Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Danau Laguna, Pesona Nyata dari Selembar Uang Seribu Rupiah
Tags : #laguna #seribu #

Jika kalian pernah menjumpai uang seribu rupiah dengan gambar 2 buah gunung dan terdapat perahu nelayan, maka kalian secara tidak langsung mengetahui mengenali objek wisata ini. Ya, benar sekali. Gambar yang ada pada uang seribu rupiah merupakan panorama yang ditampilkan dari Danau Laguna. Pemandangan Danau Laguna dari uang seribu rupiah ini sudah mendapatkan perhatian lebih dari banyak orang. Bahkan, dalam benak mereka selalu terlintas lukisan Danau Laguna apabila teringat dengan uang Rp. 1000.

Hasil gambar untuk danau laguna uang seribu rupiah

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Hasil gambar untuk danau laguna

(gambar: https://m.suarakarya.id/)

Semenjak diabadikan ke dalam uang seribu rupiah, eksistensi Danau Laguna kini telah muncul ke permukaan para pecinta travelling. Danau ini dirasa memang menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Suasananya yang tenang berpadukan dengan alam yang sangat asri membuat destinasi wisata ini sebagai tempat yang sangat tepat untuk menenangkan pikiran. Saking indahnya pemandangan yang tersaji di alam Danau Laguna, banyak sekali para wisatawan khususnya yang hobi dengan seni berfoto untuk mengabadikan spot dan momen terbaik di Danau Laguna.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju danau laguna

(gambar: https://kaburbentar.com/)

Danau Laguna ini berlokasi di Desa Ngade, Keluerahan Fitu, Kota Ternate, Maluku Utara. Akses menuju Danau Laguna ini terbilang sangat mudah. Untuk menuju ke Danau Laguna yang ada di Desa Ngade ini, kalian yang berasal dari luar pulau atau daerah bisa terlebih dahulu memilih pesawat dengan rute yang melayani tujuan ke Bandara Sultan Babullah di Ternate. Jarak dari bandara menuju Danau Laguna ini tidak terlalu jauh. Hanya dengan perjalanan 11 km, kalian akan tiba di Danau Laguna. Transportasi umum yang dapat digunakan untuk mengantarkan kalian ke lokasi wisata hanya lah taksi dan ojek. Kalian pun juga bisa menyewa mobil untuk mobilitas yang lebih nyaman ketika berpindah-pindah lokasi wisata. Apabila kalian datang dari Pelabuhan Ternate, maka jarak tempunya akan lebih sedikit yaitu sekitar 6 km.

Hasil gambar untuk danau laguna ternate

(gambar: https://travel.detik.com/)

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Danau Laguna tidak akan dikenakan biaya tiket masuk ke lokasi wisata. Para wisatawan hanya dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaran pribadi. Tarif parkir motor di lokasi wisata ini adalah Rp. 5.000. Sedangkan untuk mobil tarifnya yaitu Rp. 10.000. Danau Laguna dapat kalian kunjungi selama 24 jam. Namun, untuk mendapatkan panorama terbaik dari danau ini kalian diharapkan datang pada pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam. Pemandangan berkelas dari Danau Laguna akan kalian jumpai di waktu tersebut.

Hasil gambar untuk danau laguna ternate

(gambar: https://images.squarespace-cdn.com/)

Keindahan Danau Laguna ini terlihat dari adanya bentangan tebing hijau yang mengelilingi danau. Pepohonan yang rindang terlihat jelas pada permukaan air danau dimana pesona ini lah yang mampu menghipnotis para wisatawan. Langit biru cerah yang memayungi kawasan danau semakin membuat destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi karena keindahan yang dimilikinya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, danau ini memiliki banyak spot favorit untuk mendapatkan hasil foto yang kini orang menyebutnya dengan instagramable. Tak heran, jika banyak wisatawan yang sibuk mencari spot dan mengatur pose kerennya ketika berada di Danau Laguna ini. Banyak yang bilang bahwa spot terbaik dari Danau Laguna ini berada di atas bukit. Dari sini, hasil foto dengan pemandangan danau secara luas, laut danau berwarna biru kehijauan, langit yang cerah, pepohonan rimbun, hingga pulau kecil di depannya akan saling melengkapi sehingga terciptalah sebuah foto yang instagramable.

(gambar: https://phinemo.com/)

Bagi kalian yang hobi banget dengan berswafoto, cobalah untuk mengunjungi gardu pandang yang berada di Danau Laguna. Pihak pengelola telah menyiapkan gardu pandang ini dalam menunjang keinginan para wisatawan untuk mendapatkan spot foto yang indah. Gardu pandang ini berbayar. Jika kalian ingin ke atas gardu pandang, kalian harus membayar Rp. 5.000 per-orangnya. Kapasitas dari gardu pandang ini pun terbatas. Tidak boleh lebih dari 10 orang yang berada di atas gardu pandang. Jadi kalian harus mengantre terlebih dahulu apabila memang banyak sekali wisatawan yang mencoba gardu pandang ini. Namun, waktu mengantremu akan terbayar lunas dengan panorama yang tersaji di Danau Laguna ini. Kalau sudah di atas gardu, jangan lupa pose sekeren mungkin yaa. Sayang apabila suasana dan pemandangannya tak dimanfaatkan secara maksimal dalam berfoto. Perlu diingat juga, keselamatan kalian harus tetap dijaga agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Hasil gambar untuk sistem pengairan di danau laguna

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Danau Laguna ini tak hanya berperan dalam bidang pariwisata. Di luar urusan wisata, danau ini memiliki banyak fungsi khususnya bagi masyarakat Desa Ngade. Banyak dari masyarakat Desa Ngade yang memanfaatkan danau ini sebagai tempat budidaya ikan air tawar seperti nila hingga gurame. Jadi jangan heran apabila kalian menjumpai perahu para nelayan yang bersliweran di dalam danau. Selain untuk budidaya ikan air tawar, danau ini juga berperan sebagai sistem pengairan untuk mengairi kebun warga. Dengan demikian, kegiatan perekonomian warga setempat dapat meningkat.

Hasil gambar untuk gohu ikan

(gambar: https://merahputih.com/)

Para wisatawan yang merasa lapar ketika berkunjung di Danau Laguna, tak perlu khawatir lagi untuk mencari warung makan. Kalian dapat dengan mudah menemukan warung makan yang dikelola warga di sekitaran danau. Warung makanan ini umumnya memang menyajikan hidangan dari ikan air tawar. Ikan air tawar yang didapatkan oleh warung ini berasal dari budidaya ikan air tawar warga menggunakan keramba. Hidangan ikan air tawar seperti nila, gurame, dan ikan mas dimasak dengan cara dibakar atau digoreng dapat kalian temukan di warung makanan ini. Tak lupa untuk mengingatkan, pesan lah kuliner khas di warung ini seperti sambal dabu-dabu dan gohu ikan. Kalian bisa menikmati sajian kuliner ini dengan ekstoisnya panorama Danau Laguna ini di beberapa tempat makan seperti Resto Apung, Flroida Resto, dan Sabua Katu.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.