Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kalibiru, Tamasya Foto Tak Kenal Batas di Yogyakarta
Tags : #foto #instagram #spotfoto #kalibiru

Siapa sih yang masih meragukan pesona jogja sebagai kota yang penuh dengan tempat wisata keren? Sepertinya, hampir semua orang pasti mengakui Jogja sebagai sebuah wilayah yang memiliki keunggulan di bidang pariwisata yang sungguh melimpah. Melimpahnya tempat wisata di Jogja ini dapat kalian temukan mulai dari eksotisnya suasana pantai, gagahnya gunung-gunung yang menjulang tinggi, bangunan zaman kolonial yang aestetik, hingga kebudayaan tradisional yang masih kental. Namun diantara semua aspek wisata tersebut, Jogja menyimpan satu tempat wisata menarik yang sungguh mempesona. Nama tempat wisata ini adalah Kalibiru atau juga biasa disebut dengan Wisata Kalibiru. 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru dakatour

(gambar: https://eksotisjogja.blogspot.com/)

Hasil gambar untuk wisata kalibiru tripliarwisata

(gambar: https://www.tripilarwisata.com/)

Kalibiru merupakan sebutan nama hutan yang diolah menjadi tempat wisata alam. Hutan kalibiru memiliki ketinggian 450 mdpl dan berupa kawasan perbukitan yang subur. Tanpa harus ketergantungan anggaran dari pemkab daerah, agar menambah daya tarik wisatawan, maka warga setempat membangun sejumlah sarana-prasarana menggunakan dana swadaya penduduk desa. Kemudian, sarana dan prasarana ini lah yang menjadi salah satu daya tarik dari Wisata Kalibiru. 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru nginapdijogja

(gambar: https://nginapdijogja.com/)

Para wisatawan pun mulai mengunjungi destinasi wisata ini. Tak sedikit juga dari para wisatawan yang mengunggah hasil jepretan mereka di Wisata Kalibiru di akun sosial media mereka. Tak lama kemudian, tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang ngehits di kalanagan para wisatawan. Setelah nama Kalibiru melambung tinggi, baru lah kini penduduk desa mulai merasakan hasil melalui meningkatnya pendapatan penghasilan dan mampu meningkatkan taraf ekonomi daerah melalui sektor pariwisata.

Hasil gambar untuk bandara nyia ekonomibisnis

(gambar: https://nginapdijogja.com/)

Wisata Kalibiru ini berada di Jl. Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun lokasi wisata ini letaknya sangat jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun populeritasnya sudah bisa bersaing dengan tempat wisata lainnya yang ada di Jogja. Perlu kalian ketahui, letak Kalibiru ini tidak berada jauh dari bandara baru Jogja yaitu New Yogyakarta International Airport. Dari bandara ini, jarak tempuhnya hanya berkisar sekitar 22 km. Dari bandara ini, kalian bisa menggunakan transportasi umum berupa taksi untuk mencapai tempat tujuan. Selain itu, kalian juga dapat menyewa kendaraan agar lebih fleksibel untuk berpindah ke tempat tujuan wisata lainnya. 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru archipelagos

(gambar: https://www.archipelagos.id/)

Wisata Kalibiru ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00. Tiket masuknya pun cukup terjangkau. Dengan harga Rp. 10.000, kalian dapat memasuki dan menyaksikan keindahan tempat wisata ini. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan harga untuk berfoto di spot-spot foto yang telah disediakan. Perlu ada tambahan biaya lagi untuk bisa menghasilkan foto yang sangat menarik ketika berkunjung di Wisata Kalibiru. 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru hargatiketkalibiru

(gambar: https://www.hargatiket.net/)

Karena destinasi wisata ini sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang, maka ada banyak kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan di Wisata Kalibiru. Salah satu yang paling terkenal adalah berfoto di menara pandang. Saking terkenalnya, menara pandang ini menjadi sebuah ikon dari Wisata Kalibiru. Menara pandang ini lah yang menjadi tempat paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak dibuka pertama kalinya. Dari menara pandang ini, para wisatawan dapat memandangi keindahan perbukitan hijau yang sangat khas dan Waduk Sermo yang merupakan waduk kebanggaan dari Kulon Progo. 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru antarrejatourjogja

(gambar: https://antarejatour.com/)

Menara pandang di Kalibiru ini jelas berbeda dengan gardu-gardu pandang di tempat wisata lainnya. Menara pandang ini terbuat dari papan kayu dimana menara pandang ini hanya mampu menampung 3 hingga 5 orang saja. Saat di atas, kalian akan merasakan semilirnya angin pegunungan. Tetap lah berhati-hati di menara pandang ini karena terkadang datangnya angin cukup kencang. Menara pandang yang ada di Kalibiru ini ada 5 buah dan tarif untuk menikmati setiap menara pandangnya berbeda-beda. Tarif menikmati menara pandang ini pun hanya berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per orang. Datang lah ketika turunnya matahari terbenam, kalian akan dibuat takjub dengan perubahan warna langit menjadi jingga. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini karena berfoto pada saat munculnya sinar matahari terbenam akan membuat hasil foto kalian menjadi sebuah siluet yang menarik.

Aktivitas menarik lainnya yang tak kalah serunya adalah berswafoto dengan memacu adrenalin para wisatawan yaitu seperti wahana permainan outbound seperti spider web, wooden bridge, sling dan flying fox berada di ketinggian 6 sampai 7 meter dari atas permukaan tanah. Para wisatawan yang ingin menjajal wahana tersebut akan dikenai tarif sebesar Rp. 35.000 saja. Biaya yang cukup terjangkau karena biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya sewa peralatan permainan seperti helm dan pelindung keamanan  seluruh tubuh. 

Hasil gambar untuk geblek tuguwisatajogja

(gambar: https://www.tuguwisata.com/)

Setelah puas berfoto seharian, kalian bisa mencicipi sajian kuliner khas Kulon Progo. Kulon Progo sangat terkenal dengan jajanan khasnya yaitu geblek. Geblek ini menjadi semacam identitas yang menjadi pembeda antara Kulon Progo dengan daerah lain. Geblek berasal dari ketela pohon. Dengan proses tertentu, geblek menjadi semacam makanan yang unik karena dipadu berbentuk lingkaran kecil dan dirantai menjadi tiga hingga empat buah. Geblek juga cocok disajikan dengan menu tempe benguk dan tempe kara.

Hasil gambar untuk datawisata penginapan di kalibiru

(gambar: https://www.datawisata.com/)

Bagi kalian yang ingin menikmati suasana malam di Kalibiru, kalian bisa menyewa kamar-kamar yang tersedia di sekitar Wisata Kalibiru. Tempat penginapan ini berupa hotel dan cottage yang harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari 150 ribuan per malamnya. Walaupun harga yang ditawarkan relatif murah, fasilitas yang dimiliki oleh hotel-hotel ini tidak boleh dianggap remeh. Ada pula penginapan berupa homestay ala pedesaan. Dengan menyewa kamar di homestay ini, para wisatawan dapat merasakan lebih suasana desa yang sangat berbeda dengan perkotaan. Bila kalian ingin menginap di Wisata Kalibiru, kalian perlu memesan kamar-kamar tersebut terlebih dahulu karena biasanya kamar-kamar yang ada sudah dipesan oleh wisatawan lainnya yang ingin bermalam di Wisata Kalibiru.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.