Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Saloka Theme Park, Wana Wisata Terbaru Dan Terbesar di Jawa Tengah
Tags : #saloka #themepark #semarang #jateng

Berwisata menikmati hari libur bersama keluarga memang masih menjadi aktivitas menarik yang selalu dilakukan oleh banyak para wisatawan. Tempat wisata yang super lengkap akan fasilitas dan wahana permainannya seperti Dufan, Jatim Park, hingga Trans Studio Bandung merupakan opsi yang selalu diambil oleh banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga. Namun, kini pilihan tempat wisata bertema wahana permainan semakin lengkap dengan munculnya Saloka Theme Park yang ada di Kabupaten Semarang. Dengan berdirinya Saloka Theme Park ini, diharpakan bisa menjadi salah satu ikon pariwisata di Jawa Tengah bahkan di Indonesia.

Hasil gambar untuk saloka theme park

(gambar: https://pesona.travel/)

Hasil gambar untuk saloka theme park

(gambar: https://www.klook.com/)

Saloka Theme Park adalah sebuah objek wisata buatan yang paling anyar di Jawa Tengah. Tak hanya itu, taman bermain Saloka ini menjadi taman bermain terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Dengan luas yang mencapai 18 hektar, taman bermain Saloka ini memang layak menjadi taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Penamaan Saloka ini diambil dari kisah legenda Rawa Pening. Seperti yang kalian ketahui, legenda Rawa Pening merupakan sebuah cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari cerita tersebut, terdapat beberapa karakter seperti sebuah naga Baru Klinthing, Nyai Salokantara, dan lain-lain. Karakter Nyai Salokantara lah yang diangkat menjadi sebuah nama taman bermain ini.

Hasil gambar untuk zona pesisir saloka theme park

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Taman bermain yang baru saja dibuka untuk umum pada 15 Desember 2018 lalu ini berlokasi di jalan utama Semarang-Salatiga atau lebih tepatnya di Jalan Fatmawati No.154, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semaarang. Karena lokasinya yang strategis, kalian bisa mengakses wahana wisata ini dari Kota Semarang maupun Kota Solo. Dari Kota Semarang, kalian hanya menempuh jarak 40 km. Sedangkan dari Solo jarak yang ditempuh sekitar 80 km. Apabila kalian naik kendaraan pribadi, maka kalian bisa mengakses tempat ini melalui tol. Lalu keluarlah di pintu keluar tol Salatiga. Setelah itu, arahkan langsung kendaraan kalian menuju Tuntang diaman Saloka Theme Park ini terletak. Karena berada di jalur utama Semarang-Salatiga, tempat wisata ini juga dapat dijangkau dengan bus umum. Bahkan kalian bisa turun langsung di taman bermain ini.

Hasil gambar untuk loket saloka

(gambar: http://getlost.id/)

Saloka Theme Park ini bisa kalian kunjungi pada hari Senin-Jum’at dari jam 10.00-18.00. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, kalian dapat mengunjungi tempat wisata ini pada jam 10.00-20.00. Tiket masuk ke area bermain Saloka ini pun juga tergolong sangat terjangkau. Dengan harga Rp. 150.000 pada akhir pekan dan hari libur dan Rp. 120.000 pada hari biasa, kalian bisa menjajal semua wahana permainan yang tersedia tanpa perlu membayar kembali. Jadi satu tiket masuk ini dapat untuk mencoba keseluruhan wahana yang ada. Total wahana yang ada di Saloka Theme Park ini mencapai 25 wahana permainan dan dibagi ke dalam lima zona.

Hasil gambar untuk kapal jenju saloka theme park

(gambar: https://www.wisnutri.com/)

Zona pertama dari Saloka Theme Park bernama zona pesisir. Dapat kalian lihat dari namanya, tema yang diangkat oleh zona ini adalah keeksotisan daerah pantai. Dengan desain hingga detailnya yang bertemakan kawasan pesisir, suasana seperti ini lah yang mampu membuat kalian seperti berada di pantai. Di zona pesisir, terdapat beberapa wahana menarik seperti Lumbung Ilmu Galileo, replika Kapal Jenju, Arena Jejogedan, hingga Cakrawala. Salah satu yang paling populer adalah Cakrawala.

Hasil gambar untuk zona pesisir saloka theme park

(gambar: https://salokapark.com/)

Cakrawala merupakan wahana permainan berbentuk kincir raksasa yang berwarna-warni memiliki tinggi 33 meter. Dari ketinggian ini, terdapat 22 gondola yang siap mengajak kalian untuk menikmati indahnya pemandangan zona-zona permainan di Saloka Theme Park, persawahan, sederetan gunung di Jawa tengah, hingga Rawa Pening. Satu kali putaran Cakrawala dapat memakan waktu selama 15 menit.

Hasil gambar untuk resi waringin saloka theme park

(gambar: https://yaspiery.wordpress.com/)

Zona kedua yang tak kalah asyik dari zona pertama adalah zona balalantar. Zona balalantar ini mengambil konsep tema dari hijaunya belantara hutan yang ada di Indoensia. Ketika pertama kali memasuki zona ini, kalian akan langsung disambut si pohon yang ramah yaitu Resi Waringin. Seperti layaknya di hutan, kalian akan merasakan betapa sejuknya udara yang ada di zona ini karena banyaknya pepohonan yang menghasilkan oksigen. Wahana yang ada di zona ini meliputi Adu Nyali, Adu Tangkas, Safari Bocah, Kumbang Layang, Jamur Apung, hingga Agrowisata Ijo Royo-royo.

