Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Air Terjun Riam Merasap, Niagara Versi Mini di Tanah Borneo
Tags : #airterjun #niagara #mini #borneo

Kalimantan Barat, provinsi yang terkenal dengan Sungai Kapuasnya yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Namun dibalik kepopuleran Sungai Kapuas ini, Kalimantan Barat masih memiliki pesona alam yang tak kalah menariknya. Salah satuyang objek wisata alam yang paling menonjol di provinsi ini adalah air terjun. Kalbar singkatan dari Kalimantan Barat memiliki banyak objek wisata alam berupa air terjun seperti Air Terjun Tikalong, Terinting, Pancur Aji Sanggau, Riam Merasap, dan lainnya. Semua air terjun tersebut indah dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Bahkan, ada satu air terjun diantara itu yang sering dijuluki sebagai versi mini dari Air Terjun Niagara. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Riam Merasap.  

Hasil gambar untuk air terjun riam merasap

(gambar: http://sitimustiani.com/)

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Air Terjun Riam Merasap ini berada di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Jarak lokasi wisata ini memang sangat jauh jika kalian berangkat dari Pontianak. Jarak antara Pontianak dengan Air Terjun Riam Merasap ini mencapai 300 km dengan estimasi waktu hingga 8 jam perjalanan. Namun, jika kalian dari Kabupaten Bengkayang, jarak yang kalian tempuh hanya sekitar 62 km. Perjalanan yang jauh ini dapat kalian tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga bisa menggunakan transportasi umum berupa bus. Dari Pontianak, pilih lah bus dengan jurusan Bengkayang yang berakhir di Sanggau Ledo. Kondisi jalan sepanjang perjalanan sudah cukup baik walaupun ketika hendak sampai, kalian akan mendapati jalan yang berlubang dan penuh dengan batuan. Luas jalan yang hanya cukup dengan 2 mobil dan masih seringnya binatang yang berkeliaran di jalanan membuat pengemudi harus berhati-hati dalam melewati jalur menuju Air Terjun Riam Merasap.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju air terjun riam merasap

(gambar: https://borneonetv.com/)

Tak seperti objek wisata alam lainnya yang kebanyakan tidak memiliki jam operasional, Air Terjun Riam Merasap ini memiliki jam operasional. Kalian dapat menikmati kesejukan dan kesegaran air di air terjun ini mulai dari jam 09.00 hingga jam 16.30 setiap harinya. Durasi buka yang cukup lama ini tentu sangat memudahkan bagi wisatawan untuk menentukan jam berkunjungnya ke Air Terjun Riam Merasap. Di samping itu, kalian juga tidak akan dikenakan tiket masuk berkunjung ke Air Terjun Riam Merasap. Bahkan, tiket parkir di lokasi wisata ini juga masih gratis.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju air terjun riam merasap

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Air Terjun Riam Merasap ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan lebar 8 meter. Yang membuat unik air terjun ini adalah curahan airnya yang berbentuk seperti tirai. Bentuk curahan airnya yang seperti tirai ini lah yang membuat Riam Merasap mendapatkan julukan Niagara versi mini. Nama Riam Meresap ini merupakan pemberian dari masyarakat setempat. Dikatakan merasap karena percikan air yang turun dari ketinggian 20 meter ini membentuk semacam kabut dan jika dilihat secara sekilas, air terjun ini seperti mengeluarkan kepulan asap. Rute mengunjungi air terjun ini memang cukup sulit, namun kalian tidak akan merasa menyesal jika sudah sampai di Air Terjun Riam Merasap. Pasalnya, pesona alam yang ditawarkan sangat lah menyejukkan mata dan hati.

Hasil gambar untuk arung jeram air terjun riam merasap

(gambar: https://jejakrocky.wordpress.com/)

Air yang mengalir di Air Terjun Riam Merasap ini sangat lah deras sehingga membuat sungai di bawahnya cocok digunakan untuk kegiatan arung jeram. Derasnya air yang mengalir membuat air terjun ini menjadi air terjun idaman para pecinta arung jeram. Bahkan, banyak atlet profesional arung jeram yang berlatih di Riam Merasap sebelum berangkat ke turnamen baik lokal maupun internasional. Selain berarung jeram, kalian juga bisa melakukan kegiatan menantang lainnya seperti rapelling. Dengan memanfaatkan tebing yang tinggi, kalian akan merasakan sensasi betapa serunya dan menantangnya menuruni permukaan tebing air terjun. Jika kalian ingin rapelling, kalian tentu akan diajari terlebih dahulu oleh ahlinya. Setelah dianggap bisa, kalian dapat langsung merasakan keseruan rapelling di Air Terjun Riam Merasap.

Hasil gambar untuk plta air terjun riam merasap

(gambar: https://www.lazone.id/)

Selain fungsinya sebagai objek wisata, Air Terjun Riam Merasap ini juga berfungsi sebagai salah satu sumber listrik untuk PLTA. Jadi aliran deras air yang mengalir akan masuk ke dalam kawasan PLTA dan diproses menjadi sebuah energi listrik dimana listrik ini yang akan menerangi kawasan sekitar Air Terjun Riam Merasap. Menariknya lagi, air terjun ini juga menjadi salah satu tempat untuk beribadah bagi umat Katolik karena lokasinya yang berada tidak jauh dengan Gua Maria. Air terjun ini menjadi ramai ketika banyak umat Katolik yang berdoa di sini menjelang datangnya Bulan Rosaria. Pemandangan alam yang begitu natural dan masih terjaga kondisinya ini membuat siapa saja yang berkunjung ke air terjun ini seperti ingin mengulanginya lagi.

Hasil gambar untuk nasi lemang pontianak

(gambar: https://www.lazone.id/)

Lokasi objek wisata Air terjun Riam Merasap ini berada jauh dari pusat kota sehingga menyebabkan minimnya fasilitas yang terdapat di air terjun ini. Kalian pun tidak dapat menemui warung-warung yang menjual makanan di sekitar ini. Apabila kalian ingin kulineran di sekitar air terjun ini, maka kalian bisa mendatangi pusat kota Bengkayang. Salah satu kuliner yang dapat kalian temui di kota ini adalah nasi lemang. Lemang merupakan makanan yang berasal dari beras ketan. Beras ketan ini dimasak dalam seruas bambu yang digulung dengan selembar daun pisang. Setelah itu, lemang dibakar dengan arang api. Aroma-aroma bakar sangat terasa pada kuliner yang satu ini. Lemang sangat cocok disantap dengan sayur mayur khas Bengkayang.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.