Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Walau Tak Berpenghuni, Pulau Langkadea Tetap Menarik Untuk Dikunjungi
Tags : #pulau #pantai #lautan #makassar

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika mendengar pulau tak berpenghuni? Mungkin, kebanyakan dari kalian masih memiliki stigma tentang pulau tak berpenghuni itu berarti pulau yang angker. Namun, persepsi tersebut layaknya dapat terpatahkan dengan adanya eksistensi Pulau Langkadea. Meskipun tak berpenghuni, pulau ini ternya menyimpan sejuta pesona alam yang mungkin tak bisa ditemui di destinasi wisata lainnya. Pulau Langkadea merupakan salah satu dari 120 pulau yang berada di Kepulauan Spermonde. 

Hasil gambar untuk pulau langkadea

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju pulau langkadea

(gambar: https://medium.com/)

Pulau Langkadea yang merupakan bagian dari Kepulauan Spermonde terletak di Kabupaten Pangkjene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Bagi kalian yang ingin pergi ke Pulau Langkadea, kalian perlu untuk datang ke Makassar terlebih dahulu karena Makassar adalah gerbang utama untuk menuju Pulau Langkadea. Transportasi umum yang dapat kalian gunakan adalah kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Paotere, Makassar. Dari pelabuhan ini, kalian dapat memilih diantara 2 kapal yang jam keberangkatannya tidak jauh beda. Kapal ini sudah dapat kalian temukan mulai dari jam 08.00 pagi dan berangkat menuju Pulau Langkadea pada pukul 11.30 siang. Namun, jika kalian rombongan maka kapal dapat berangkat lebih cepat. Perjalanan menggunakan kapal ini akan memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Hasil gambar untuk pulau langkadea

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Objek wisata ini tidak memiliki jam operasional, jadi kalian dapat mengunjungi Pulau Langkadea kapan pun. Biaya tiket masuk ke pulau ini juga tidak ada. Para wisatawan dapat menikmati pesona alam pulau dengan tanpa adanya biaya tiket masuk. Dana yang perlu dipersiapkan untuk mengunjungi pulau ini adalah biaya penyeberangan dari Makassar menuju ke dermaga yang ada di Pulau Langkadea.

Hasil gambar untuk pulau langkadea

(gambar: https://www.egindo.co/)

Ada satu hal yang menarik mengenai Pulau Langkadea. Pulau kecil ini dahulunya merupakan pulau yang berpenghuni. Hal ini dapat dilihat dari sisa-sisa peradaban manusia yang masih tampak di pulau. Kalian dapat menjumpai bangunan rumah dan sumur. Terdengar cerita bahwa tak berpenghuninya pulau ini diakibatkan oleh dua sebab versi yang berbeda. Versi pertama yaitu, pulau ini merupakan milik keluarga. Ketika seorang ayah atau kepala keluarga di situ meninggal, pulau ini akhirnya menjadi sengketa oleh anak-anaknya. Dan pada akhirnya ditinggalkan begitu saja. Versi keduanya adalah, adanya sengketa politik ketika pergantian bupati. Lalu, akhirnya satu per satu warga pergi meninggalkan pulau ini.

Hasil gambar untuk pulau langkadea dari atas

(gambar: https://ihategreenjello.com/)

Pulau Langkadea yang kecil ini memiliki luas hanya sekitar 3 hingga 4 kali lapangan bola. Meskipun kecil, pesona alam yang coba dihadirkan oleh Pulau Langkadea ini tak bisa dibohongi. Pasir putih yang halus dengan jernihnya air membuat Pulau Langkadea menjadi tempat wisata idaman di Sulawesi Selatan. Keindahan pulau ini semakin bertambah ketika sunset atau pun sunset telah menghampiri kalian. Pancaran warna jingga dari sang surya akan membuat hati siapa saja yang datang ke pulau ini berdecak kagum. Tak sedikit juga wisatawan yang mengabadikan sunrise atau sunset ini dengan berpose semenarik mungkin untuk mendapatkan hasil jepretan yang kekinian.

Hasil gambar untuk snorkeling di pulau langkadea

(gambar: http://sodventure.blogspot.com/)

Birunya air laut dan kejernihannya tak bisa membendung para wisatawan untuk menceburkan dirinya dan menjajal aktivitas snorkeling. Keindahan bawah laut dari Pulau Langkadea yang mencapai 2 hingga 35 meter ini dihuni oleh banyak sekali ikan-ikan laut kecil menggemaskan dan terumbu karang. Walaupun terumbu karang yang berada di perairan ini banyak yang sudah rusak, kalian masih dapat menjumpai beberapa terumbu karang yang masih dalam kondisi baik. Dengan keadaan seperti ini, diharapkan para wisatawan yang snorkeling juga berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang yang masih baik kondisinya. Jika kalian ingin bersnorkeling, bawa lah peralatan dari rumah atau kalian bisa menyewanya ketika berada di Makassar.

Hasil gambar untuk berkemahdi pulau langkadea

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Bagi kalian yang menyukai aktivitas berkemah di pantai, pulau ini adalah jawabannya. Suasana pantai yang masih sepi tanpa adanya gangguan dari mana pun dan pemandangan birunya laut menjadikan Pulau Langkadea sebagai tujuan untuk berkemah oleh para wisatawan. Membuat api unggun, memasak mie instan, menanti datangnya sunrise atau sunset, dan berenang di tepi pantai adalah kegiatan yang dapat kalian lakukan di Pulau Langkadea bersama teman-teman. Dijamin, liburan kalian akan anti mainstream dan seru banget.

Hasil gambar untuk sop konro

(gambar: https://www.ikoma.co.id/)

Fasilitas yang terdapat di Pulau Langkadea sangat lah minim. Kalian tidak bisa menenmui warung-warung yang menjual makanan. Jadi diharpkan para wisatawan membawa bekal terlebih dahulu dari Makassar. Atau mungkin bagi kalian yang ingin mencicipi kuliner khas Sulawesi Selatan, kalian bisa mencarinya di Makassar. Salah satu yang menjadi favorit ketika berkunjung ke Makassar adalah sop konro. Sop konro adalah hidangan wajib bagi masyarakat di Kota Makassar. Awalnya, sop kondro menggunakan daging dari daging kerbau, dimana saat ritual masyarakat akan memotong kerbau kemudian bagian tulang dimasak dengan bumbu sederhana.  Awal tahun 90-an, masyarakat Makassar baru mempopulerkannya dengan daging sapi. Dengan berbahan dasar iga sapi atau daging sapi, dan berbumbu kayu manis, air asam jawa, dan rempah-rempah sop ini begitu sangat menggoda jika dihidangkan dalam sebuah mangkuk di atas meja. Rasa dan aromanya begitu kuat dan memiliki citarasa tersendiri. makassar

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.