Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Surabaya North Quay, Nuansa Pelabuhan Dikemas Dengan Gaya Modern Kekinian
Tags : #snq #tanjungperak #pelabuhan #kekinian

Kota Surabaya atau orang-orang biasa menyebutnya dengan Kota Pahlawan merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Timur. Surabaya yang juga menyandang predikat sebagai kota terbesar nomor 2 setelah Jakarta ini jauh lebih banyak kita kenal dengan kota yang sarat dengan sejarahnya. Sebutan ini memang layak disematkan kepada Surabaya. Hal ini lah yang menyebabkan minimnya destinasi wisata yang ada di Surabaya. Bahkan, warga Surabaya sendiri pun menyadari jika Surabaya memiliki sedikit sekali destinasi wisata. Dengan latar belakang ini, Pelindo III mempunyai inisiatif untuk membuka salah satu gedungnya yang ada di Tanjung Perak sebagai keperluan wisata. Gedung yang dipilih oleh Pelindo III sebagai objek wisata yaitu terminal bagi kapal pesiar yang berlabuh di Surabaya. Lantai 2 dan 3 pada gedung ini lah yang dibuka untuk wisata umum dengan nama Surabaya North Quay.

Hasil gambar untuk surabaya north quay

(gambar: https://womantalk.com/)

Hasil gambar untuk suroboyo bus hd

(gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/)

Surabaya North Quay atau yang biasa disebut dengan SNQ ini berlokasi di Perak Utara, Cantian, Surabaya. Lokasinya yang strategis membuat SNQ ini sangat lah mudah untuk ditemukan. Jaraknya pun cukup dekat dengan Stasiun Pasarturi dan Gubeng yaitu 11 km dan 12 km sehingga membuat wisatawan dari luar daerah bisa dengan langsung berkunjung ke SNQ. Kalian bisa pergi mengunjungi SNQ dengan menggunakan transportasi umum yang ada seperti bus umum, angkutan umum, ojek, atau taksi. Menariknya, kalian juga bisa menjajal Suroboyo Bus dimana cara membayarnya menggunakan botol bekas. Unik, kan? Jadi, kalian harus membawa botol air mineral 1 litter sebanyak 5 buah. Lalu, botol kalian itu akan ditukar dengan stiker yang jumlahnya ada 20. Setiap melakukan perjalanan, maka stiker kalian akan diambil satu.

Hasil gambar untuk loket surabaya north quay

(gambar: https://ahstravelling.com/)

Surabaya North Quay buka setiap hari Selasa hingga hari Minggu mulai dari jam 11.00-21.00 WIB. Dengan durasi buka yang cukup lama ini tentu memudahkan para wisatawan untuk memilih waktu berkunjungnya ke SNQ. Tiket masuk ke objek wisata ini pun cukup terjangkau. Dengan membayar Rp. 10.000 untuk tiket masuknya, kalian sudah dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh SNQ. Selain tiket masuk, kalian juga akan membayar tiket masuk gerbang pelabuhan sebesar Rp. 5.000.

Hasil gambar untuk surabaya north quay

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Sama halnya dengan objek wisata lainnya, SNQ ini diciptakan se-instagramable mungkin guna menarik perhatian para pengunjung. Terdapat banyak spot foto yang bisa kalian maksimalkan untuk bergaya di sini. Lokasi foto yang selalu menjadi favorit para wisatawan yaitu berada di tulisan Surabaya North Quay. Selain, spot foto yang instagramable, pemandangan sekitar dari SNQ ini juga patut menjadi daya tarik dari SNQ. Jembatan Suramadu yang membentang sepanjang Surabaya-Madura dan kapal-kapal nelayan hingga kapal pesiar yang mewah selalu menjadi sajian istimewa yang bisa kalian temukan di SNQ.

Hasil gambar untuk tempat duduk di surabaya north quay

(gambar: https://www.surabayarek.com/)

Surabaya North Quay ini menempati lantai 2 dan 3 dari gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara. Ketika memasuki gedung Terminal Gapura Surya, persepsi kalian tentang pelabuhan yang selalu kotor dan lembab akan terpatahkan di tempat ini. Seluruh sudut ruangan yang tertatap rapi dan bersih menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Tak heran jika Terminal Gapura Surya Nusantara ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung. Perlu kalian ketahui juga bahwa gapura ini merupakan pelabuhan pertama di Indonesia yang memiliki 2 Garbarata. Garbarata ini lah yang akan menjadi penghubung antara terminal dengan kapal. Terminal ini didesain dengan gaya yang modern dengan AC super dingin. Ruang tunggunya pun dilengkapi dengan sofa yang sangat empuk sehingga membuat siapa saja yang berkunjung akan betah berlama-lama di sini.

Hasil gambar untuk surabaya north quay lantai 3

(gambar: https://phinemo.com/)

Lokasi favorit pengunjung jika berada di Surabaya North Quay adalah di rooftop serambi luar lantai 3. Jelas saja, pemandangan berupa laut lepas Selat Madura dan kapal-kapal yang berlayar menjadi suguhan yang tak boleh kalian lewatkan. Banyaknya kapal-kapal yang berlayar maupun bersandar seperti kapal nelayan, kapal barang, hingga kapal ferry semakin memperjelas jika Pelabuhan Tanjung Perak ini menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. Di rooftop ini, kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti berfoto dengan memanfaatkan latar belakang yang unik, bersantai di atas rooftop, hingga menyaksikan langit senja yang penuh dengan pesonanya ini. Jika berkunjung pada hari Rabu dan Sabtu, kalian juga akan disugughkan pagelaran live music yang biasanya dimulai pada jam 17.00. Genre musik yang dipentaskan pada live music pun bermacam-macam sehingga menciptakan suasana yang berbeda dari tempat lainnya.

Hasil gambar untuk tempat makan di surabaya north quay

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Selain rooftopnya, kalian juga bisa menemukan banyak sekali booth penjual makanan. Jenis makanannya pun juga bervariasi. Kuliner tradisional seperti lontong balap, tahu campur, seblak, rujak dan makanan khas negeri barat hingga oritental semua dapat kalian temukan di lantai 3 ini. Harga hidangan yang ada pun cukup terjangkau. Bahkan, kalain masih bisa menemukan makanan dengan harga Rp. 10.000. Tak hanya makanannya yang menjadi highlight dari food court ini, design interior dari food courtnya sendiri juga patut kalian nikmati keindahannya. Dihiasi dengan lampu-lampu cantik dan kerajinan tradisional lainnya semakin membuat tempat ini lebih menarik lagi.

Hasil gambar untuk produk ukm di surabaya north quay

(gambar: https://www.lensaindonesia.com/)

Berbeda dengan lantai 3, pada lantai 2 kalian bisa menemukan berbagai produk UKM seperti kain batik, kerajinan tangan, boneka, tas, aksesoris, dan lainnya. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau bagi berbagai kalangan. Jadi selain berburu foto dan kuliner yang sangat menggiurkan, di Surabaya North Quay, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai macam hasil industri kreatif yang ditampung pada produk UKM di lantai dua SNQ. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan hunting barang kesukaanmu di sini ya!

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.