Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Keindahan Pesona Bawah Laut Olele Yang Tiada Duanya
Tags : #bawahlaut #olele #menawan #terumbukarang

Provinsi Gorontalo merupakan sebauah nama provinsi yang tergolong baru di Pulau Sulawesi. Setelah berpisah dengan provinsi sebelumnya yaitu Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2000, Gorontalo kini perlahan-lahan tengah gencar melakukan promosi potensi pariwisatanya meliputi adat, budaya, hingga keindahan alam yang dimiliki. Ketika masih awal terbentuknya provinsi ini, Gorontalo sering menjadi salah satu gerbang untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang ada di Pulau Sulawesi. Hal ini terbukti karena adanya banyak pengunjung yang memilih terbang menuju bandara di Gorontalo hanyak untuk mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Karena tak ingin menjadi penghubung saja, Gorontalo telah mempromosikan salah satu destinasi wisata andalannya yaitu Taman Laut Olele.

Hasil gambar untuk taman laut olele

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju taman laut olele

(gambar: https://traverse.id/)

Taman Laut Olele merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan pesona bawah laut yang tiada duanya. Berlokasi di Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, menemukan Taman Laut Olele bukan lah suatu perkerjaan yang susah. Pasalnya, destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo. Pastinya, kalian harus menuju ke Kota Gorontalo terlebih dahulu. Perjalanan menuju Taman Laut Olele dari Gorontalo dapat ditempuh dengan dua pilihan jalur transportasi yaitu melalui darat atau laut. Melalui jalur darat, kalian dapat menempuhnya menggunakan mobil atau sepeda motor dengan estimasi waktu sekitar 1 jam. Sedangkan jalur laut dapat kalian tempuh lebih cepat dengan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Gorontalo.Waktu yang akan kalian capai untuk sampai di Olele hanyalah sekitar 10 menit. Setelah itu, kalian dapat mengunjungi spot snorkeling atau diving di Taman Laut Olele menggunakan perahu dengan membayar Rp. 250.000 untuk tarif sewanya.

Hasil gambar untuk snorkeling menuju olele

(gambar: https://wisatagorontalo.com/)

Taman Laut Olele ini beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Karena waktu bukanya yang sangat lama, hal ini memungkinkan para wisatawan mengunjungi objek wisata ini kapan pun. Namun, kalain sangat tidak disarankan untuk datang pada malam hari karena tidak adanya sesuatu yang dapat kalian nikmati pada malam hari. Untuk tiket masuknya, kalian tidak dikenai biaya tiket masuk ke lokasi pantai ini. Bagi kalian yang tidak membawa peralatan snorkeling, kalian bisa menyewa peralatan snorkeling berupa snorkel, kaki katak, dan kacamata hanya dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 50.000. Sedangkan untuk peralatan diving, kalian bisa mendapatkannya di Kota Gorontalo dengan harga sekitar Rp. 250.000 satu setnya.

Hasil gambar untuk pantai olele

(gambar: http://budisusilo85.blogspot.com/)

Taman Laut Olele ini berada di dalam kawasan Pantai Olele. Perlu kalian ketahui, Pantai Olele ini sangat dekat dengan pemukiman warga. Meskipun dekat dengan pemukiman warga, kondisi air yang ada di pantai maupun perairannya masih sangat jernih. Bahkan, kalian dapat melihat terumbu karang dengan jelas dari tepi Pantai Olele ini. Masih terawat dan terjaganya perairan Olele ini juga merupakan hasil andil dari masyarakat yang peduli akan kelestarian lingkungan perairan di Olele. Air yang berada di Taman Laut Olele ini cukup tenang sehingga bersnorkeling atau diving di tempat ini sangat aman untuk dilakukan asalkan tetap menjaga keselamatan diri masing-masing.

Hasil gambar untuk taman laut olele goa jin

(gambar: https://ketahui.com/)

Taman Laut Olele ini masuk ke dalam bagian Teluk Tomini dimana teluk ini memiliki arus air yang cukup tenang. Perairan yang tenang ini membuat Taman Laut Olele sangat cocok digunakan untuk snorkeling atau diving bagi pemula. Tipe kedalaman karang yang berada di Taman Laut Olele ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dangkal dan dalam. Untuk yang dangkal, terumbu karang ini berada di kedalaman 0.5-1 meter. Dengan demikian, terumbu karang yang ada di perairan dangkal ini dapat kalian jumpai dengan mudahnya. Diantara banyak spot snorkeling, spot Gua Jin menjadi yang favorit bagi wisatawan karena lokasinya yang dangkal dan banyaknya ikan-ikan kecil bersilweran dengan warna-warni terumbu karang yang menghiasi.

Hasil gambar untuk taman laut olele

(gambar: https://www.inews.id/)

Spot snorkeling dan diving di Gua Jin ini nampaknya menjadi spot yang paling sering didatangi oleh para wisatawan. Tak sedikit dari mereka yang memanfaatkan momen ini untuk berfoto dengan biota laut beserta terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik. Yang membuat Gua Jin ini menjadi spot favorit adalah warna-warni terumbu karang yang begitu memanjakan mata sehingga akan memberikan sebuah pemandangan yang apik pada setiap hasil jepretan kalian. Berbeda dengan panorama bawah laut di taman laut lainnya seperti Bunaken, Togean, atau pun Benoa, jenis terumbu karang yang ada di Taman Laut Olele ini lebih bervariasi mulai dari model diding, sarang tawon, landai, hingga, dangkal. Spot Gua Jin ini juga kerap kali dijadikan sebagai tempat beristirahatnya para wisatawan karena lokasinya yang menjorok ke darat. Terdapat juga batuan yang cukup besar yang dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk sejenak melepas lelah.

Hasil gambar untuk sponge coral taman laut olele

(gambar: https://genpi.id/)

Kekayaan alam bawah laut di Taman Laut Olele ini sangat lah melimpah. Di sini, terdapat sponge coral yang hanya dapat ditemukan di perairan Laut Olele. Eksistensi dari sponge coral ini tentunya menjadi sesuatu yang dicari-cari oleh bannyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Uniknya, ada motif koral yang bentuknya menyerupai lukisan yang berjudul L’enigma del Desiderio. Lukisan tersebut merupakan hasil karya dari seorang seniman asal Spanyol. Maka dari itu, sponge coral ini lebih dikenal dengan nama Salvador Dali. Selain terumbu karangnya, biota laut seperti shrimp, saron shrimp, orangutan shrimp mudah sekali kalian temukan di Taman Laut Olele ini.

Hasil gambar untuk binte biluhuta

(gambar: https://pesona.travel/)

Berkunjung ke Gorontalo akan menjadi kurang lengkap apabila tidak mencicipi makanan khasnya. Kuliner khas Gorontalo ini dapat kalian temui dengan mudah di Kota Gorontalo. Pastikan kalian mencoba masakan khas Gorontalo ini pada saat sebelum atau sesudah mengunjungi Taman Laut Olele. Salah satu kuliner Gorontalo yang wajib kalian coba adalah binte biluhuta. Dalam bahasa Indonesia, binte biluhuta ini berarti jagung yang disiram dengan kuah. Binte biluhuta dimasak dengan mencampurkan sejumlah pipilan jagung dan sobekan ikan tuna serta parutan kelapa yang kemudian diberi bumbu garam dan perasan jeruk nipis. Kalian dapat menemui binte biluhuta ini di beberapa restoran ata warung makan yang tersebar di Gorontalo.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.