Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Cubadak, Surga Bahari Yang Banyak Diminati
Tags : #surga #pulau #indah #bahari

Sumatera Barat memang sangat terkenal dengan kuliner khasnya yaitu rendang. Bahkan saking terkenalnya, rendang telah masuk ke dalam jajaran makanan terenak di dunia dalam beberapa versi. Dengan eksistensi rendang yang sudah terkenal hingga mancanegara, hal ini juga membuat nama Padang atau Sumatera Barat terangkat di mata dunia. Dibalik ketenaran rendang, nama Sumatera Barat juga populer akan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Salah satu wujud pesona alam di Sumatera Barat yang harus juga menjadi perhatian publik adalah Pulau Cubadak. Pulau Cubadak ini begitu eksotis dan menawan. Bahkan, banyak sekali yang pernah mengunjungi pulau ini memberi sebutan yaitu Raja Ampatnya orang Minang. Selain Raja Ampat, sebutan “The Paradise of South” juga tersematkan pada pulau ini.

Hasil gambar untuk pulau cubadak

(gambar: https://www.booking.com/)

Hasil gambar untuk perjalanan menuju pulau cubadak

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Pulau Cubadak ini berada dalam satu kawasan dengan Kepulauan Mandeh atau secara lengkapnya, Pulau Cubadak ini berada di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lokasi pulau ini memang jauh dari pusat kota Padang maupun Bukittinggi. Jika kalian berasal dari luar Sumatera Barat, kalian bisa memilih penerbangan dengan rute Bandara Minangkabau di Padang. Setibanya di bandara, kalian bisa melanjutkan perjalan menggunkaan kendaraan umum atau pun menyewa mobil. Rute yang akan kalian lalui untuk menuju Pulau Cubadak yaitu Jalan Lintas Barat Sumatera dan berakhir di Pantai Carocok, Kota Painan. Sedangkan jarak dari Bandara Minangkabau menuju Pantai Carocok ini yaitu sekitar 27 km dengan estimasi waktu kurang lebih 2 jam 30 menit. Setibanya di Pantai Carocok, kalian harus menyewa speedboat dnegan tarif Rp. 150.000 sekali jalannya. Harga ini tentu bisa dibagi dengan penumpang lainnya sehingga masih mudah untuk dijangkau. Dari pantai menuju Pulau Cubadak hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Hasil gambar untuk resort di pulau cubadak

(gambar: https://www.tripadvisor.com/)

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Pulau Cubadak, kalian bisa menikmati pulau ini selama 24 jam. Namun, jika ingin bermalam di pulau ini, kalian disarankan untuk menginap di resort yang sudah tersedia di dalam pulau. Pulau Cubadak ini juga tidak menerapkan tarif masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Meskipun destinasi wisata ini gratis, kalian harus tetap menyiapkan budget kalian terlebih untuk ongkos transportasi menuju Pulau Cubadak.

Hasil gambar untuk resort di pulau cubadak

(gambar: https://phinemo.com/)

Terletak di 24 mill dari laut lepas Pantai Padang, Pulau Cubadak menempati di lahan seluas sekitar 5.749 km persegi dan ketinggian 0-1000 mdpl. Pulau kecil ini masih snagat alami karena wisatawan yang berkunjung ke pulau ini masih belum terlalu banyak. Nama cubadak pada pulau ini mengacu pada bahasa minang yang berarti nangka.  Dahulunya, pulau ini pulau yang tak berpenghuni dan hanya menjadi tempat singgah nelayan yang melaut. Hal ini lah yang juga membuat Pulau Cubadak masih sangat terjaga kealamiannya. Namun, saat ini sebagian Pulau Cubadak telah dikelola oleh pihak asing dan dibangun juga resort untuk menunjang fasilitas berlibur di Pulau Cubadak.

Hasil gambar untuk pulau cubadak

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Terletak di Samudera Hindia, Pulau Cubadak ini menjadi pemisah antara pantai barat Sumatera dan Kepulauan Mentawai. Suhu air yang ada di laut pulau cukup stabil yaitu antara 29-30 derajat celcius. Dengan demikian, kandungan nutrisi yang ada mampu membuat berbagai macam hayati berkembang sehingga ekosistem yang sehat dan baik tercipta di bawah laut Pulau Cubadak. Terciptanya ekosistem yang baik ini tak memungkiri bahwa menyelam di laut Pulau Cubadak menjadi aktivitas yang harus dilakukan. Arus yang ringan dan kondisi cuaca yang relatif stabil sepanjang tahun mejadikan pulau ini sebagai tempat yang pas bagi pemula jika ingin snorkeling atau diving. Kalian dapat menyewa peralatan snorkeling atau diving di sekitar pulau ini jika kalian tak membawa peralatannya dari rumah.

Hasil gambar untuk snorkeling pulau cubadak

(gambar: https://phinemo.com/)

Saat snorkeling, kalian akan disajikan panorama bawah laut yang sangat memukau mata. Berbagai spesies terumbu karang dan ikan dapat kalian jumpai di bawah laut Pulau Cubadak. Sebagian besar spesies ikan karang tropis dapat dilihat di sini, mulai dari ikan kerapu hingga ikan penyengat,ikan badut, bibir manis oriental, trevallies, barakuda, dan lain-lainnya. Jangan lupa untuk mengabdaikan momen menyelam di perairan Pulau Cubadak dengan berfoto bersama terumbu karang dan ikan-ikan kecil lainnya.

Hasil gambar untuk sunset di pulau cubadak

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Selain menyelam, para wisatawan di sini bisa mengeksplor setiap sudut dari Pulau Cubadak. Berjalan menyusuri garis pantai dengan hamparan pasir putihnya yang lembut tentu akan menjadi aktivitas menarik. Suasana teduh tercipta dengan sendirinya di pulau ini karena pulau ini ditumbuhi banyak pepohonan yang rindang. Setelah menyusuri pulau, kalian bisa menikmati keindahan Pulau Cubadak ini dengan menanti datangnya sunset. Panorama langit yang berubah menjadi jingga dengan hamparan laut biru yang luas dan berdiri di atas pasir putih yang halus semakin membuat kalian jatuh cinta berkunjung di pulau mungil ini.

Hasil gambar untuk pinukuik

(gambar: https://cookpad.com/)

Setelah puas berlibur di Pulau Cubadak, kini saatnya kalian untuk memanjakan isi perut. Karena di pulau ini sudah berdiri resort, tentu saja kalian bisa dengan mudah menemukan restoran di Pulau Cubadak. Namun, apabila kalian ingin menjajal makanan khas Sumatera Barat, kalian bisa berkunjung di Kabupaten Pesisir Selatan yang letaknya tak jauh dari Pulau Cubadak. Kuliner khas Pesisir Selatan yang patut kalian coba adalah pinukuik. Sekilas pinukuik ini mirip dengan pancake. Berbeda dengan pancake, pinukuik ini dimasak secara tradisional dengan bahan utamanya yaitu tepung beras, tapai, gula, dan vanili. Rasa manis dan gurih dari kue ini sangat cocok disantap bersamaan dengan teh manis atau kopi di pagi hari.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.