Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Narmada, Masih Eksis di Tengah Boomingnya Pantai di Lombok
Tags : #taman #ntb #lombok

Apa yang kalian pertama kali ingat jika mendengar kata Lombok? Mungkin hampir semua diantara kalian menjawabnya dengan Gili Trawangan. Benar sekali, aktivitas pariwisata di Lombok semakin meningkat dengan adanya Gili Trawangan sehingga membuat tempat wisata ini banyak dikenal oleh orang bahkan dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, Lombok juga memiliki pantai yang sangat eksotis. Namun perlu kalian ketahui juga, Lombok juga memiliki sebuah taman yang memiliki nilai historis cukup panjang. Taman ini bernama Taman Narmada. Keberadaan Taman Narmada ini dapat kalian jadikan destinasi wisata alternatif jika sekali-kali ingin menikmati Lombok dengan cara yang berbeda. 

Hasil gambar untuk taman narmada

(gambar: https://www.jalanbareng.com/)

Hasil gambar untuk taman narmada di masa lalu

(gambar: https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/)

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang didirikan pertama kali oleh raja Mataram Lombok yaitu Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman ini dibangun pada tahun 1727. Nama Narmada ini diambil dari sebuah sungai suci di India yang bernama Narmanadi. Pembangunan taman ini berawal dari seorang raja yang telah beranjak tua dimana sang raja sering melakukal ritual kurban atau pekelem di puncak Gunung Rinjani. Karena usianya yang tua, hal itu tak memungkinkan bagi sang raja untuk berjalan menuju puncak Gunung Rinjani. Lalu, sang raja memerintahkan arsitek kerajaan untuk membangun sebuah taman dengan nuansa Rinjani di tengah kota. Sejak saat itu, ritual pekelem selalu dilakukan di Taman Narmada. Ritual tersebut selalu dilakukan pada bulan purnama kelima dalam kalender Bali.

Hasil gambar untuk taman narmada di masa lalu

(gambar: https://tigynotes.wordpress.com/)

Walaupun sudah berusia ratusan tahun, Taman Narmada telah ditata ulang dengan konsep yang lebih modern. Selain itu, panorama alam sekitar juga semakin memperindah pesona Taman Narmada ini. Sejuknya udara yang dihasilkan dan bersihnya lingkungan sekitar taman membuat banyak para pengunjung yang betah menghabiskan waktu liburan mereka di Taman Narmada. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Taman Narmada memiliki bentuk yang sangat mirip dengan Gunung Rinjani. Fasilitas di taman ini juga semakin lengkap dengan adanya 3 buah kolam sebagai simbol dari Segara Anak yang juga merupakan bagian dari Gunung Rinjani.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju taman narmada

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Taman Narmada ini berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi taman ini tak jauh dari pusat Kota Mataram. Karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, menemukan taman ini tentunya bukan lah sesuatu yang sulit. Jarak yang akan kalian tempuh dari pusat Kota Matram menuju Taman Narmada adalah sekitar 13 km dengan estimasi waktu kurang lebih 30 menit. Terdapat transportasi umum yang bisa kalian gunakan untuk mencapai Taman Narmada. Yang pertama kalian dapat menggunakan taksi yang bisa kalian temui di pusat Kota Mataram. Namun, tarif taksi sedikit mahal yaitu berkisar di angka Rp. 50.000. Bagi kalian yang ingin opsi lebih murah, kalian dapat menggunakan kendaraan umum berupa bus yang bisa kalian temukan di Terminal bus Mataram.

Hasil gambar untuk perjalanan menuju taman narmada

(gambar: https://www.gadizalombok.com/)

Tarif tiket masuk ke dalam Taman Narmada sangat terjangkau. Wisatawan lokal hanya dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 4.000. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, tiket masuk yang akan dikenakan adalah Rp. 10.000. Keindahan taman Narmada ini bisa kalian kunjungi setiap harinya mulai dari jam  07.00 hingga jam 18.00 WITA. Dengan mengunjungi Taman Narmada, kalian dapat mengerti tentang sejarahnya dan melakukan berbagai aktivitas menarikdan tak terlupakan yang bisa dilakukan di dalam objek wisata ini.

