Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Berenang Santai Menikmati Guyuran Air Terjun Takapala
Tags : #airterjun #takapala #makassar

Malino merupakan kawasan dataran tinggi yang berada di Kabupaten Gowa. Dengan ketinggian 900 hingga 1.500 mdpl, udara di kawasan Malino sangat sejuk dan menyegearkan seperti halnya di kawasan dataran tinggi lainnya. Lokasinya yang tidak jauh dengan Kota Makassar, Malino sering kali menjadi jujukan wisata bagi masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya. Mereka yang ingin mencari sejuknya udara khas pegunungan, pasti akan lari ke Malino. Di kawasan Malino ini terdapat banyak objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata yang populer saat ini di Malino adalah Air Terjun Takapala. Air terjun yang tinginya mencapai 109 meter ini menjadi primadona bagi wisatawan yang haus akan sejuknya pegunungan dan segarnya air yang mengalir di air terjun.

Air Terjun Takapala - Wisata Alam Makassar yang Menakjubkan -

(gambar: https://anekatempatwisata.com/)

SATU-SATUNYA AKSES JALAN MASUK KE WISATA AIR TERJUN TAKAPALA ...

(gambar: https://www.sipakario.com/)

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Takapala, destinasi wisata ini berada di Desa Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Apabila kalian dari Makassar, jarak yang kalian tempuh adalah sekitar 64 km dengan estimasi waktu kurang lebih 2 jam. Objek wisata ini dapat kalian tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, kalian akan melewati rute Jalan A.P. Petttarani, Letjen Hertasning, Tun Abdul Razak, H.M. Yasin Limpo, dan Poros Pattallassang. Dari Poros Pattallassang, kalian lurus terus hingga menuju Jalan Malino. Setelah itu destinasi kalian akan sampai. Bagi yang ingin menggukana kendaraan umum, kalian bisa naik bus dari Terminal Mallengkeri, Makassar. Pilihlah bus dengan jurusan Terminal Sungguminasa. Sesampainya di Terminal Sungguminasa, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Malino menggunakan angkot.

Kawasan Malino dan Air Terjun Takapala « Go Celebes

(gambar: http://www.gocelebes.com/)

Air Terjun Takapala dapat kalian kunjungi setiap harinya mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00 WITA. Dengan jam operasional hingga 9 jam, para wisatawan dapat mengatur jadwal berkunjungnya ke tempat wisata ini dengan lebih mudah. Tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Takapala ini sangat murah yaitu hanya Rp. 3.000 sehingga harga tiket masuk ini tidak akan membuat kalian merogoh kocek dalam-dalam. Panorama air terjun yang spektakuler dan tiket masuk yang murah membuat objek wisata ini jarang sepi pengunjung.

Air Terjun TAKAPALA Malino - LA DOTTORO'

(gambar: http://ladottoro.blogspot.com/)

Untuk mencapai Air Terjun Takapala, kalian harus berjalan terlebih dahulu melewati tangga yang lumayan curam dengan jumlahnya yang cukup banyak. Diperlukan kehati-hatian dalam melewati jalur ini agar sampai di bawah sungai air terjun dengan selamat. Perjalanan menuju ke air terjun ini beda dari lainnya. Di saat dalam perjalanan, kalian akan ditemani dengan pepohonan rindang yang menyejukkan mata dan hati para wisatawan yang berkunjung. Walaupun capek dan letih akan kalian rasakan ketika berjalan menyusuri jalan setapak ini, perjalanan kalian akan terbayar lunas dengan indahnya panorama alam yang disugukan Air Terjun Takapala.

Air Terjun Takapala, Si Sejuk yang Memesona - Makassar Terkini

(gambar: https://makassar.terkini.id/)

Setelah berjuang melewati jalan setapak dan sampai di Air Terjun Takapala, kalian akan disambut dengan gemericiknya suara air terjun dan percikan air yang tipis akan membasahi tubuh kalian pelan-pelan. Debit air yang turun pad air terjun ini sangatlah banyak dan arusnya sangat deras sehingga terbentuk lah kolam yang menampung kucuran air yang dari atas datangnya. Pada kolam ini lah, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berenang dan bermain air di sungai. Kesegaran air yang tanpa batas dapat kalian nikmati secara puas di sini. Karena air yang menghujam ke bawah sangatlah deras, maka kalian perlu berhati-hati. Keindahan Air Tejrun Takapala ini tak berhenti di situ saja. Biasan matahari pada derasnya air terjun akan menghasilkan panorama berupa pelangi. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah bonus bagi wisatawan yang mendapati panorama seperti ini.

Air Terjun Takapala Malino - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan ...

(gambar: https://mari-liburan-yuk.blogspot.com/)

Aktivitas favorit jika berkunjung di Air Terjun Takapala adalah berenang di kolam alaminya. Kontur pada kolam ini berbeda-beda. Ada beberapa titik yang dangkal, namun ada beberapa titik lainnya yang dalam. Jadi kalian perlu hati-hati dalam memilih titik yang pas untuk berenang. Guyuran air yang menghujam ke bawah kolam ini sangat deras sehingga kalian tidak disarankan untuk berenang mendekati turunnya air ini. Meskipun air yang ada di kolam ini cukup dingin, ini tetap tidak menggoyahkan niat wisatawan untuk menceburkan dirinya berenang di kolam Air Terjun Takapala.

Selain Air Terjun Takapala Malino, Ini Rekomendasi Wisata Air ...

(gambar: https://makassar.tribunnews.com/)

Hal menarik lainnya yang terdapat di Air Terjun Takapala adalah adanya gua rahasia. Gua ini letaknya berada di belakang air terjun. Untuk mencapai gua ini, kalian harus melewati kolam kecil terlebih dahulu. Bagi yang suka dengan petualangan, menemukan gua dibalik air terjun tentu suatu hal yang harus dilakukan jika berada di Air Terjun Takapala. Gua yang ada di air terjun ini cukup pendek, namun keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja. Tak sedikit juga para wisatawan yang memaksimal gua dan air terjun ini untuk berfoto ria.

Air Terjun Takapala Malino, Sejuknya Bikin Betah - Layar.news

(gambar: https://layar.news/)

Selain berenang, aktivitas lainnya yang sangat digemari oleh para wisatawan jika berada di Air Terjun Takapala adalah berfoto. Semua elemen yang ada di Air Terjun Takapala ini menjadi spot asyik untuk berfoto. Hijaunya pepohonan yang rindang, derasnya guyuran air terjun, hingga batuan kali yang besar ukurannya menjadi alasan mengapa Air Terjun Takapala sangat digandrungi oleh pecinta seni foto.

Cucuru Te'ne » Budaya Indonesia

(gambar: https://budaya-indonesia.org/)

Setelah asyik berenang dan berfoto, pasti perut kalian akan terasa lapar. Tenang, di sekitar wana wisata ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan. Mie goreng atau rebus, nasi goreng, dan lainnya dapat kalian temukan di sini. Tentunya, makanan tersebut sangat lah cocok disantap ketika dinginnya udara di pegunungan. Lalu, kalian juga bisa menemui jajanan khas Gowa seperti cucuru te’ne. Cucuru te’ne merupakan jajanan khas Malino yang bentuknya pipih. Cucuru te’ne terbuat dari tepung beras dan gula merah. Memiliki tekstur renyah dengan citarasa manis yang pas. Cucuru te’ne berbentuk lonjong dan sedikit mengerucut di bagian ujungnya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.