Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Bukit Fatukopa, Pesona Gundukan Hijau Pukau Mata Wisatawan
Tags : #hijau #bukit #fatukopa #pesona

Bukit Fatukopa, mungkin banyak diantara kalian yang masih asing dengan nama bukit ini. Popularitas bukit ini pun juga kalah dengan Bukit Wairinding yang ada di NTB. Meskipun begitu, keindahan panorama alam yang disajikan oleh Bukit Fatukopa ini tak boleh dipandang sebelah mata. Bukit karang yang kerap kali dianggap mistis oleh masyarakat setempat ini dihiasi dengan vegetasi khas hutan hujan tropis. Maka tak heran apabila kalian akan menemui banyak pepohonan yang rindang. Nama Bukit Fatukopa ini diambil dari bahasa Dawan yang merupakan bahasa asli Timor Tengah Selatan yang berarti batu kapal. Penamaan bukit ini tentu ada dasarnya. Bukit karang Fatukopa ini akan terlihat seperti kapal apabila dipandang dari kejauhan.

Menelusuri Kota Soe, 'The Freezing City' di Pulau Timor yang ...

(gambar: https://www.qupas.id/)

AN ABSURD JOURNEY: Menjejak Timor Tengah Selatan (Bag.2): Nyanyi ...

(gambar: http://www.ujungmimpi.com/)

Lokasi Bukit Fatukopa ini berada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Jika kalian berasal dari luar daerah dan ingin berkunjung ke Bukit Fatukopa, maka kalian harus melakukan penerbangan terlebih dahulu ke Bandara El Tari, Kupang. Dari bandara ini, jarak menuju Bukit Fatukopa mencapai 175 km dengan estimasi waktu 4 jam lebih 30 menit. Untuk akses kendaraan, kalian harus menggunakan kendaraan sewa karena tidak adanya transportasi umum menuju Bukit Fatukopa. Selama di perjalanan, mata kalian akan dimanjakan dengan bentangan alam NTT yang sungguh mempesona. Kalian pun juga bisa berhenti sejenak di Jembatan Noelmina dan Puncak Siso yang ada di Kota Soe untuk berfoto ria.

Fatukopa Instagram posts (photos and videos) - Picuki.com

(gambar: https://www.picuki.com/)

Sama halnya seperti objek wisata alam lainnya, Bukit Fatukopa ini tidak memiliki jam buka resmi atau dengan kata lain bukit ini buka selama 24 jam. Dengan demikian, para wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini kapan pun. Selain itu, wisatawan juga bisa mengatur waktu berkunjung ke Bukit Fatukopa dengan mudah. Walaupun begitu, kalian tetap diharapkan untuk mengunjungi bukit ini pada saat hari masih cerah karena pada saat malam, kalian tak bisa menemui pemandangan yang indah. Selain itu, minimnya penerangan juga menjadi alasan mengapa untuk tidak mengunjungi Bukit Fatukopa.

Legenda Bukit Batu Fatukopa

(gambar: https://jungleghost.org/)

Bukit Fatukopa ini merupakan sebuah bukit karang dengan vegetasi khas hutan hujan tropis yang menjadi ekosistem di sekelilingnyaa. Medan menuju lokasi bukit ini sangat lah susah sehingga mengakibatkan sedikitnya orang yang berkunjung ke bukit karang. Bahkan, yang hanya bisa mendekati bukit keramat ini adaalah tetua adat dan itu hanya pada saat keperluan upacara adat. Lokasinya tak hanya susah untuk dicapai, Bukit Fatukopa ini juga rawan akan bencana tanah longsor. Hampir setiap tahun, kalian akan mendapati pemandangan reruntuhan tanah putih. Karena masih sangat terjamah oleh manusia, kondisi alam sekitar Bukit Fakutapa masih sangat terjaga.

Bukit Fatukopa Surganya Para Pencinta Alam - NTT Bangkit Wisata

(gambar: https://nttbangkit.com/)

Menurut cerita masyarakat setempat, Bukit Fatukopa ini merupakan tempat keramat dan sangat sakral. Saking keramatnya, tak sembarang orang yang boleh dan bisa mendaki ke Bukit Fatukopa. Untuk mencapai bukit ini, kalian harus meminta izin dari tetua adat terlebih dahulu. Setelah mendapatkan izin, maka kalian baru diperbolehkan untuk mendaki Bukit Fatukopa. Ketika melakukan pendakian ke bukit ini, kalian akan menemui jurang yang sangat dalam dimana jurang itu konon menjadi belahan palung dari bukit tersebut. Dan, terdapat ular yang sangat besar di dalam jurang tersebut. Ular besar itu akan menjelmakan dirinya menjadi sebuah jembatan. Dalam kata lain, para pendaki harus melintasi jurang melalui badan ular. Ular ini juga menjadi penjaga dari bukit ini. Tentu, hal ini bukan lah sebuah kisah nyata. Ini hanyalah sebuah legenda yang berkembang di masyarakat setempat sehingga membuat banyak warga sekitar yang tidak berani untuk mendaki Bukit Fatukopa.

 

13 Makanan Khas Kupang Yang Jarang Kamu Ketahui [RECOMMENDED]

(gambar: https://zonamakan.com/)

Karena objek wisata Bukit Fatukopa ini belum dikelola dengan serius sehingga menyebabkan masih minimnya sarana dan pra sarana yang ada. Termasuk juga dengan warung makannya. Kalian akan kesulitan untuk mencari warung-warung yang menjual makanan. Namun, tak perlu khawatir. Kalian masih bisa mencari hidangan yang menggugah selera di pusat Kota Timur Tengah Selatan. Salah satu kuliner khas NTT yang selalu menjadi incaran wisatawan adalah jagung katemak. Katemak merupakan hidangan khas NTT yang berbahan dasarkan biji jagung yang direbus bersama-sama dengan kacang-kacangan, daun dan buah pepaya, atau daun dan buah labu dan aneka sayur hijau lainnya. Sering kali, jagung katemak ini dihidangkan dengan sambal lu’at dengan ikan teri atau asin sebagai lauknya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.