Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pantai Tarimbang, Surga Bagi Para Peselancar di Bumi Sumba
Tags : #pantai #tarimbang #surfing

Tak kalah dengan Pulau Bali, NTT atau lebih khususnya Sumba juga memiliki destinasi wisata alam yang begitu memukau. Mulai dari perbukitan yang berjejer dengan indahnya hingga pantai-pantai dengan pasir putih lembut menjadi objek wisata andalan dari Sumba. Jika kalian sedang berlibur di Sumba, dapat dipastikan kalian tak akan disulitkan dalam memiliki objek wisata yang ada. Salah satu tempat wisata yang layak untuk kalian sambangi adalah Pantai Tarimbang.

Eloknya Pantai Tarimbang Sumba Timur Nusa Tenggara Timur

(gambar: https://blog.reservasi.com/)

Pantai Tarimbang Surf Sumba Timur NTT

(gambar: https://www.betantt.com/)

Keberadaan Pantai Tarimbang ini disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi yang dimiliki oleh Sumba. Letaknya yang cukup tersembunyi dan masih sangat terjaga keasriannya membuat Pantai Tarimbang bak sebuah mutiara yang jarang dijumpai. Suasananya pun sangat damai dan tenang karena memang pantai ini masih sepi pengunjung. Walaupun masih sedikit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, tetapi keindahan panorama dan eksotisnya Pantai Tarimbang ini tak boleh diragukan lagi.

Surga Tersembunyi di Pantai Tarimbang, Sumba Timur

(gambar: http://wonderyun.blogspot.com/)

Hamparan pasir putih nan lembut yang berpadu dengan hijaunya bukit yang mengelilingi pantai menjadikan Pantai Tarimbang sebagai pantai yang begitu spesial dan bahkan jarang ditemukan model pantai seperti ini. Selain itu, pantai ini juga diapit oleh tebing-tebing tinggi sehinga jika dilihat secara sekilas, pantai ini terlihat seperti sebuah teluk. Tak cukup di situ, Pantai Tarimbang juga sangat terkenal dengan ombaknya yang biasa kita sebut dengan sembilan ombak gulungan beruntun. Gulungan ombak seperti ini lah yang selalu menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara yang hobi berselancar.

10 Catatan Penting Sebelum Gendong Ransel ke Sumba – Blog

(gambar: https://zulfikaralex.wordpress.com/)

Dengan keindahan alam yang begitu membuat takjub oleh para wisatawan, Pantai Tarimbang ini dapat dinikmati dengan berbagai macam aktivitas. Salah satu aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan di sini adalah berenang di tepi pantai dan bermain istana pasir. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Pantai Tarimbang memiliki pesona pasir putih pantai yang sangat lembut. Di atas pasir putih ini, kalian bisa menikmatinya dengan membuat replika sebuah barang dari pasir. Selain itu, kalian juga dapat mengabadikam momen kalian di atas pasir putih ini. Birunya hamparan laut dan bersihnya pasir pantai akan menghiasi hasil foto kalian di pantai ini.

Pantai Tarimbang: Keindahan Pantai Terimbang

(gambar: http://pantai-tarimbang.blogspot.com/)

Pantai Tarimbang ini menjadi pantai idaman oleh banyak para peselancar. Ombak yang menggulung di pantai ini mencapai hingga sembilan gulungan beruntun dimana hal ini lah yang menjadi sebuah tantangan bagi para peselancar untuk menaklukkan gulungan ombak besar ini. Bahkan, Pantai Tarimbang sempat menjadi destinasi surfing terpopuler pada tahun 2017. Tak heran jika banyak para peselancar dari dalam hingga luar negeri yang ingin merasakan sensasi berselancar di Pantai Tarimbang. Bagi kalian yang ingin berselancar, pastikan telah membawa papan selancar dari rumah karena di pantai ini masih belum ada tempat yang menyewakan papan selancar.

