Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Bercermin Dalam Kejernihan Air Danau Labuan Cermin
Tags : #borneo #danau #labuancermin

Pesona alam Indonesia yang begitu berlimpah memang bukan lah menjadi suatu hal rahasia lagi. Telah banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang telah mengetahui betapa kayanya potensi pariwisata khususnya wisata alam yang dimiliki oleh Indonesia.  Potensi wisata alam tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu pulau di Indonesia yang sebenarnya memiliki potensi alam yang menakjubkan, namun namanya belum diketahui oleh banyak publik luas adalah Pulau Kalimantan. Di pulau ini, terdapat banyak sekali wisata alam yang mampu memukau mata. Wisata alam tersebut diantaranya adalah Danau Labuan Cermin. Sesuai dengan namanya, air danau yang ada di danau ini sangat jernih. Karena kejernihannya ini lah, air Danau Labuan Cermin ini bisa dijadikan untuk bercermin.  

Hasil gambar untuk danau labuan cermin

(gambar: https://kesatu.co/)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju danau labuan cermin

(gambar: https://travel.detik.com/)

Danau unik Labuan Cermin ini berlokasi di Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, kalian yang berasal dari luar pulau atau daerah dapat memilih rute penerbangan menuju Samarinda atau Balikpapan. Waktu yang akan kalian tempuh untuk mencapai Danau Labuan Cermin dari Bandara di Samarinda atau Balikpapan yaitu sekitar 10 jam perjalanan. Waktu yang sangat lama memang untuk mencapai ke objek wisata tersebut. Saat perjalanan menuju Danau Labuan Cermin, kalian akan melewati Taman Nasional Kuta. Perjalanan panjang kalian ini tentunya akan membuahkan hasil yang begitu memuaskan. Pasalnya, keindahan alam yang disajikan oleh Danau Labuan Cermin ini dapat memikat hati siapa saja yang berkunjung ke sini. Sesampainya di Biduk-Biduk, kalian harus melanjut perjalanan dengan trekking selama 30 menit hingga 40 menit.

Hasil gambar untuk danau labuan cermin

(gambar: https://dolanyok.com/)

Objek wisata Danau Labuan Cermin tidak memiliki jam operasional atau dengan kata lain, danau ini buka selama 24 jam setiap harinya. Selain itu, objek wisata ini juga tidak memberlakukan tiket masuk. Walaupun begitu, kalian harus tetap menyiapkan budget kalian untuk kebutuhan lainnya. Misalnya saja yaitu untuk meneyewa perahu yang akan mengantarkan kalian ke tengah danau. Tarif sewa perahu di danau ini berkisar di harga Rp. 100.000. Tentu harga tersebut akan lebih murah apabila kalian patungan bersama teman-teman rombongan.

Hasil gambar untuk danau labuan cermin

(gambar: https://pesona.travel/)

Destinasi wisata Labuan Cermin ini berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi.  Jadi air laut yang ada di sekitar danau sebelumnya merupakan air dari Danau Lauban Cermin. Air laut tersebut terperangkap terlebih dahulu di dalam danau. Kemudian, lama-kelamaan air tersebut berpindah dan mengalir ke Laut Sulawesi. Danau yang dikelilingi dengan hijaunya hutan bakau dan perbukitan ini merupakan danau yang sangat unik karena danau ini memiliki dua lapisan air. Lapisan air paling atas dari danau ini merupakan air tawar. Sedangkan, dibawahnya merupakan lapisan air yang mengandung rasa asin atau biasa disebut dengan air laut. Uniknya, kedua air yang berbeda tersebut tidak dapat bercampur. Jadi jika kalian menyelam di Danau Labuan Cermin ini, kalian akan tetap merasakan rasanya berenang di air tawar maupun air laut. Oleh karena itu, Danau Labuan Cermin juga mendapatkan julukan sebagai danau dengan dua rasa.

Hasil gambar untuk danau labuan cermin

(gambar: https://blog.airyrooms.com/)

Selain unik karena memiliki dua tipe air yang berbeda, Danau Labuan Cermin juga memiliki warna air danau yang cantik. Gradasi warna biru tua, biru muda, putih, hingga hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi danau yang terletak tak jauh dari Kepulauan Derawan ini. Tentu saja, hasil jepretan yang meilbatkan warna air danau sebagai latarnya akan memberikan hasil yang keren.

Hasil gambar untuk snorkeling di danau labuan cermin

(gambar: https://berjalanterus.com/)

Aktivitas utama yang tak boleh kalian lewatkan jika berada di Danau Labuan Cermin adalah menyelam. Di sini, kalian dapat menyewa peralat menyelam seperti snorkle, kaca mata renang, dan pelampung. Kejernihan air yang dimiliki oleh Danau Labuan Cermin ini lah yang membuat banyak sekali wisatawan yang ingin menyelam di danau ini. Saking jernihnya, kedalaman danau yang mencapai 3 meter ini dapat dilihat dengan jelas dari permukaan air danau. Saat menyelam ke danau, kalian akan dibuat takjub dengan adanya batas antara air tawar dan air laut yang semakin ketara jelas. Ikan-ikan yang berada dalam ekosistem danau juga akan semakin melengkapi keeksotisan dari Danau Labuan Cermin ini. Ikan-ikan jenis air tawar maupun air laut seperti kakap putih, ikan warna, ikan tulang dan lainnya tinggal di danau ini.

Hasil gambar untuk snorkeling di danau labuan cermin

(gambar: https://berjalanterus.com/)

Aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di sini adalah berfoto di bawah permukaan air. Air danau yang jernih ditambah adanya akar pohon yang merambat di dalam laut memastikan Danau Labuan Cermin ini memang tempat yang pas untuk mengabadikan momen liburan kalian. Dengan membawa kamera anti air atau menyewanya, mimpi kalian berpose di bawah Danau Labuan Cermin dapat terwujud. Selain bawah lautnya, pemandangan sekitar danau yaitu hutan bakau yang hijau dan bukit-bukit juga tak kalah menariknya untuk diambil gambarnya.

Hasil gambar untuk bubur ancur paddas berau

(gambar: https://www.niaga.asia/)

Puas berlibur di Danau Labuan Cermin, kini saatnya kalian pergi ke Berau untuk mencari kuliner khas Berau yang hanya ditemukan di sini. Sejatinya Berau memiliki kuliner khas yang beragam rasanya. Salah satunya yang cukup terkenal di Berau adalah bubur ancur paddas. Bubur ancur paddas ini merupakan kombinasi antara beras, santan kelapa, daun labu muda, jagung, daun kacang, hingga kelapa parut yang digoreng. Dimasak dengan rempah-rempah yang bermacam-macam jenisnya, rasa dari bubur ini sungguh lezat.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.