar untuk proses pembuatan mie ongklok wonosobo

(gambar: https://pesona.travel/)

Sebenarnya, kuliner satu ini tidak jauh beda dengan lainnya. Bahan utamanya berupa mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air yang mendidih. Uniknya, kuah dari makanan khas Wonosobo ini tidak encer melainkan menyerupai karamel. Ternyata, kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan bumbu pas. Soal rasa, makanan ini terasa manis, asin serta gurih yang bercampur menjadi satu. Nah, hidangan ini makin nikmat jika dicampur dengan sayur kol serta ditemani sate daging sapi serta tempe mendoan.

Hasil gambar untuk proses pembuatan mie ongklok wonosobo

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Jenis mie yang hampir sama dengan Lamie di Bandung ini memang disukai banyak orang. Tidak hanya anak muda, orang tua bahkan anak kecil juga ketagihan dengan mie ongklok. Bahkan ada beberapa pembeli yang kurang hanya makan satu porsi saja.