Indahnya Pantai Tarimbang di Sumba Timur - Backpacker Jakarta

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Selain menjadi tempat favorit untuk berselancar, Pantai Tarimbang juga memiliki spot dimana spot ini dapat menambah keindahan dari Pantai Tarimbang. Berjejerlah tebing karang dan bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai. Pesona ini lah yang sedikit membedakan Pantai Tarimbang dengan pantai lainnya. Bagi kalian yang ingin melihat betapa indahnya pantai ini dari ketinggian, pergi lah ke puncak bukit atau tebing karang. Di sana, kalian akan dibua terupukau oleh gradasi warana air laut yang sangat elok. Pantai ini sangat cocok dikunjungi pada saat siang hari dimana ada perbedaan yang sangat kontras antara warna bening, hijau, kebiruan, hingga biru pekat. Perbedaan warna ini menjadi sebuah penanda kedalaman laut yang berbea. Jelas saja, menikmati keindahan pantai dari bukit ini merupakan aktivitas menarik bagi kalian yang tak ingin menceburkan diri untuk bermain di pantai. Jangan lupa juga untuk memotret momen terbaik di pantai ini ya!

Pantai Tarimbang, Hidden Paradise Di Selatan Sumba Timur

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Satu lagi yang membedakan Pantai Tarimbang dengan pantai lainnya adalah adanya sebuah laguna air tawar. Laguna ini terletak di dekat pantai dimana pesona yang ditawarkan juga tak kalah indahnya dengan Pantai Tarimbang. Warna air dari laguna ini berwarna hijau. Laguna ini juga berfungsi sebagai batas pemisah antara air laut dengan ari sungai yang bermuara ke Pantai Tarimbang. Kalian juga bisa menjajal berenang di laguna ini karena laguna ini memiliki air tawar yang begitu menyegarkan. Laguna air tawar ini juga diperindah dengan adanya gugusan bukit yang berada di belakangnya tepat.

Liat aktivitas Didi Santosa Touch Down Sumba di Bandar Udara Umbu ...

(gambar: https://treya.io/)

Lokasi Pantai Tarimbang secara lengkap yaitu terletak di Kecamatan Tabundung, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Lokasi pantai ini cukup jauh dari Waingapu yang menjadi pusat kota kecamatan. Bagi kalian yang datang dari luar pulau, pilih lah maskapai penerbangan yang melayani rute ke Bandara yang ada di Tambolaka atau di Waingapu. Namun disarankan untuk memilih Bandara Umbu Mehang Waingapu karena jarak bandara dengan lokasi pantai yang tak terlalu jauh. Untuk mencapai ke Pantai Tarimbang, kalian harus menyewa kendaraan terlebih dahulu karena masih belum adanya trasportasi umum yang mengantarkan kalian ke pantai. Jarak antara bandara hingga pantai mencapai 92 km dengan estimasi waktu 2 jam 15 menit. Sungguh jauh, namun perjalanan berat dan melelahkan ini tak akan membuat kalian menyesal.

Peter's Magic Paradise - Tempat Terbaik Menikmati Pantai Tarimbang ...

(gambar: http://www.kadekarini.com/)

Karena masih sepi pengunjung, Pantai Tarimbang ini tidak memungut biaya tiket masuk. Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi pantai ini kapan pun karena pantai ini buka selama 24 jam. Bagi kalian yang ingin mencari sebuah penginapan, tak perlu bingung lagi. Tak jauh dari Pantai Tarimbang, terdapat sebuah penginapan model homestay yang bernama Homestay Marthen dan Peter’s Magic Paradise. Harga yang ditawarkan oleh homestay ini mulai dari Rp. 500.000 – Rp. 1.200.000. Namun, bagi kalain yang sangat backpacker, kalian dapat mendirikan tenda di tepi pantai. Menikmati malamnya pantai ditemani dengan semilirhnya angin dan suara gemuruh ombak akan membuat pengalaman bermalam kalian lebih berwarna.

Pelabuhan Waingapu - Sumba Timur (Malam Hari) | Travel Blog Indonesia

(gambar: https://www.travelblog.id/)

Para wisatawan yang mencari makanan, tak perlu bingung lagi. Di dekat pantai, terdapat banyak warung makanan milik warga yang menyediakan berbagai olahan sea food yang tentunya begitu menggoda selera. Olahan ikan, cumi, udang, kerang, hingga kepiting dengan bumbu khas Sumba dapat kalian temukan di warung-warung ini. Jadi jangan sampai kelewatan untuk menjajal olahan sea food khas Sumba yang sangat lezat.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.