Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Rona Pantai Baron Yang Tak Pernah Hilang di Hati Wisatawan
Tags : #pantai #ombak #jogja #samudrahindia

Gunung Kidul merupakan sebuah kabupaten yang letaknya berada di selatan Yogyakarta. Potensi pariwisata Gunung Kidul ini sungguh banyak jumlahnya. Tak hanya banyak, kebanyakan objek wisata tersebut memiliki pesona keunikannya masing-masing. Bentangan alam yang dimiliki oleh Gunung Kidul mulai dari eksotisnya pantai hingga bukit tebing yang berdiri dengan kokoh. Pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul ini sungguh mempesona. Hal ini dapat dilihat dari kunjungan wisatawan setiap harinya yang tak pernah ada habisnya. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang menjadi idaman para pelancong adalah Pantai Baron.

Pesona Pantai Baron - Simphony

(gambar: https://www.chibaton.com/)

Pantai Baron | Foto, Harga Tiket, Lokasi, Rute, Hotel Terdekat ...

(gambar: https://tempatasik.com/)

Pantai Baron ini memiliki kisah unik dibalik namanya yang terlihat seperti nama orang luar negeri. Kata Baron dari nama pantai ini diambil dari seseorang yang berkebangsaan Belanda. Namanya adalah Baron Skeber. Dahulu, Baron sering menjadikan pantai ini sebagai tempat berlabuhnya dipantai selatan. Baron memilih pantai ini sebagai tempat bersandar kapalnya karena dia mengira pantai ini menyerupai sebuah teluk. Karena saking seringnya berlabuh di pantai ini, akhirnya warga setempat menamai pantai ini dengan Pantai Baron. Terdengar cerita juga bahwa Baron ini lah orang yang memimpin pemberontakan kepada raja Mataram Islam.

Terminal Giwangan, Pelayanan Transportasi Bus Terbesar di ...

(gambar: https://areajogja.wordpress.com/)

Secara administratif, Pantai Baron ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Rute yang akan kalian tempuh jika ingin menuju ke Pantai Baron pun cukup mudah. Dari Yogyakarta, kalian harus mengarahkan kendaraan kalian menuju Pathuk atau kawasan Bukit Bintang Jogja yang namanya sudah sangat terkenal di Yogyakarta. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti jalan dan memperhatikan papan petunjuk yang sudah tersedia. Tak perlu khawatir dengan kondisi jalan karena jalanan menuju ke Pantai Baron sudah beraspal dan halus. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta hanya sekitar 57 km. Bagi kalain yang ingin menggunakan bus umum, kalian bisa memulainya dari Terminal Yogyakarta dengan memilih bus jurusan Wonosari. Harganya pun terjangkau yaitu hanya Rp. 20.000. Bus ini akan melintasi di depan gerbang masuk Pantai Baron.

Pantai Baron, Pantai Mercusuar Tujuan Wisata di Gunung Kidul

(gambar: https://blog.tripcetera.com/)

Yang membedakan Pantai Baron dengan pantai-pantai lainnya yaitu Pantai Baron memiliki aliran sungai bawah tanah. Sungai ini letaknya bersebelahan persih dengan air laut. Pada saat air laut surut, maka terlihat lah sebuah gundukan pasir yang menjadi pemisah air sungai dan laut. Namun, ketika pasang air sungai dan air laut ini bersatu menjadi satu. Menyatunya air laut dan sungai ini tentunya membuat gradasi warna air yang ada pada Pantai Baron lebih mempesona. Hanya di tempat ini lah, kalian bisa berenang di air asin dan air tawar dalam satu tempat. Menarik sekali, kan?

Pantai Baron ????? HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

(gambar: https://www.pantainesia.com/)

Keunikan Pantai Baron lainnya yaitu terletak pada bentuk pantai yang menyerupai huruf “U” jika dipandang dari atas bukit. Selain hal tersebut, pantai ini juga terkenal unik karena aliran airnya yang dapat berubah-ubah. Konon, aliran air sungai yang biasanya mengarah ke barat dapat berubah menjadi ke arah timur dan membelah pasir pantai. Peritiwa ini biasa terjadi 5 tahun sekali. Keunikan-keunikan seperti ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Baron. Tak heran, jika pada musim liburan dan akhir pekan, Pantai Baron tak pernah sepi oleh pengunjung.

Ekstra Hati-hati Berenang di Pantai Baron, Gunung Kidul, Juli ...

(gambar: https://m.tribunnews.com/

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di Pantai Baron ini. Diantaranya yaitu berenang. Berenang memang menjadi suatu keharusan jika kalian berada di pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Ombak yang terdapat di Pantai Baron ini tidak terlalu besar meskipun lokasinya berada di pantai selatan Jawa. Di pantai ini, kalian dapat berenang dan bermain di tepi pantai agar tercipta selalu rasa aman. Selain itu, bermain pasir halus yang dimiliki oleh Pantai Baron juga menjadi opsi menarik yang dapat dilakukan di Pantai Baron.  

Pantai Baron Wonosari, Pesona Mercusuar dan Perbukitan Pantai Jogja -

(gambar: https://antarejatour.com/)

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Pantai Baron adalah adanya mercusuar berwarna putih setinggi 40 meter yang berdiri dengna kokoh di atas bukit tebing. Mercusuar ini merupakan bangunan baru dari mercusuar lama yang dahulu memang sudah ada di Pantai Baron. Mercusuar ini dibangun pada bulan Februari 2014 dan diresmikan pada bulan Desember 2014 juga. Dengan adanya mercusuar ini, pesona Pantai Baron seakan akan bertambah dan bahkan dapat menjadi ikon dair Pantai Baron. Para wisatawan dapat naik hingga ke puncak mercusuar. Sesampainya di puncak, kalian dapat memandangi luasnya hamparan laut biru ditemani angin semilir yang menjadi penghapus lelah kalian menaiki tangga ke puncak mercusuar.

Wisata Kuliner di Jogja daerah Pantai | Tips Liburan Dan Info Wisata

(gambar: https://tips-holiday.blogspot.com/)

Setelah lelah naik dan turun dari mercusuar, kini saatnya kalian untuk menikmati suasana pantai dengan lebih santai. Duduk di pasir dengan payungan pohon yang teduh membuat kalian semakin nyaman di Pantai Baron. Disamping itu, kalian bisa membeli berbagai olahan makanan laut yang tersedia di warung makan tepi pantai. Kalian dapat memilih langsung ikan yang masih segar dan memintanya untuk diolah di warung makan. Olahan ikan, cumi, udang, hingga kepiting mulai dari digoreng dan dibakar dapat kalian jumpai di warung makan sekitar Pantai Baron ini. Rasanya sangat lezat karena diambil dari ikan yang benar-benar masih segar.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat*