Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Keeksotisan Pantai Atapupu Yang Menjadi Pembatas Dengan Timor Leste
Tags : #pantai #atapupu #perbatasan #ntt

Pernah kah kalian membayangkan untuk menghabiskan liburan di perbatasan negara? Jika iya, maka kalian perlu mengunjungi objek wisata yang terletak di perbatasan negara kita. Perlu kalian ketahui, wilayah negara Indonesia berbatasan dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Papua Nugini, hingga Timor Leste. Uniknya, wilayah perbatasan yang ada di Indonesia ini bukan hanya menjadi batas wilayah antar kedua saja. Banyak diantaranya yang menjadi lokasi wisata juga. Kalian bisa menemukan batas wilayah negara yang menjadi objek wisata juga di Kota Atambua, Pulau Timor. Destinasi wisata ini merupakan sebuah pantai kebanggaan warga Atambua, yaitu Pantai Atapupu.

Indahnya Pantai Atapupu Di Kota Perbatasan Atambua : Pariwisata ...

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Indahnya Pantai Atapupu Di Kota Perbatasan Atambua : Pariwisata ...

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Pantai Atapupu ini terletak tak jauh dari Pos Lintas Batas Negara RI-Timor. Jaraknya dari pos batas pun hanya sekitar 6 km. Untuk lokasi administratifnya, Pantai Atapupu berada di Desa Kanebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Karena lokasinya berada tak jauh dari pos batas, menemukan Pantai Atapupu bukan lah hal yang sulit. Selain itu, Pantai Atapupu ini hanya berjarak 30 km dari Kota Atambua dan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Bagi kalian yang berasal dari luar daerah, kalian bisa memilih rute penerbangan ke Bandara Berre Tallo yang ada di Atambua. Dari bandara ini, kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek. Selama perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Selain itu, kondisi jalan yang ada juga cukup baik.

Wayang.... Pantai Aufuik, Atapupu, Atambua, Belu, NTT, Indonesia ...

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Berbeda dengan pantai-pantai biasanya yang tidak memiliki jam operasional, Pantai Atapupu ini memiliki jam operasional karena pantai ini sudah dikelola oleh suatu badan khusus. Kalian bisa mengunjungi pantai ini mulai dari jam 07.00 hingga jam 19.00. Selain itu, untuk memasuki kawasan pantai, kalian juga perlu untuk membayar tiket masuk ke destinasi wisata. Harga tiket masuk per orangnya pun cukup terjangkau. Hanya dengan membayar Rp. 5.000 per orang, kalian sudah bisa menikmati eksotisnya panorama alam yang ditawarkan oleh Pantai Atapupu. Kemudian, jika kalian membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan juga tarif parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor yaitu Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Pantai Atapupu, Wisata Pasir Putih di Atambua - MerahPutih

(gambar: https://merahputih.com/)

Pantai Atapupu ini cukup indah apabila kalian pantau dari atas dengan menggunakan kamera drone. Dari atas ketinggian ini, kalian akan disajikan bentangan pasir putih memanjang dengan luasnya lautan biru yang terhampar. Ombak yang menghampiri pantai pun juga tidak cukup besar. Jadi kalian bisa menikmati pantai ini dengan berenang id tepi pantai. Pasir putih nan halus pun juga seakan-akan mengajak kalian untuk bermain. Maka, tak heran jika banyak sekali wisatawan yang bermain pasir di Pantai Atapupu ini. Pantai yang biasanya terkenal dengan panas karena teriknya sinar matahari tidak berlaku pada Pantai Atapupu. Pasalnya, Pantai Atapupu ini dihiasi dengan banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh sehingga rasa teduh pun dapat sangat terasa jika berada di Pantai Atapupu.

William Raiders on Twitter: "@kkpgoid sunset di Pantai Atapupu ...

(gambar: https://twitter.com/william_raiders/)

Pantai Atupupu ini semakin lebih indah apabila sunset datang menghampiri pantai. Ombak yang menggulung pantai, warna langit yang menjadi jingga, dan siluet samar-samar nelayan yang mencari karang atau rumput laut menjadi suguhan menarik bagi wisatawan yang mengunjunginya. Karena keelokannya ini lah, menunggu senja di Pantai Atupupu selalu dinanti-nanti wisatawan. Tak heran, jika momen ini banyak sekali diabadikan oleh para wisatawan untuk berfoto ria. Sajian senja berkelas dari Pantai Atupupu ini sungguh sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Pantai Atapupu, Pantai Indah Di Perbatasan Negeri

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Selain menunggu sunset, aktivitas menarik yang selalu dilakukan oleh para wisatawan adalah berenang. Sama halnya pantai yang menghadap ke utara, Pantai Atupupu ini tidak memiliki ombak yang cukup besar. Ombak yang tidak terlalu besar lah yang membuat berenang di tepi Pantai Atupupu ini sangat memungkinkan. Selain ombaknya yang tidak besar, pantai ini juga dangkal. Namun, kalian perlu hati-hati jika ingin berjalan di di tepi pantai karena adanya batuan karang yang tajam di tepi pantai. Bagi kalian yang tidak jago berenang, kalian bisa menyewa pelampung kepada pengelola pantai untuk memastikan keamanan kalian. Suasana pantai yang masih sepi dan tenang menjadikan Pantai Atapupu ini sangat tepat untuk dijadikan tempat menenangkan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

AkaBilan Instagram posts - Gramho.com

(gambar: https://gramho.com/)

Pantai Atapupu ini masih tergolong ke dalam kawasan wisata yang masih sepi sehingga fasilitas pendukungnya pun juga masih kurang. Di sekitar pantai ini, kalian akan sedikit kesulitan untuk mencari warung yang menjajakan makanan. Namun, jangan berkecil hati dahulu karena kalian masih bisa mencari kuliner khas di pusat Kota Atambua. Salah satu kuliner yang wajib kalian jajal ketika berada di Atambua adalah aka bilan. Aka bilan merupakan olahan makanan yang terbuat dari olahan sagu, kelapa parut, kacang hijau, dan sedikit garam. Lalu, adonan diletakkan pada babilak atau piring ceper yang terbuat dari tanah liat. Setelah itu, adonan dibakar di atas kayu api hingga matang. Rasanya memang tidak terlalu manis karena aka bilan ini lebih menampilkan rasa gurihnya.  

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.