Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Uniknya Air Terjun Saluopa, Dilengkapi Dengan 12 Tingkat Batu dan Jalur Tracking Menantang 
Tags : #saluopa #tanggacantik #airterjun

Poso merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Sulawesi Tengah. Letak geografis Poso ini berdekatan dengan pesisir pantai dimana suhu yang ada di kota ini cukup panas. Oleh karena itu, Poso sangat terkenal dengan keeksotisan pantai yang dimilikinya. Namun, apabila kalian ingin merasakan sensasi berlibur berbeda di Poso, kalian bisa mengunjungi objek andalan Kabupaten Poso yang satu ini. Destinasi wisata ini bernama Air Terjun Saluopa. Air Terjun Saluopa ini cukup unik karena pada air terjun ini terdapat 12 tingkatan dimana air yang mengalir dari atas akan melewati seluruh tingkat sehingga membentuk sebuah panorama alam yang begitu mengagumkan. Selain 12 tingkanya, air terjun ini juga sangat terkenal dengan lingkungan alamnya yang masih asri. 

Hasil gambar untuk air terjun saluopa oyamagazine

(gambar: https://oyamagz.com/)

Hasil gambar untuk bandara poso utiket

(gambar: https://utiket.com/)

Air Terjun Saluopa ini beralamatkan lengkap di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Untuk aksesnya sendiri, air terjun ini cukup mudah dijangkau. Pertama, kalian harus memulai perjalanan dari Poso terlebih dahulu. Bagi yang ingin menggunakan transportasi udara, kalian bisa memulai penerbangan dari Makasar karena di bandara Makassar ini terdapat pesawat yang melayani rute ke Poso. Setelah sampai di Poso, kalian harus berjalan menuju ke Tentena, Poso. Waktu yang kalian tempuh untuk sampai di Tentena adalah sekitar 2 jam. Selama perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan danau paling indah di Poso yaitu Danau Poso. Selain itu, kalian juga akan menikmati hamparan sawah luas yang membentang di sekitar danau. 

Hasil gambar untuk hutan di air terjun saluopa

(gambar: http://www.gocelebes.com/)

Karena lokasinya yang berada di dalam hutan tropis, kalian harus berjalan menyusuri hutan untuk sampai di lokasi air terjun. Suasana hutan tropis yang begitu khas, membuat perjalanan kalian tak akan merasa lelah karena sejuknya udara yang disajikan oleh hutan ini. Suara hening hutan hingga suara burung berkicauan akan menemai perjalanan indah kalian menuju ke Air Terjun Saluopa. 

Hasil gambar untuk air terjun saluopa picukki

(gambar: https://www.picuki.com/)

Untuk menikmati segala keindahan yang tersaji di Air Terjun Saluopa ini, kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Wisata air terjun mempesona bertingkat 12 ini dibuka setiap hari. Para wisatawan dapat memulai kunjungan ke Air Terjun Saluopa ini mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00 setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah ketika sore hari dimana langit sudah mulai teduh dan akan menambahkan suasana rasa sejuk di Air Tejun Saluopa. 

Hasil gambar untuk air terjun saluopa flickr

(gambar: https://www.flickr.com/)

Air Terjun Saluopa ini juga biasa disebut dengan Air Luncur Saluopa. Diberikan julukan air luncur karena air yang ada di air terjun ini meluncur dari sumber mata air pegunungan yang tingginya mencapai 25 meter. Ditambah lagi, air terjun ini memiliki 12 tingkatan dimana setiap tingkatnya terdapat sebuah kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Perlu kalian ketahui juga, air terjun ini memiliki banyak batuan. Ini artinya, kalian harus berhati-hati dalam menapaki satu per satu batu karena beberapa batu yang ada di dasar sungai cukup licin karena diselimuti lumut. 

Hasil gambar untuk air terjun saluopa scoutid

(gambar: https://www.scout.id/)

Air yang ada di Air terjun Saluopa ini sangat jernih dan bersih sehingga batuan yang ada di dasar sungai sangat jelas terlihat. Sebelum mencapai ke air terjun, kalian akan melewati tangga yang terbuat dari batu. Meskipun batuan ini diselimuti lumut dan sering terkena air hujan, tangga yang mengantarkan kalian ke Air Terjun Saluopa.  Selain berfungsi sebagai akses menuju tingkatan-tingkatan air terjun, tangga yang terbuat dari batu ini  juga bisa anda manfaaatkan untuk berfoto. Tak jarang juga pelangi akan muncul di air terjun sehingga sangat cocok sekali apabila kalian jadikan sebagai latar belakang berfoto. 

Hasil gambar untuk air terjun saluopa rekha

(gambar: https://rekha528.wordpress.com/)

Jika kalian mengunjungi air terjun, pastikan jangan lupa untuk membawa baju ganti. Sangat sayang apabila sudah sampai air terjun namun tidak dimanfaatkan untuk berenang. Berenang lah di Air Terjun Saluopa ini dan rasakan sensasinya air yang turun dari ketinggian 25 meter. Kalian pun juga bisa berenang di kolam pada setiap tingkatnya. Segarnya Air Terjun Saluopa ini mungkin tak pernah kalian rasakan di tempat lain. Berenang di air terjun yang penuh dengan keheningan akan membuat kalian merasa lebih rileks tentunya. 

Hasil gambar untuk festival air terjun saluopa edelweis news

(gambar: https://edelweisnews.com/)

Selain menyajikan pesona alamnya, Air Terjun Saluopa ini juga menggelar event tahunan bertajuk Festival Air Terjun Saluopa.  Festival ini biasa dilakukan pada awal Bulan Juli. Kegiatan ini diinisiasi oleh tokoh masyarakat lokal pemerhati seni budaya dan dibuka secara resmi oleh Bupati Poso. Festival ini diadakan sebagai bentuk respon masyarakat terhadap laju perkembangan zaman untuk mengimbangi budaya-budaya asing yang terbawa oleh teknologi modern. Festival ini akan diisi dengan berbagai jenis kegiatan berupa kreativitas kerajinan tangan, tari, bahasa serta ragam busana yang bercorak ntana Sintuwu Maroso. Fesival Air terjun Saluopa ini merupakan sarana untuk menggali budaya di Kabupaten Poso sekaligus ajang promosi obyek wisata dan juga dalam rangka mengajak seluruh komponen masyarakat untuk secara bersama-sama terlibat aktif dalam menjaga lingkungan. 

Hasil gambar untuk nasi bambu poso suarajelata

(gambar: https://suarajelata.com/)

Sayang, Air Terjun Salupa ini masih belum dilengkapi dengan fasilitas berupa warung makan. Jadi kalian tidak akan menemukan penjual makanan. Namun tak perlu khawatir, kalian masih bisa mencari kuliner khas di daerah Tentena maupun di pusat kota Poso. Kuliner Poso yang cukup unik adalah inuyu. Inuyu merupakan salah satu makanan khas yang paling dicari selain karena rasanya yang khas. Letak keunikan makanan yang satu ini terdapat pada proses masaknya dengan menggunakan bambu yang diisi beras ketan dicampur dengan santan yang sebelumnya telah dirempahi. Inuyu sendiri di beberapa daerah di pulau Sulawesi, memiliki nama yang berbeda. Hanya saja yang paling dikenal dengan sebutan nasi bambu. Nama lainnya inuyu adalah nasi jaha. Disebut nasi jaha karena salah satu rempah yang mencolok adalah jahe namun karena terpengaruh dengan dialeg masyarakat setempat jadilah disebut nasi jaha. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.