Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kepulauan Mentawai, Wisata Kepulauan Serba Lengkap di Tanah Minang
Tags : #mentawai #bahari #sumbar #minang

Pernahkah kalian mengunjungi Sumatera Barat dan eksplor kekayaan alamnya? Jika belum, maka ada satu alternatif wisata yang patut menjadi daftar berlibur kalian di Sumatera Barat. Tak hanya kekayaan alamnya yang dapat kalian nikmati, kalian juga bisa mempelajari kebiasaan suku asli tempat ini beserta dengan kebudayaan dan adat istiadanya. Penjelasan secara singkat di atas merujuk pada tempat di Sumatera Barat yang bernama Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai ini menyuguhkan kalian berupa gugusan pulau eksotis dengan gelombang ombak menantang yang kerap kali menjadi idaman para wisatawan yang hobi dengan surfing. Bahkan, ombak yang ada di Mentawai menjadi salah satu ombak terbaik di dunia. Tak heran, jika kompetisi selancar level nasional maupun internasional konsisten dihelat di pulau ini.

Hasil gambar untuk kepulauan mentawai

(gambar: https://www.liputan6.com/)

Hasil gambar untuk perjalanan ke kepulauan mentawai

(gambar: https://www.kelambit.com/)

Gugusan Kepulauan Mentawai ini terletak di sebelah barat daya dari Kota Padang atau secara cecara administratifnya, Kepulauan Mentawai berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Mengunjungi Kepulauan Mentawai bukan lah perkara yang susah. Yang utama, jika kalian dari luar daerah, maka kalian perlu untuk melakukan penerbangan terlebih dahulu menuju Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Sesampainya di Bandara Minangkabau, kalian harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Teluk Bayur. Perjalanan dari bandara menuju pelabuhan akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 32 km. Dari pelabuhan ini, kalian bisa mengakses Kepulauan Mentawai menggunakan kapal cepat atau pun kapal laut. Jika menggunakan kapal cepat, otomatis waktu tiba kalian di Kepulauan Mentawai akan lebih cepat. Sebaliknya, kalian akan menempuh waktu yang lebih lama jika menggunakan kapal laut. Bahkan, waktu sampainya bisa mencapai 12 jam. 

Hasil gambar untuk resor di kepulauan mentawai

(gambar: https://polisitidur.com/)

Sama seperti objek wisata alam lainnya, Kepulauan Mentawai ini tidak memiliki jam operasional alias buka selama 24 jam. Dengan jam buka yang tiada henti, wisatawan bisa mengatur waktunya dengan mudah jika ingin berkunjung ke Kepulauan Mentawai. Karena di beberapa pulau Kepulauan Mentawai sudah dilengkapi dengan fasilitas menginap,  jadi kalian bisa menikmat indahnya malam di Mentawai dengan bermalam di resort atau penginapan yang berada di Mentawai. Deburan ombak dan angin malam khas pantai yang terasa syahdu mampu menghipnotis banyak perasaan wisatawan.

Hasil gambar untuk selancar di kepulauan mentawai

(gambar: https://pesona.travel/)

Kepulauan Mentawai ini memang sangat terkenal dengan pesoana pantainya yang selalu menghadirkan ombak-ombak besar nan menantang. Tentu saja, wisatawan yang hobi dengan surfing sangat berkeinginan sekali menjajal menantangnya ombak dari Mentawai. Tercatat, ada kurang lebih 40 titik surfing yang kerap kali menjadi jujukan oleh para peselancar. Dengan ombak yang tipenya sangat beragam, berselancar di kepulauan ini semakin digandrungi oleh banyak wisatawan. Salah satu tipe ombak yang paling dinanti-nanti di Kepulauan Mentawai adalah tipe sucide. Tipe ombak seperti ini tingginya bisa mencapai 4 hingga 7 meter. Untuk menikmati ombak seperti ini, kalian harus menaiki kapal terlebih dahulu agar sampai di titik yang pas. Berdiri secara stabil di tengah gulungan ombak yang menantang membuat siapa saja yang berselancar akan ketagihan lagi.

Hasil gambar untuk snorkeling di selat bunga laut

(gambar: https://darilaut.id/)

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh Kepulauan Mentawai adalah keindahan alam bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Hal ini lah yang membuat banyak wisatawan merasa gatal jika tidak bersnorkeling atau diving di Kepulauan Mentawai. Bagi kalian yang ingin snorkeling atau diving, kalian bisa menghubungi pengelola pantai atau pulau untuk menyewa kapal dan peralatan diving atau snorkeling sehingga kalian tidak perlu membawanya dari rumah. Selain menawarkan keaslian terumbu karangnya, ikan-ikan perairan Mentawai yang menggemaskan juga bersliweran dan bakalan menemani kalian ketika snorkeling atau diving. Untuk menjaga selalu ekosistemnya, Kepulauan Mentawai ini juga memiliki wisata perairan Selat Bunga Laut.

Hasil gambar untuk seni tari burung mentawai

(gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/)

Selagi mencari spot diving dan surfing, kalian juga bisa melakukan kegiatan island hoping. Perlu kalian ketahui, Kepulauan Mentawai ini terdiri dari banyak pulau seperti Pulau Siberut, Tanahbala, Sipura, Pagai Utara, dan Pagai Selatan. Di pulau-pulau tersebut lah, kalian bisa menikmati indahnya panorama alam yang tersaji. Tak hanya alam yang eksotis, berkunjung ke pulau yang menjadi rumah asli dari Suku Mentawai tentu dapat membuka kacamata kalian tentang Kepulauan Mentawai. Coba lah berinteraksi dengan masyarakat asli Mentawai untuk memahami karakteristik adat dan budaya yang dimiliki oleh suku ini. Fakta menarik yang bisa kalian temukan dari masarakat Mentawai yaitu mereka memiliki sebuah sistem kepercayaannya sendiri bernama Arat Sabulungan. Salah dua budaya yang masih tetap dilestarikan oleh masyarakat Mentawai adalah seni Tari Burung dan seni tato tradisional. Oleh karena itu, kalian akan menjumpai banyak masyarakat asli yang memiliki tato otentik khas Mentawai.

Hasil gambar untuk kapurut sagu

(gambar: https://pesona.travel/)

Berlibur sekalian mencicipi kuliner khas dari daerah merupakan suatu paket berlibur komplit yang tak bisa dipisahkan. Hampir semua wisatawan yang selesai berlibur, mereka akan mencari oleh-oleh atau kuliner khas daerah yang dikunjungi. Hal itu juga berlaku untuk Kepulauan Mentawai. Di Mentawai, kalian juga dapat menjumpai kuliner khas yang rasanya tak kalah enaknya dari kuliner daerah lainnya. Kuliner di Mentawai yang wajib kalian coba adalah kapurut. Kapurut merupakan olahan makanan yang terbuat dari tepung sagu. Beda dengan tepung sagu lainnya, tepung sagu yang digunakan untuk kapurut ini tidak menambahkan bahan campur lainnya. Selain disantap secara langsung, kapurut ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Walaupun rasanya manis dan gurih,nama kapurut ini belum terlalu terkenal jika dibanding dengan kuliner daerah lainnya. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata daerah setempat mengadakan festival yang mempromosikan kapurut ini.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.