Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Perjalanan Seru Mendaki 488 Buah Anak Tangga di Bukit Mandoo
Tags : #bukit #mandoo #488anaktangga

Rote, pulau yang terletak di NTT ini memiliki banyak sekali pesona alam yang wajib menjadi daftar liburan kalian jika berada di Pulau Rote. Panjangnya garis pantai dengan pasir putihnya menjadi andalan pariwisata yang dimiliki oleh Pulau Rote. Walaupun wisata pantai selalu menjadi andalan Pulau Rote, kalian masih bisa menemui banyak sekali objek-objek wisata menarik lainnya di pulau ini. Jika berniat untuk menelusuri lebih dalam, kalian pasti akan berjumpa dengan objek wisata berupa perbukitan seperti salah satu contohnya adalah Bukit Mandoo. Bukit Mandoo merupakan kawasan perbukitan yang letaknya berada di tepi pantai. Pemandangan yang tersaji dari puncak bukit ini sungguh menawan. Untuk mencapai ke puncak bukit, kalian harus melewati banyak anak tangga yang jumlahnya mencapai 488 anak tangga.

Sensasi Menaiki 488 Anak Tangga di Bukit Mando'o : Pariwisata ...

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

sting&needle on Twitter: "Perjalanan menuju Bukit Mando'o, mata ...

(gambar: https://twitter.com/Rullicious/)

Letak administratif dari Bukit Mandoo ini berada di Desa Kuli, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, NTT. Untuk mencapai ke Bukit Mandoo ini diperlukan waktu dan tenaga yang lebih karena jalan yang akan kalian tempuh lumayan jauh apabila kalian berangkat dari Kupang, NTT. Apabila kalian dari luar daerah, kalian harus memilih penerbangan yang memiliki rute ke Bandara El Tari di Kupang. Dari bandara ini, kalian memiliki dua opsi untuk melanjutkan perjalanan. Pertama melalui jalur udara dengan rute penerbangan menuju Bandara Lekunik Rote dan yang terakhir yaitu melalui jalur laut dengan memilih kapal yang berlabuh di Pelabuhan Pantai Baru di Rote. Setibanya di bandara atau pelabuhan, kalian harus melanjutkan perjalanan melalui darat menuju kota Ba’a. Kota Ba’a ini lah yang menjadi pintu utama menuju Bukit Mandoo. Kondisi jalan menuju ke Kota Ba’a relatif bagus. Namun ketika hampir sampai di Bukit Mandoo, kalian akan melewati jalanan yang kondisinya kurang baik.

Sensasi Menaiki 488 Anak Tangga di Bukit Mando'o : Pariwisata ...

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/j)

Destinasi wisata Bukit Mandoo ini buka setiap hari selama 24 jam. Karena buka selama 24 jam, para pengunjung dapat dengan leluasa mengatur jam berkunjungnya di Bukit Mandoo. Sedangkan untuk tiket masuknya, Bukit Mandoo ini menerapakan tarif yang ramah di kantong. Dengan hanya membayar Rp. 3.000, para pengunjung sudah dapat menikmati lukisan alam yang begitu memukau.

Mambasmi Sampah Hingga Puncak | Tengakarta

(gambar: https://tengakarta.wordpress.com/)

Setelah membayar tiket masuk, kalian harus berjalan menaiki anak tangga yang jumlahnya hingga 488 anak tangga. Masyarakat Rote pun memanggil bukit ini dengan sebutan nama bukit 300. Aktivitas mendaki di bukit ini tak sesusah kalian bayangkan karena jalan setapak dan anak tangga sudah siap mengantarkan kalian ke puncak bukit. Jika kalian kelelahan, kalian tak perlu khawatir karena telah tersedia gubuk atau orang asli Rote biasa menyebutnya dengan lopo. Selain untuk beristirahat, lopo ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh dari datangnya hujan. Dari puncak bukit ini, kalian akan disuguhkan pemandangan sekitar bukit dari beberapa sudut. Kalian bisa menyaksikan bukitt Lole di sebelah utara, birunya Samudra Hindia di sebelah selatan,  Teluk Keka Denan di sebelah timur, dan terakhir yaitu Desa Kuli yang berada di sebelah barat. Tentunya, segala sudut dari bukit ini dapat kalian jadikan spot foto yang instagramable banget.

MENIKMATI PANORAMA INDAH TANGGA 300 MANDO'O DI ROTE NDAO - Reygina ...

(gambar: https://reyginawisataindonesia.blogspot.com/)

Setibanya di atas Bukit Mandoo, kalian bisa melakukan banyak aktivitas yang menarik tentunya. Menyaksikan panorama alam yang begitu memukau dan mengabadikannya ke dalam kamera ponsel masing-masing adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Panorama alam khas seperti ini tentunya sangat jarang untuk kalian temukan di destinasi wisata lainnya. Jadi sebisa mungkin, maksimalkan lah waktu berkunjung kalian di Bukit Mandoo. Suasana sepi berpadukan angin yang berhembus setiap saat selalu membuat pengunjung Bukit Mandoo jatuh cinta akan atmosfer seperti ini.

Wuih, Nikmatnya Lawar Ikan dari NTT untuk Berbuka Puasa : Okezone ...

(gambar: https://lifestyle.okezone.com/)

Walaupun pada jalur pendakian hingga ke puncak atas bukit sudah tersedia banyak lopo, fasilitas berupa warung makan belum tersedia di kawasan wisata ini. Dengan demikian, kalian harusnya membawa bekal berupa minuman atau pun makanan sehingga nanti ketika sampai di atas tidak merasa lapar atau pun haus. Bagi kaliam yang ingin menjajal kuliner khas Rote, kalian bisa mencarinya di pusat Kota Ba’a. Di sana banyak sekali warung makanan yang menjajakan kuliner khas Rote ini seperti lawar ikan. Lawar ikan adalah olahan ikan sardine atau teri yang diolah dengan bumbu utamanya yaitu cuka. Selain cuka, bumbu rempah lain juga dicampur ke ikan untuk menambahkan citra rasa ikan yang lebih kaya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.