Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Candi Borobudur, Warisan Dunia di Magelang Yang Sayang Untuk Dilewatkan
Tags : ##candiborobudur #liburan #wowtripid #destinasiprioritas #wonderfulindonesia

Telah kita ketahui semua bahwa Candi Borobudur adalah sebuah mahakarya nenek moyang Indonesia yang diakui oleh dunia lewat UNESCO. Candi ini bukan hanya menjadi tempat wisata, tapi juga menjadi tempat ritual upacara keagamaan Budha yaitu Waisak. Borobudur memiliki cerita sejarah panjang akan proses pembuatan dan penemuannya. Pembangunan awal candi diperintahkan oleh Raja Samaratungga, lalu diteruskan dan diselesaikan oleh putrinya Ratu PramudaWardhani pada abad ke-9. 

Hasil gambar untuk candi borobudur harnasco

(gambar: http://www.harnas.co/)

Hasil gambar untuk candi borobudur borobudur park

(gambar: http://borobudurpark.com/)

Candi Borobudur memiliki cerita yang menarik seperti kisah kejayaan Jawa pada masa lampau serta kehidupan Sang Budha dimana semua kisah tersebut tertuliskan pada relief candi. Terdapat 4 kisah utama yang ada di relief-relief candi antara lain Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, serta Gandawyuha. Wisatawan yang ingin mengikuti alur cerita dari relief ini dapat berjalan searah jarum jam dari pintu masuk timur. Ketika sampai di titik awal, barulah wisatawan naik satu tingkat dan melakukan hal yang sama di tingkat sebelumnya lalu begitu seterusnya.

Hasil gambar untuk candi borobudur cnnindonesia

(gambar: https://www.cnnindonesia.com/)

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 40 km sebelah barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur buka setiap hari pada pukul 06.00-17.00. Waktu yang tepat mengunjungi Borobudur adalah pagi hari ketika matahari akan terbit. Harga tiket masuk yang dipatok ke Candi Borobudur sebesar Rp. 50.000 untuk dewasa dan Rp. 25.000 untuk anak-anak usia 3-10 tahun. Selain itu, ada diskon 50% untuk pelajar dengan rombongan minimal 20 orang. 

Hasil gambar untuk candi borobudur sunrise shopee

(gambar: https://shopee.co.id/)

Candi Borobudur adalah candi yang memiliki model Mandala. Mandala merupakan  cerminan dari alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Jika kita saksikan dari luar, Borobudur ini memiliki dua bagian yaitu alam nirwana yang berinti di bagian pusat dan alam dunia yang terwakilih oleh 3 zona berikut ini: 

Hasil gambar untuk zona kamadhatu

(gambar: https://www.hargatiket.net/)

Zona 1: Kamadhatu
Zona ini terdiri dari 160 relief yang menceritakan kisah tentang Karmawibhangsa Sutra atau bisa kita sebut dengan hukum sebab akibat.

Hasil gambar untuk zona kamadhatu candi borobudur

(gambar: https://lifestyle.okezone.com/)

Zona 2: Ramadhatu
Pada zona ini, terdapat 328 patung Buddha yang dihiasi dengan berbagai relief. 

Hasil gambar untuk zona arupadhatu borobudur

(gambar: https://www.referensiwisata.com/)

Zona 3: Arupadhatu
Pada bagian ini, tidak ada ornamen sama sekali karena di tempat ini lah gambaran dari tingkat kemurnian yang tertinggi.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.