Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Tebing Koja, Destinasi Wisata Instagenik Bertajuk Kandang Godzilla
Tags : #tebingkoja #tangerang #bukit

Siapa sangka jika di Tangerang terdapat sebuah tempat wisata yang begitu menakjubkan. Tempat wisata ini adalah Tebing Koja. Kemunculan Tebing Koja sebagai destinasi wisata memang belum lama terjadi. Di mulai pada pertengahan tahun 2017, eksistensi Tebeing Koja ini mulai terdengar hingga ke telinga masyarakat. Hal ini terjadi tidak lain dan tidak bukan karena adanya sosial media yang sempat memviralkan lokasi wisata ini. Karena dianggap telah viral, akhirnya banyak para wisatawan yang mulai menjadikan Tebing Koja sebagai salah satu daftar wisata mereka jika berada di Tangerang. 

Hasil gambar untuk tebing koja piknik lagi

(gambar: http://www.lagipiknik.com/)

Hasil gambar untuk tebing koja medium

(gambar: https://medium.com/)

Tebing Koja ini beralamatkan di Desa Cireundeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Bagi kalian yang ingin menuju ke Tebing Koja, kalian bisa menggunakan transportasi umum berupa KRL. Stasiun yang paling dekat dengan destinasi wisata ini adalah Stasiun Maja. Pilih lah KRL yang memiliki relasi Tanah Abang-Maja atau Tanah Abang-Rangkasbitung. Setelah sampai di Stasiun Maja, kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju ke sebuah sungai yang letaknya tak jauh dari Tebing Koja. Sesampainya di sungai tersebut, kalian harus menyeberangi sungai menggunakan rakit warga yang disewakan. Rakit ini mampu untuk ditumpangi hingga 7 orang. Rakit ini lah yang akan mengantarkan kalian sampai di gerbang utama Tebing Koja. Lokasinya sangat dekat, hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai di Tebing Koja. 

Hasil gambar untuk tebing koja asrinesia

(gambar: https://www.asrinesia.com/)

Tebing Koja yang saat ini kita kenal terbentuk bukanlah dari sebuah kesengajaan maupun tercipta secara alami. Bukit tebing ini dahulunya merupakan lokasi penambangan pasir. Selama 6 tahun lebih, terdapat aktivitas penambangan pasir secara manual di tempat ini. Hal ini lah yang membuat bukit kapur ini tergerus hingga mencapai kedalaman 10 meter. Karena sudah tidak adanya aktivitas penambangan pasir, terdapat lah bukit tebing tersisa yang malah membentuk sebuah formasi cantik yang memiliki kesan alami. 

Hasil gambar untuk tebing koja donilaksono

(gambar: https://donilaksono.com/)

Tebing Koja ini juga memiliki nama lain yaitu kandang godzilla. Dinamakan kandang godzilla karena tebing ini mempunyai batuan yang berukuran besar dimana bentuknya tersebut menyerupai sebuah godzilla. Penampakan batuan menyerupai godzilla ini bisa kalian dapatkan apabila mendapatkan angel foto yang tepat. Posisinya berada di depan area tebing yang bisa langsung terlihat ketika pertama kali kamu masuk ke kawasan ini. Dan tempat ini lah yang menjadi spot foto incaran para wisatawan yang berkunjung ke Tebing Koja. Ditambah lagi dengan keindahan alam sekitar yang masih terjaga keasriannya, kini berwisata di Tebing Koja sudah mulai dilirik oleh para wisatawan sejati. 

Tebing Koja Solear, Kandang Godzilla nan fotogenik di Tangerang ...

(gambar: https://www.merdeka.com/)

Untuk menikmati segala panorama yang ditawarkan oleh Tebing Koja, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 per orang. Sangat terjangkau, kan? Wisata Tebing Koja ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB hingga sekitar 17.30 WIB. Bagi kalian yang ingin berkunjung pada jam terbaiknya, maka kalian bisa mengunjungi Tebing Koja pada saat matahari sedang terbit. Tentu diperlukan kesiapan jika ingin melihat indahnya sunrise Tebing Koja. Kalian harus bangun pagi untuk menyaksikan pemandangan alami yang super keren ini. Sinar matahari yang berwarna kuning dan cahayanya yang mampu menghangatkan tubuh kalian dipadukan dengan formasi tebing nan cantik, hijaunya persawahan, hingga warna hijau pekat air sungai. Pemandangan menarik ini lah yang kerap kali membuat banyak pasangan untuk foto prewedding di sini. 

Tebing Koja Solear, Kandang Godzilla nan fotogenik di Tangerang ...

(gambar: https://www.merdeka.com/)

Pada loksi wisata ini, disediakan juga sampan yang akan mengantarnaknmu menelusuri setiap sudut tebing. Sampan ini hanya mampu memuat 5 orang saja. Tak perlu bingung jika tidak bisa menggunakan sampannya karena setiap kali wisata yang ingin naik sampan akan ditemani oleh seorang petugas yang mengayuuh sampan ini. Untuk menaiki sampan ini, diperlukan tambahan biaya. Panorama alam yang disuguhkan oleh Tebing Koja ini semakin cantik apabla dipandang dari sampan ini. Kalian akan merasa benar-benar di sebuah kandang godzilla yang dipenuhi tebing-tebing tinggi di sekelilingnya. 

Hasil gambar untuk tebing koja hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Setelah puas berfoto ria, kalian harus menuruni bagian bawah tebing. Pemandangan di sini, tak kalah indahnya dengan yang ada di atas tebing. Di bagian bawah tebing terdapat lokasi sawah tanpa air, ladang sayur-mayur dan formasi bebatuan kapur kecil-kecil. Untuk menikmati kesegaran yang disuguhkan oleh Tebing Koja ini juga disediakan beberapa gazebo. Gazebo-gazebo ini dapat kalian jadikan sebagai tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas seru di Tebing Koja. 

Hasil gambar untuk laksa tangerang

(gambar: https://metrobanten.co.id/)

Karena masih tergolong wisata baru, destinasi wisata ini masih belum dilengkapi dengan warung-warung penjual makanan. Namun, kalian tidak usah pusing memikirkan hal tersebut. Kalian masih dengan mudah menemukan kuliner khas Tangerang sebelum atau sesudah mengunjungi Tebing Koja ini. Salah satu makanan khas kota Tangerang adalah laksa Tangerang. Makanan yang satu ini disajikan dengan bahan dasar mie putih yang terbuat dari beras. Mie ini hampir sama dengan mie bihun, bedanya hanya ukurannya saja, yang mana mie bihun lebih besar. Agar rasanya enak, mie ini diberi dengan tambahan kuah, rasanya sangat gurih, karena dibuat dengan santan. Hal tersebut lah yang membuat para wisatawan ingin mencobanya lagi dan lagi. Tampilan mie ini akan lebih menarik saat diberi tambahan kacang hijau, diberi potongan daun kucai serta beberapa potongan daging ayam. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.