Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Green Canyon, Lembah Hijau Wisata Andalan Pangandaran
Tags : #greencanyon #lembah #pangandaran

Jika Amerika Serikat memiliki lembah yang terkenal yaitu Grand Canyon, maka Indonesia juga perlu bangga karena di bumi pertiwi ini ada satu lembah dimana pemandangan alamnya juga tak kalah dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Lembah ini terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Namanya pun juga tak berbeda jauh dengan Grand Canyon. Lembah ini bernama Green Canyon. Lembah dengan pemandangan indah ini memiliki sungai dibawahnya dengan air yang berwarna hijau. Lembah atau yang biasa juga disebut dengan ngarai ini terletak di hulu sungai. Curamnya batuan tebing di tepi sungai ini malah menjadi spot yang paling sering didatangi oleh wisatawan.

Hasil gambar untuk green canyon pangandaran

(gambar: https://anekatempatwisata.com/)

Hasil gambar untuk jalur menuju green canyon pangandaran

Green Canyon Pangandaran ini berlokasi di Desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Menemukan objek wisata ini bukan lah hal yang sulit karena kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 29 km. Tak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang ada karena jalur menuju lokasi wisata. Selain dari Pangandaran, kalian juga dapat mengakses Green Canyon ini dari berbagai kota di Jawa Barat seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Ciamis. Kalian pun juga bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum maupun kendaran pribadi jika ingin mengunjungi Green Canyon di Pangandaran ini.

Hasil gambar untuk jalur menuju green canyon pangandaran

(gambar: http://www.adventure-pangandaran.com/)

Jika kalian ingin berkunjung ke Green Canyon, pastikan terlebih dahulu jam bukanya dari objek wisata ini. Green Canyon buka setiap hari mulai dari pukul 07.30 hingga 16.00. Karena hanya buka sampe jam 4 sore, pastikan kalian untuk tidak datang kesorean agar bisa menikmati waktu di Green Canyon lebih lama. Jadi ada baiknya jika kalian mendatangi Green Canyon ini ketika pagi hari dimana udara masih sangat segar dan cuaca belum terlalu terik seperti saat siang hari. Selain mudah diakses, objek wisata ini ternyata juga ramah di kantong. Kalian tidak akan dikenakan tarif masuk jika berkunjung ke Green Canyon. Namun, apabila ingin menyusuri sungai di lembah Green Canyon dengan perahu, kalian perlu merogoh kocek sebesar Rp. 150.000 per perahu. Harga tersebut bisa lebih murah jika kalian menyewa perahunya dengan iuran bersama penumpang lainnya.

Hasil gambar untuk jalur menuju green canyon pangandaran

(gambar: https://anekatempatwisata.com/)

Jika berada di Green Canyon, dapat dipastikan kalian tidak akan merasa mati gaya. Tentunya, ada banyak pilihan untuk menikmati Green Canyon ini. Mau yang harus basah-basahan atau main air tanpa harus basah? Tenang, semua bisa kalian lakukan di sini. Jika tidak mau basah-basahan, kalian bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang berada di bawah ngarai ini. Kegiatan menyusuri sungai sepanjang 3 km menggunakan perahu dapat kalian tempuh dalam waktu 45 menit. Selama di perahu, kalian bisa memotret keindahan alam Green Canyon yang memiliki air sungai berwarna biru kehijauan dan tebing tinggi nan kokoh yang mengapit sungai. Panorama luar biasa ini tentunya sangat jarang sekali kalian temukan di tempat wisata lainnya. Saat menyusuri sungai, kalian akan melewati bagian atas Green Canyon yang dihiasi dengan stalaktit dimana stalaktit ini juga meneteskan air tanah sehingga menimbulkan kesan seperti hujan rintik-rintik.

Hasil gambar untuk body rafting green canyon pangandaran

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Nah, aktivitas satu ini sungguh cocok bagi kalian yang menggemari olahraga yang menantang seperti body-rafting. Jika kalian ingin menjajal aktivitas ini, pastikan kalian harus bisa berenang karena body-rafting tidak menggunakan perahu maupun perahu karet. Untuk merasakan permainan body-rafting, kalian hanya mengandalkan tubuh, helm, dan pelampung. Aliran sungai menuju muara yang panjang membuat wisatawan bisa berenang puas di Green Canyon. Karena panjangnya aliran sungai, kalian diharapkan untuk berhenti sejenak di pertengahan jalan untuk mengisi ulang energi dengan memakan snack atau jajan yang sudah disiapkan sebelumnya. Ujung aliran sungai ini akan membawa kalian menuju ke sebuah gua yang dihuni oleh banyak sekali kelelawar. Tak hanya indah dengan panorama tebingnya yang indah, wisatawan yang melakukan body-rafting juga dapat sesekali menyelam untuk melihat dasar sungainya yang cukup bersih dan penuh dengan batuan kecil-kecil.

Hasil gambar untuk loncat tebing green canyon pangandaran

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Jika dirasa body-rafting masih belum menantang, kalian bisa menjajal aktivitas yang lebih menantang lagi. Misalnya saja loncat tebing. Aktivitas ini tentunya sangat berbahaya dan melibatkan resiko yang cukup besar. Namun, kalian tak perlu cemas karena selama masih di tempat yang aman dengan pengawasan penjaga yang sangat baik, kalian akan tetap bisa merasakan betapa serunya loncat tebing ini tanpa ada rasa takut. Melompat dari batu di ketinggian 5 hingga 10 meter menuju sungai di bawahnya akan membuat pengalaman berlibur kalian di Green Canyon ini menjadi tak terlupakan sepanjang hidup.

Hasil gambar untuk sate galunggung

(gambar: https://phinemo.com/)

Sungguh sayang apabila sudah di Pangandaran namun tidak menjajal kuliner khasnya. Untuk menemukan berbagai macam kuliner Pangandaran, kalian harus berada di pusat kota Pangandaran atau sekitarnya. Hal ini dikarenakan, objek wisata Green Canyon masih minim akan fasilitas umum yang ada seperti warung makanan. Oleh karena itu, arahkakan kendaraan kalian menuju Pangandaran jika ingin mencari kuliner khas kota ini. Jika pada biasanya, Pangandaran terkenal dengan olahan seafoodnya karena letaknya yang berada di dekat laut, ternyata Pangandaran mempunyai kuliner khas yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan seafood seperti sate galunggung. Sate Galunggung ini merupakan kuliner yang sangat melegenda karena sate ini sudah ada sejak tahun 1970. Rasa gurih dan manis dari daging ayam dan kambingnya dengan sambal kacang yang dipadukan dnegan kuah sop membuat siapa saja yang baru mencobanya ingin kembali datang untuk mencoba lagi.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.