Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menantikan Segarnya Air Yang Turun Dari Coban Tulun
Tags : #aiarterjun #cobantalun #malang #batu

Batu memang sangat terkenal dengan beragamnya tempat wisata yang setiap harinya tak pernah sepi oleh pengunjung. Tak heran, jika Batu mendapatkan julukan sebagai kota wisatanya Jawa Timur. Objek wisata mulai dari wahana permainan, kebun bunga, museum yang unik, hingga pesona alam khas pegunungan ada semua di Kota Batu. Salah satu daya tarik pesona alam yang terdapat di Batu yaitu berupa coban atau yang biasa kita kenal dengan air terjun. Coban merupakan bahasa jawa yang memiliki air terjun dalam bahasa Indonesia. Nah, pada artikel ini yang akan dibahas adalah objek wisata Coban Talun. Coban Talun menawarkan kesegaran air jernihnya yang tanpa batas kepada semua wisatawan yang berkunjung ke sini. Air di air tejrun ini bak di surga karena kalian tidak pernah mendapati aliran air di sini berhenti dan mengalami kekeringan.

Hasil gambar untuk coban talun

(gambar: https://nahwatour.com/)

Hasil gambar untuk angkot pink batu

(gambar: https://amazingmalang.id/)

Lokasi Coban Talun ini berada di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Hanya berjarak kurang lebih 12 km dari pusat Kota Batu, Coban Talun ini cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Coban Talun ini dapat kalian akses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kedaraan umum. Apabila dari Kota Malang, kalian akan melewati rute Jalan Selecta-Cangar. Sedangkan dari arah Surabaya, kalian bisa memilih rute Mojokerto dengan melewati jalur arah Cangar-Trawas. Jika kalian lebih memilih menggunakan transportasi umum, kalian bisa langsung menuju ke Terminal Arjosari terlebih dahulu utnuk memilih angkot yang mengantarkan kalian ke Terminal Landungsari. Sesampainya di Landungsari, kalian harus berganti angkot berwarna merah muda untuk pergi ke Terminal Batu. Yang terakhir, pilih lah angkot berwarna pink juga. Angkot ini lah yang akan mengantarkan kalian sampai di depan pas gerbang masuk Coban Talun.

Hasil gambar untuk loket coban talun

(gambar: https://www.faktaindonesianews.com/)

Harga tiket masuk mengunjungi Coban Talun tidak lah mahal. Hanya dengan membayar Rp. 10.000, kalian sudah bisa menghabiskan liburan di air terjun yang menawarkan kesejukan tanpa henti. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga jam 17.00. Durasi buka yang lama dan hingga menjelang petang tentu menguntungkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Coban Talun. Mereka dapat mengatur waktunya untuk pergi ke Coban Talun.

Hasil gambar untuk coban talun

(gambar: http://www.wisatakaka.com/)

Dalam objek wisata Coban Talun ini banyak sekali yang ditawarkan. Salah satu yang menjadi primadona para wisatawan jika berkunjung di sini adalah menikmati kesegaran air Coban Talun yang mengalir deras dari ketinggian menuju sungai di bawahnya. Untuk mencapai sungai di bawah ini, para wisatawan harus menuruni jalan setapak sejauh 1 kilometer. Walaupun medannya susah susah gampang, kalian tidak akan merasa lelah karena banyak sekali pepohonan pinus rindang yang menjadi teman perjalanan kalian. Setibanya di sungai, kalian akan langsung bisa merasakan betapa segarnya air yang mengalir dari air terjun setinggi 30 meter ini. Membasuh muka bahkan berenang di sini juga menjadi aktivitas menarik yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Hasil gambar untuk coban talun

(gambar: https://tempatwisataindonesia.id/)

Jika kalian ingin mendekati ke area turunnya air dari ketinggian, maka diperlukan kehati-hatian. Batuan dengan lumut menjadi tantangan kalian jika ingin mendekati ke area air terjun. Begitu mendekat ke air terjun, rasa penat yang selama ini mengganjal akan hilang seketika di Coban Talun ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika kalian berniat untuk menceburkan diri ke dalam sungai. Pemandangan hijau yang mengelilingi dipadukan segarnya air yang ada membuat siapa saja yang berenang di air terjun ini merasa ingin berlama-lama di tempat ini.

Hasil gambar untuk coban talun

(gambar: https://samitrawisata.com/)

Tak melulu soal air terjun, kawasan Coban Talun juga diperindah dengan adanya kebun bunga. Kebun bunga dengan beragam warna-warni bunga ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Coban Talun. Karena keindahannya ini lah, tak sedikit para wisatawan yang mengabadikan momen mereka untuk bergaya semenarik mungkin di depan lensa. Bunga yang menghiasi kebun ini sangat beragam mulai dari anggrek, melati, hingga mawar ada semua di sini. Kondisi iklim yang mendukung untuk pertumbuhan bunga serta menambah keelokan dari Coban Talun menjadi alasan mengapa terdapat kebun bunga di sini. Hasil gambar untuk pagupon coban talun

(gambar: http://rubikomugglo.blogspot.com/)

Coban Talun juga menawarkan penginapan yang memungkin bagi para wisatawan menginap dan ingin merasakan sensasi malam di pegunungan. Penginapan ini bernama pagupon. Pagupon dalam bahasa Indonesia berarti rumah burung merpati. Bentuh penginapan ini memang seperti pagupon cuma ukurannya lebih besar saja. Di dalamnya, sudah tersedia kamar tidur beserta kamar mandi sama halnya dengan penginapan lainnya. Tarif menginap di pagupon ini berkisar mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 tergantung harinya.

Hasil gambar untuk rawon khas malang di coban talun

(gambar: https://amazingmalang.id/)

Tak jauh dair pagupon, terdapat warung dan kafe yang menjajakan berbagai macam menu. Salah satu menu makanan yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah rawon khas Malang. Rawon yang ada di Coban Talun ini memiliki citra rasa khas Malang yang sangat kental. Daging yang empuk, kuah panasnya, dan rasa pedas yang nendang menjadi andalan rawon di kafe ini. Menyantap rawon yang panas di tengah dinginnya cuaca di Coban Talun tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mengenyangkan isi perut kalian.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.