Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Kenawa, Tak Berpenghuni Yang Menjadi Gerbang Ke Sumbawa
Tags : #pulau #hijau #lautan #pantai

Sering kali banyak orang yang mengira bahwa Pulau Kenawa dan Kanawa itu adalah satu tempat yang sama dan perbedaan antara Kenawa dan Kanawa hanya berdasarkan sebutannya saja. Padahal kedua pulau ini sangat lah berbeda. Selain berbeda antara huruf (E) dan (A) dalam nama pulau tersebut, terdapat perbedaan lagi yang terletak pada lokasi administratif pulau tersebut berada. Pulau Kenawa berada di Nusa Tenggara Barat, sedangkan Pulau Kanawa terletak di Nusa Tenggara Timur. Nah, yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Pulau Kenawa yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau seluas 15 hektar ini merupakan pulau yang tak berpenghuni dengan garis pantai memanjang dan pasir putihnya yang begitu halus.  

Hasil gambar untuk pulau kenawa

(gambar: http://destinasiwisatamu.blogspot.com/)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju pulau kenawa

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Secara administratif, Pulau Kenawa berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Berada tak jauh dari Pulau Lombok, akses menuju ke Pulau Kenawa tidak lah terlalu susah. Jika kalian berasal dari luar daerah atau pulau, kalian bisa memilih rute penerbangan dengan tujuan Bandara Internasional Lombok Praya. Sesampainya di Bandara Lombok, kalian bisa melanjutkan perjalanan darat dengan mobil sewaan atau kendaraan umum menuju Pelabuhan Kayangan. Dari Pelabuhan Kayangan, perjalanan kalian akan berlanjut dengan menggunakan kapal. Kapal-kapal ini akan berhenti di Pelabuhan Poto Tano yang berada di Pulau Sumbawa. Kemudian di Pelabuhan Poto Tano, kalian harus berganti ke kapal yang lebih kecil dahulu untuk bisa sampai di Pulau Kenawa.

Hasil gambar untuk pulau kenawa malam hari

(gambar: https://www.natalenaputri.com/)

Destinasi wisata Pulau Kenawa ini tidak memiliki jam operasional atau dengan kata lain buka selama 24 jam. Dengan jam buka yang sangat lama, kalian bisa mendatangi Pulau Kenawa kapan pun. Bahkan, kalian bisa mendirikan di pulau ini jika ingin menghabiskan malam di Pulau Kenawa. Pengalaman berlibur kalian bisa dimulai saat siang hari atau sore datang di Pulau Kenawa dan berlanjut dengan bermalam di Pulau Kenawa. Selain itu, destinasi wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk. Jadi salah satu biaya yang perlu kalian periapkan adalah uang untuk menyeberang ke Pulau Kenawa.

Hasil gambar untuk pulau kenawa bukit

(gambar: http://beritatrans.com/)

Keindahan Pulau Kenawa ini terpancar dari bukit tunggal diselimuti tumbuhan dimana bukit ini lah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Pulau Kenawa. Para wisatawan dapat mendaki bukit ini karena tingginya yang tidak seberapa. Walaupun begitu, tetap harus diperlukan kehati-hatian dalam mendaki bukit yang ada di Pulau Kenawa. Bukit ini merupakan tempat yang pas untuk menikmati tenggelamnya sang surya di ufuk barat. Momen sunset di bukit ini lah yang akan selalu dinanti-nantikan oleh banyak wisatawan jika berkunjung di Pulau Kenawa. Hembusan angin yang semilir dengan lukisan alam yang memukau membuat siapa saja yang berkunjung terpesona oleh keindahan pulau mungil ini. Kesan damai dan tenang pun tercipta dengan sendirinya.

Hasil gambar untuk pulau kenawa bukit

(gambar: https://www.thelangkahtravel.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pulau Kenawa ini memang sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Bagi kalian yang ingin berkemah di pulau ini, maka kalian harus membawa segala peralatan berkemah dari rumah karena belum adanya persewaan alat kemah di sekitar pulau. Hampir seluruh bagian dari Pulau Kenawa ini tertutupi dengan rerumputan yang hijau dan tanah yang padat sehingga memungkinkan sekali untuk dijadikan lokasi berkemah. Berkemah di Pulau Kenawa dengan pemandangan alam yang menakjubkan tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi siapa saja yang melakukannya. Perpaduan deburan ombak dengan hembusan angin yang semilir mampu menghilangkan penat dan stres dari beban pikiran.

Hasil gambar untuk snorkeling di pulau kenawa

(gambar: https://www.flickr.com/)

Melakukan kegiatan snorkeling atau diving di Pulau Kenawa juga merupakan menjadi salah satu rekomendasi kegiatan yang wajib dicoba. Taman bawah laut yang terumbu karangnya masih terjaga keasliannya dan ikan-ikan laut yang bersliweran kesana kemari menjadi daya tarik dari wisata bawah laut di Pulau Kenawa. Jika ingin bersnorkeling atau diving, kalian harus membawa peralatannya dari tempat kalian berasal atau mencarinya di Lombok. Jangan lupa juga untuk membawa kamera anti air untuk mengabadikan keindahan alam bawah laut dari Pulau Kenawa. Berpose dengan teurmbu karang dan ikan-ikan yang menggemaskan ini akan menjadi kenangan terindah kalian selama berlibur di Pulau Kenawa.

Hasil gambar untuk snorkeling di pulau kenawa

(gambar: https://www.wego.co.id/)

Waktu terbaik mengunjungi Pulau Kenawa adalah pada saat peralihan musim antara kemarau dan penghujan. Kombinasi dua warna rumput yaitu kuning dan hijau dalam satu tempat akan sangat nampak di pulau ini. Pada saat hujan, rumput akan berubah menjadi hijau. Namun, pada saat ini juga aktivitas berlibur kalian akan terganggu. Ketika kemarau, aktivitas kalian mungkin tidak akan ada gangguan, namun warna rumput yang hijau tidak bisa kalian dapati.

Hasil gambar untuk gecok sapi

(gambar: http://dapuribuerni.blogspot.com/)

Karena Pulau Kenawa ini masih sangat minim akan fasilitas pariwisata yang mendukung, kalian tidak bisa menemui warung atau restoran makanan. Meskipun begitu, kalian masih bisa menjumpai dan menjajal banyak olahan makanan khas Pulau Sumbawa setelah atau sebelum dari Pulau Kenawa. Salah satu olahan khas Sumbawa yang perlu kalian coba adalah gecok. Gecok merupakan olahan jeroan sapi yang ditumis dengan bumbu rempah-rempah. Lalu, jeroan tersebut dicampur dengan santan dan wijen sehingga warna kuahnya berubah menjadi hitam. Rasa gecok ini semakin nendang karena adanya asam belimbing yang membuat gecok lebih terasa segar. Olahan makanan gecok ini mudah kalian temui di Sumbawa. Jadi jangan sampai tidak mencoba kuliner khas ini jika berada di Sumbawa.