Hasil gambar untuk kolam taman narmada

(gambar: https://www.pagitrans.com/)

Salah satu daya tarik dari lokasi wisata ini adalah adanya kolam dimana air dari kolam tersebut dapat memberikan efek awet muda kepada siapa saja yang membasuhkan air ke wajahnya masing-masing atau bahkan meminumnya. Kolam air ini bernama Bale Petirtaan. Air yang berada di  kolam ini berasal dari Gunung Rinjani. Kolam ini juga dipercaya sebagai tempat dimana tiga sumber air yaitu Narmada, Lingsar, dan Suranadi bertemu. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke dalam kawasan kolam, pengunjung harus menggunakan selendang kuning yang telah disediakan terlebih dahulu. Karena airnya yang dapat membuat diri kita lebih awet muda, Taman Narmada juga mendapatkan julukan sebagai  Taman Air Awet Muda.

Hasil gambar untuk tiga kolam pura narmada

(gambar: https://www.pagitrans.com/)

Taman Narmada ini juga dilengkapi dengan sebuah tempat peribadatan yaitu bernama Pura Kelasa. Pura ini merupakan salah satu pura tertua yang ada di Lombok. Lokasi pura ini berada di puncak dari sebuah Taman Narmada. Pura ini lah yang menggambarkan Taman Narmada sebagai Gunung Rinjani. Karena letaknya yang berada di ketinggian, kalian harus melewati banyak anak tangga terlebih dahulu agar sampai di Pura Kelasa. Struktur bangunan dari pura ini menyerupai punden berundak. Pura ini juga memiliki tiga mandala dengan lima tingkat halaman. Detailnya sebagai berikut:

  • Mandala halaman teratas bernama Utama yang juga menjadi sebagai inti pura
  • Madya Mandala terletak di halaman kedua berfungsi sebagai jaba tengahnya
  • Kanista Mandala berada di halaman ketiga, keempat, dan kelima, yang berfungsi sebagai jaba sisinya.

Hasil gambar untuk bale loji kolam pura narmada

Ukuran taman Narmada ini sangat luas sehingga dibutuhkan banyak waktu untuk menelusuri ke seluruh penjuru isi taman. Taman Narmada ini dipenuhi banyak pepohonan rindang sehingga jika kalian mengelilingi taman, kalian tidak akan merasa kepanasan dan kelelahan. Di taman ini, kalian dapat menemui banyak tempat menarik seperti Balai Loji dan Balai Terang. Balai Loji adalah sebuah tempat tinggal dari seorang raja. Sedangkan Balai Terang merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk tempat istirahatnya raja. Daya tarik dari kedua bangunan ini terletak pada arsitektur bangunannya yang sangat khas dan berbeda dengan yang lain.

Hasil gambar untuk berfoto di taman narmada

(gambar: https://gotripina.com/)

Jika sudah berada di Taman Narmada, sempatkan lah untuk mengabadikan momen menarik di taman ini. Bergaya lah sewajarnya karena tempat ini merupakan sebuah tempat yang suci. Jadi kalian harus menghormati para leluhur yang dulu pernah menempati taman ini. Satu lagi yang tak kalah pentingnya jika berkunjung ke taman ini adalah pakai lah pakaian yang sopan karena pada taman ini terdapat sebuah tempat ibadah yang masih berfungsi hingga sekarang.

Hasil gambar untuk plencing kangkung

(gambar: https://id.wikipedia.org/)

Setelah puas mengujungi Taman Narmada, kalian bisa mencicipi makanan khas Mataram yang begitu terkenal yaitu plecing kangkung. Kalain akan dapat dengan mudah menemui warung makanan yang menjual plecing kangkung di sekitar lokasi wisata ini. Sesuai dengan namanya, plecing kangkung ini berbahan dasarkan kangkung dengan sambal tomat yang segar. Plecing kangkung khas Lombok ini memiliki citra rasa yang berbeda dengan makanan lainnya. Plecing kangkung Lombok ini menggunakan kangkung dengan batang yang besar dan daun kangkung yang lebar. Selain itu, ketika masuk di dalam mulut, tekstur dari kangkung ini sangat lah lembut. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengincar makanan ini sebagai pilihan kuliner di Lombok.

*Harga yang tertera pada gambar dapat berubah setiap saat.