Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Tersembunyi Tapi Memukau, Itu Lah Gua Haji Mangku
Tags : #gua #kaltim #hajimangku

Kepulauan Derawan yang memang telah terkenal hingga ke penjuru Indonesia ini selalu menjadi andalan pariwisata di Kalimantan Timur. Para wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Derawan ini tak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun juga sering mengunjungi kepulauan yang kerap kali mendapatkan julukan sebagai maldivesnya Indonesia ini. Jika menengok pada keindahan yang dimiliki Kepulauan Derawan ini, rasanya kita sepakat bahwa Derawan memiliki pesona alam yang cukup lengkap. Hal ini dapat dilihat dari keindahan alam bawah laut beserta biota launtya, gugusan pulau menawan, hingga danau yang berisikan ubur-ubur tak menyengat. Namun, siapa sangka bahwa Kepulauan Derawan menyimpan salah satu harta karunnya yaitu berupa gua yang terletak tidak jauh dari Pulau Maratua. Gua ini bernama Gua Haji Mangku.   

Hasil gambar untuk gua haji mangku

(gambar: https://www.brilio.net/)

Hasil gambar untuk gua haji mangku

(gambar: https://journal.sociolla.com/)

Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum mengetahui eksistensi dari Gua Haji Mangku di Pulau Maratua. Popularitas gua ini memang baru naik dalam beberapa tahun terakhir karena adanya acara telivisi tentang travelling yang meliput keindahan dari gua ini. Semenjak itu, banyak sekali wisatawan yang datang dan penasaran ingin menengok seberapa indahnya Gua Haji Mangku ini. Nama gua ini diambil dari nama penemu gua yaitu Haji Mangku. Sebenarnya di Pulau Maratua terdapat beberapa gua, namun hanya Gua Haji Mangku ini lah yang aksesnya paling mudah untuk dijangkau oleh beberapa wisatawan.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju gua haji mangku

(gambar: https://journal.sociolla.com/)

Lokasi Gua Haji Mangku ini tak jauh dari bibir pantai utara Pulau Maratua atau lebih tepatnya berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju Gua Haji Mangku, terdapat dua cara yaitu melalui darat dan laut. Jika kalian mmemilih jalur darat, kalian dapat menggunakan speda motor atau mobil menuju Desa Payung-Payung. Sesampainya di Desa Payung-Payung, kalian harus berjalan selama beberapa jam untuk sampai di Gua Haji Mangku. Lalu, apabila kalian memilih jalur laut, kalain langsung bisa menyewa speed boat atau perahu nelayan. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit dari Pulau Maratua. Setibanya di pinggiran pulau ata bebatuan karang, kalian akan melanjutkan perjalanan dengan trekking sekitar 10 menit saja untuk mencapai di dekat bibir Gua Haji Mangku.

Hasil gambar untuk gua haji mangku siang hari

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Gua Haji Mangku tidak memiliki jam operasional atau dengan kata lain, gua ini buka selama 24 jam setiap minggunya. Dengan dibuka selama 24 jam, hal ini sungguh menguntungkan bagi wisatawan dalam memilih waktu mengunjungi Gua Haji Mangku. Berkunjung lah siang hari untuk mendapatkan waktu yang terbaik dari gua ini. Objek wisata ini juga sangat ramah di kantong wisatawan sebab Gua Haji Mangku tidak menarik biaya tiket masuk. Jadi yang perlu kalian persiapkan hanya lah biaya sewa perahu jika kalian memilih jalur laut sebagai alat transportasi kalian menuju ke Gua Haji Mangku.

Hasil gambar untuk gua haji mangku siang hari

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Ketika sampai di Gua Haji Mangku, kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan untuk memasukki gua. Pertama, kalian bisa loncat terjun langsung dari atas gua. Kemudian yang kedua adalah masuk dari mulut gua yang setenngahnya sudah penuh dengan air. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jam terbaik berkunjung ke Gua Haji Mangku ini adalah siang hari dimana cahaya matahari akan masuk ke dalam gua melalui sela-sela yang ada. Bahkan, sinar pancaran matahari ini dapat menembus sejauh 3 meter dalamnya.  Jenis air yang terdapat di gua ini adalah air asin karena gua ini dapat tembus langsung ke klaut.

Hasil gambar untuk freediving gua haji mangku

(gambar: https://catperku.com/)

Gua Haji Mangku ini memang paling pas dihabiskan dengan snorkeling, free-diving, atau pun cave diving. Bagi kalian yang ingin melakukan kegiatan tersebut, kalian harus membawa peralatan sebelumnya. Kalian bisa menyewanya di Pulau Maratua atau pun Pulau Derawan karena di sekitar lokasi gua tidak ada tempat yang menyewakan peraltan menyelam. Ketika sudah masuk ke dalam air gua, kalian akan dibuat takjub dengan pemandangan dalam gua yang menakjubkan. Jernihnya air dan sinar matahari yang dapat masuk ke dalam, membuat kalian dapat melihat dengan jelasnya keindahan Gua Haji Mangku. Selain itu, stalagtit dan stalagmit juga menghiasi atap-atap gua. Menyelami jernihnya air di Gua Haji Mangku tentunya akan memberikan sensasi pengalaman menyelam yang berbeda dari lainnya.

Hasil gambar untuk foto di gua haji mangku

(gambar: http://marischkaprudence.blogspot.com/)

Jika sudah berada di Gua Haji Mangku, sungguh sangat disayangkan apabila tanpa memotret setiap momen yang terjadi di sini. Di sini, kalian bisa berpose semenarik mungkin untuk mendapatkan hasil jepretan yang cantik. Mengambang di mulut goa, terjun dari tebing menuju mulut goa, dan berpose dengan stalagtit atau stalagmit adalah beberapa gaya berfoto yang bisa kalian lakukan di Gua Haji Mangku. 

Hasil gambar untuk ikan asin khas derawan

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Setelah melakukan aktivitas seru di Gua Haji Mangku, kini saatknya memuaskan isi perut. Namun, kalain tak bisa menemui warung makanan di dekat Gua Haji Mangku karena lokasi wisata ini medannya cukup sulit jadi tidak memungkinkan adanya warung makan yang berdiri. Namun, kalian tak perlu khawatir karena kalian masih bisa menemukan penjual makanan di Pulau Maratua atau pun di Derawan. Salah satu kuliner khas yang harus dicoba di Derawan adalah ikan asin. Banyak sekali warung makanan yang mejual ikan asin di sini. Rasanya yang khas dipadukan dengan sambal yang segar ditambah es kelapa muda semakin melengkapi wisata kalian di Derawan. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.