Hasil gambar untuk air bike saloka theme park

(gambar: https://rutemu.com/)

Wahana permainan di zona kedua yang paling menarik perhatian pengunjung adalah Kumbang Layang. Wahana ini berjenis air bike dengan ketinggian 4 meter. Air bike ini dapat kalian kendarai memutar 360 derajat. Setiap air bike sudah dilengkapi dengan MP3 yang terkoneksi bluetooth. Panjang lintasan wahana ini sekitar 500 meter. Dengan menjajal wahana ini, kalian mampu melihat bentangan zona Pesisir, Balalantar, dan beberapa gunung Jawa Tengah yang menjulang.

Hasil gambar untuk zona kamayayi saloka theme park

(gambar: https://salokapark.com/)

Selanjutnya ada zona kamayayi yang merupakan zona ketiga dari Saloka Theme Park. Zona ini dibuat khusus untuk anak-anak agar selalu riang dalam bermain di Saloka Theme Park. Ada 7 wahana permainan anak-anak yang bisa dimainkan, yaitu Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Tata-Titi, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko. Salah satu yang menjadi favorit pilihan anak-anak dalam bermain adalah semprat semprot.

Hasil gambar untuk semprat semprot saloka theme park

(gambar: https://www.brobali.com/)

Wahana semprat-semprot ini adalah wahana permainan air yang cara bermainnya yaitu duduk di sebuah kursi berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut selama 3 menit. Terdapat sensor di setiap patung hewan laut itu dan kalian bisa memiliki misi untuk menembakan semprotan ke arah sensor. Jika kalian berhasil mengenai sensor itu, maka kalian akan terkena semprotan air. Jadi bersiap-siaplah untuk sedikit berbasah-basahan di wahana permainan ini. Permainan Semprat-Semprot memiliki kapasitas untuk 24 orang. Wahana ini tentunya sangat cocok dilakukan bareng-bareng bersama teman dan keluarga karena keseruannya.

Hasil gambar untuk zona ararya saloka theme park

(gambar: https://www.daerahkita.com/)

Zona keempat adalah zona ararya. Zona ararya ini lah yang menjadi zona favoritnya para penyuka wahana permainan yang menantang. Di zona ini, adrenalin kalian akan meningkat berkali-kali lipat karena betapa menantangnya wahana yang tersedia. Wahana permainan tersebut diantaranya adalah Paku Bumi, Bengak Bengok, Lika-Liku, Obat Abit, dan Senggal Senggol. Semua wahana tersebut dijamin akan membuat kalian berteriak kencang di sepanjang permainan.

Hasil gambar untuk paku bumi saloka theme park

(gambar: http://jatengonline.com/)

Wahana di ararya yang paling dinanti-nanti oleh para wisatawan adalah Paku Bumi. Kalian akan merasakan sensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter, kemudian ditarik ke atas dengan kecepatan tinggi ketika menjajal wahana ini. Semakin lama kecepatannya semakin meningkat dan kalian akan merasakan sensasi itu selama 2 menit. Wahana ini dapat menampung hingga 16 orang. Selain memberikan sensasi menegangkan, wahana ini memberikan pengalaman menarik dengan memberikan pemandangan indah dari ketinggian maksimal 38 meter ini.

Hasil gambar untuk zona segara prada theme park

(gambar: http://www.wisatamantap.com/)

Dan yang terakhir yaitu zona segara prada. Pada zona ini, kalian hanya menemui sedikit wahana permainan. Salah satunya yang menjadi ikon dair zona ini adalah Gonjang Gannjing. Wahana Gonjang Ganjing atau arung jeram merupakan wahana yang akan membuat kalian berbasah-basahan. Di dalam kano yang berputar kalian akan melewati jeram sepanjang 360 meter dengan pemandangan area industrial pertambangan. Kano juga akan melewati terowongan pertambangan yang bernama terowongan Zulu. Wahana ini mampu menampung banyak wisatawan dengan kapasitas maksimal 54 orang dan masing-masing kano dapat berisi maksimal 8 orang.

Hasil gambar untuk rimba karya di saloka theme park

(gambar: https://kilaskementerian.kompas.com/)

Bagi kalian yang kelaparan tidak usah khawatir karena di 3 dari 5 zona sudah tersedia kafe yang menjualkan menu makannanya. Seperti misalnya Kafe Jenju yang ada di zona pesisir, Rimba Kafe yang ada di zona Ararya, dan Kedai Daimami yang berada di zona segara prada. Dengan mengusung konsep tema masing-masing, tempat makan ini hadir tidak akan pernah membuat kalian menyesal. Hidangan yang disajikan pun sangat bervariasi. Mulai dari hidangan nusantara hingga masakan khas mancanegara dapat kalian temukan di Saloka Theme Park. Harganya pun juga relatif terjangkau dengan kisaran Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000, kalian sudah bisa makan dengan enak dan kenyang. Jadi tunggu apalagi? Ayo ke Saloka Theme Park!

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.