Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Situs Warungboto, Lagi! Spot Foto Instagramable Keren di Jogja
Tags : #istana #kerajaan #keraton #jogja

Mengunjungi Jogja selalu membuat siapa saja yang pernah datang ingin mengulanginya kembali. Kotanya yang penuh dengan cerita sejarah, suasana romantis, warganya yang ramah dan masih memegang teguh adat dan budaya, hingga panorama alamnya yang mempesona menjadi alasan mengapa Jogja ini teramat istimewa di hati banyak orang. Tak heran Jogja akan selalu dipadati oleh para pelancong dari luar kota bahkan luar negeri pada saat musim liburan tiba. Lengkapnya berbagai pilihan wisata serta suasananya yang nyaman membuat Jogja selalu menjadi destinasi utama dalam berlibur. Jadi tak pelru pusing lagi untuk memilih objek wisata yang ada di Jogja. Salah satu objek wisata yang kini namanya mulai naik daun yaitu Situs Warungboto.

Foto, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Yogyakarta

(gambar: https://www.datawisata.com/)

Pemprov DIY Anggarkan Subsidi Pengelolaan Trans Jogja Rp112 Miliar ...

(gambar: https://joss.co.id/)

Objek Wisata Situs Warungboto ini berada di Jalan Veteran No. 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Menemukan lokasi wisata Situs Warungboto ini bukanlah hal yang susah. Dari pusat Kota Yogyakarta saja, kalian hanya menempuh jarak sekitar 4 km saja. Selain itu, objek wisata ini berdekatan dengan kebun binatang yang sangat terkenal di Jogja yaitu Gembira Loka. Terdapat beberapa transportasi umum yang bisa mengantarkan kalian ke lokasi wisata seperti becak, bus Trans Jogja maupun ojek online. Jika menggunakan bus Trans Jogja, kalian bisa memilih bus dengan jurusan Gembira Loka. Lalu turun lah di halte yang ada di Jalan Kusumanegara. Dari Kusumanegara, lokasi Warungboto sudah tak jauh lagi. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Warungboto menggunakan jasa ojek online.

Tempat Instagramable Baru di Yogyakarta : Pesanggrahan ...

(gambar: https://pashatama.com/)

Situs Warungboto ini memiliki jam operasional yaitu buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk tiket masuk, pengelola Warungboto ini tidak memberlakukan tiket masuk. Jadi untuk berkunjung ke situs ini, kalian terbebaskan dari biaya tiket masuk. Bagi yang membawa kendaraan, kalian perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan.

Warungboto, Tempat Foto Pre Wedding Kahiyang Ayu Di Yogyakarta ...

(gambar: https://womantalk.com/)

Awalnya, Situs Warungboto ini merupakan puing-puing yang tak beraturan bentuknya. Melihat kondisinya yang terlihat tak terawat, Balai pelestarian Cagar Budaya (BPCB) melakukan renovasi dan mulai menata situs ini secra rapi pada tahun 2016 silam. Dengan dilakukannya renovasi dan perawatan yang baik, Situs Warungboto kini menjelma menjadi salah satu objek wisata favorit yang ada di Jogja. Nama asli dari situs ini adalah Pesanggrahan Rejawinangun. Disebut pesanggrahan karena tempat ini dahulunya memang menjadi tempat singgahnya eluarga kraton. Di dalam situs ini, terdapat taman beserta pemandian. Menariknya setelah direnovasi, objek wisata ini menjadi lokasi foto pre-wedding putri Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu.

Warungboto Yogyakarta - Wisata Warungboto Jogja - Neo Limas Trans

(gambar: https://neolimastrans.com/)

Jika menengok sejarahnya Warungboto di masa lalu, situs ini merupakan sebuah petilasan yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1785. Karena belum rampung, pembangunan ini akhirnya diwariskan kepada Sultan Hamengkubuwono II. Situs ini merupakan tempat pemandian keluarga keraton. Situs Warungboto ini menjadi kolam pemandian kerajaan karena terdapat sumber mata air di lokasi ini. Selain fungsi dahulunya, objek wisata ini juga menairk apabila dinilai dari keindahan dari segi arsitekturnya. Adanya taman dan kolam pada situs ini semakin mempercantik Situs Warungboto.

SITUS WARUNG BOTO: SITUS MENARIK INI MIRIP TAMANSARI

(gambar: https://www.tuguwisata.com/)

Situs Warungboto ini menerapkan gaya arsitektur yang megah dan indah. Namun kemegahan bangunan ini tak terlihat apabila dipandang dari luar. Dari sisi luar, kalian hanya mendapati bangunan lama dengan tembok yang mengelilinginya. Meskipun dari luar objek wisata ini kurang menarik, kalian akan dibuat tertegun akan megahnya keindahan arsitektur ketika memasuki ke dalam bangunan situs Warungboto. Di dalam bangunan ini, kalian akan mendapati struktur bangunan dengan lorong, pintu dan jendela dengan aksen lengkung yang terletak pada bagian atasnya. Kolam yang terisi air dengan pancuran yang menyemburkan air ini juga mempercantik sisi dalam dari Situs Warungboto. Kalaupun tidak ada air pada kolamnya, objek wisata ini masih layak untuk dikagumi.

Cagar Budaya Situs Warung Boto, Yogyakarta - Backpacker Jakarta

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Tentu saja, hal yang dicari oleh banyak pengunjung jika mendatangi Situs Warungboto ini adalah berfoto. Destinasi wisata ini memang sangat instagramable dengan elemen-elemen yang terpampang jelas pada setiap sudutnya. Tempat megah ini memang cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto atau pun pre-wedding. Spot foto utama dari Situs Warungboto adalah pada taman yang berada dikelilingi oleh tembok-tembok kamar. Tak ketinggalan juga, latar belakang pintu masuk dengan bagian lengkung di atasnya juga bisa menjadi pemanis ketika berfoto di Warungboto ini. Selain itu, lorong-lorong yang berjejeran juga menjadi lokasi favorit di Warungboto. Cahaya yang dapat menembus lorong semakin menambah keindahan dari Warungboto.

Menilik Gudeg Pawon Yang Antriannya Selalu Panjang | Good News ...

(gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/)

Bagi kalian yang ingin kulineran di sekitar Warungboto, kalian bisa mencoba warung makan yang sangan ikonik di Jogja. Tempat makan ini bernama Gudeg Pawon. Seperti yang kalian ketahui, Jogja sangat lah terkenal dengan kuliner khasnya berupa gudeg. Berbeda dengan warung gudeg lainnya, Gudeg Pawon ini cukup unik karena para pembeli harus memasuki pawon atau dalam bahasa Indonesia berarti dapur terlebih dahulu untuk memesan sebuah nasi gudeg. Gudeg Pawon mulai buka jam 22.00. Walaupun bukanya masih jam 10 malam, antrian sudah ada sejak jam 8 bahkan jam 7 malam. Satu lagi yang membedakan gudeg ini dengan gudeg lainnya yaitu gudeg yang ada di Gudeg Pawon ini disajikan basah berkuah. Isian gudegnya masih sama dengan gudeg lainnya yaitu nangka muda, telu ayam, suwiran ayam, dan bisa tambah potongan ayam. Perpaduan antara suasana, tempat, dan citra rasanya membuat Gudeg Pawon selalu ramai didatangi pelanggan setianya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.