Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Cara Lain Nikmati Eksotisnya Pantai dari Bukit Parang Endog
Tags : #bukit #gunungkidul #pantai

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti yang kalian ketahui, kondisi pariwisata di Jogja saat ini sudah tersebar merata. Dulunya yang hanya berpusat di Kota Jogja sendiri dan Kabupaten Sleman, kini kabupaten-kabupaten lainnya juga tak mau kalah untuk menggalakan pariwisata daerahnya masing-masing. Tak terkecuali juga Gunungkidul. Kabupaten ini memiliki jejeran pantai dan bukit yang sungguh menawan. Pantai dan bukit yang ada seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Bukit Bintang, dan Puncak Kosakora sudah bukan lah menjadi rahasia umum lagi. Diantara pantai dan bukit tersebut, terdapat sebuah destinasi wisata yang menyajikan keduanya yaitu Bukit Parang Endog yang lokasinya berdampingan dengan Pantai Parang Endog. Walaupun eksistensinya belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan, pesona alam yang ditawarkan patut untuk kalian saksikan dan nikmati.

Bukit Paralayang Jogja, Spot Paragliding dan Sunset Terbaik Jogja

(gambar: http://pamitranrentalmotor.com/)

Pantai Kukup | Candra Sugama

(gambar: https://cgama.wordpress.com/)

Berada di sekitar 3 km sebelah timur Pantai Parangtritis, tentunya menemukan lokasi Bukit Parang Endog ini bukan lah hal yang susah. Secara administratif, Bukit Parang Endog terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Meskipun dekat dengan Parangtritis, Bukit Parang Endog ini masih berada jauh dari pusat Kota Jogja. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 30 km perjalanan dari Jogja menuju lokasi wisata. Untuk mengetahui petunjuk jalannya, kalian bisa mengatur GPS pada smartphone atau mengikuti rambu-rambu petunjuk jalan. Kalian bisa mengakses lokasi wisata ini menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan transportasi umum, kalian bisa pergi ke Terminal Giwangan dengan memilih bis jurusan Pantai Parangtritis. Sesampanya di sana, beralih lah ke ojek untuk bisa sampai ke destinasi wisata Bukit Parang Endog.

10 Foto Bukit Parang Endog Sunset Sunrise, Harga Tiket Masuk ...

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Bukit Parang Endog, objek wisata ini buka setiap harinya mulai dari jam 05.0 hingga 18.30. Jam buka yang lebih awal dan tutup menjelang malam ini sangat memungkinkan bagi kalian untuk menyaksikan sunrise dan sunset dalam satu tempat sekaligus. Tarif tiket masuk ke destinasi wisata ini juga sangat terjangkau. Pasalnya, para pengunjung yang ingin berkunjung hanya dibebani biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Selain itu, terdapat juga biaya tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000

Bukit Parangendog | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

(gambar: https://www.alodiatour.com/)

Selayaknya sebuah destinasi wisata, Bukit Parang Endog ini menawarkan pesona alam beserta aktivitas seru yang pastinya bakal dinantikan. Berada di ketinggian 900 mdpl, pemandangan alam eksotisnya pantai khas Gunung Kidul seperti Pantai Parang Endog, Parangtritis, Parangkusumo, hingga Depok dapat kalian saksikan secara jelas. Hamparan laut biru dengan pasir hitam yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari Bukit Parang Endog. Bukit ini dinamakan Parang Endog karena terdapat beberapa bukit batuan karang yang bentuknya menyerupai telur atau dalam bahasa Jawa biasa disebut dengan endog. Jadi dari ketinggian bukit ini, kalian bisa menikmati keindahan alam berupa pantai dan batuan karang dalam satu tempat secara bersamaan.

Menikmati Senja Dari Atas Bukit Parang Endog | Eksotisjogja.com

(gambar: https://eksotisjogja.com/)

Apabila sedang berkunjung ke sebuah bukit apalagi yang ditunggu kalau bukan pancaran sinar sunset. Tak salah memang jika banyak wisatawan yang memberikan kredit pada Bukit Parang Endog sebagai lokasi favorit menantikan senjad di Jogja. Balutan sinar senja yang begitu mempesona bersamaan dengan birunya warna air Samudra menjadi sajian utama ketika senja datang. Oleh karena ini lah, Bukit Parang Endog tak pernah sepi pengunjung ketika menjelang sore hari. Keindahan sunset ini lah lantas membuat para pengunjung mengabadikan momen ini dengan ponsel pintar mereka bahkan kamera yang bagus sekalipun. Lokasi wisata ini juga kerap kali digunakan sebagai lokasi foto pre wedding. Jadi hasil jepretan senja yang berada di Bukit Parang Endog ini dijamin keren.

Pantai Parangendog | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

(gambar: https://www.alodiatour.com/)

Selain memiliki nama Parang Endog, bukit ini jgua dikenal sebagai Bukit Paralayang. Ya, benar sekali. Dari namanya, kita dapat simpulkan bahwa bukit ini juga memiliki fungsi sebagai tempat landasan untuk olahraga paralayang. Angin yang berhembus cukup kencang menjadikan bukit ini sangat cocok untuk olahraga paralayang. Bahkan, bukit ini sering dijadikan sebagai lokasi latihan para atlit paralayang sebelum bertanding. Tak hanya sebagai tempat latihan, bukit ini juga kerap kali menggelar event paralayang. Salah satu contohnya adalah Jogja Air Show pada tahun 2014. Bagi kalian yang suka olahraga ekstrim ini, kalian juga bisa menjajalnya, lho. Hanya dengan membayar sekitar Rp 300.000-RP 350.000 per orang, para pengunjung bisa merasakan terbang diantara bukit dan pasir Pantai Parang Endog. Tidak usah takut karena kalian akan terbang dibarengi oleh instruktur yang telah teruji pengalamannya. Jadi gak  usah ragu lagi untuk menjajal olahraga seru ini.

10 Gambar Shoka Bukit Senja Gunung Kidul, Harga Tiket Masuk Sunset ...

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Berpetualang dan mengamati senja di Bukit Parang Endog tentu akan membuat perut kalian terasa lapar. Jika lapar? Gak usah bingung lagi. Di tempat yang sama ini lah, kalian bisa menemukan sebuah cafe bernama Shoka Bukit Senja. Menyantap kuliner dengan Pantai Parang Endog sebagai pemandangannya tentu akan menimbulkan sensasi makan yang berbeda.

Di Balik Gurihnya Bakmi Jawa Mbah Noto Gunungkidul - Travel Tempo.co

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Berhubung lagi di Gunungkidul, tentu akan ada yang hilang rasanya jika tidak mencoba kuliner khasnya. Salah satu kulinernya yang menjadi favorit para pengunjung di sini adalah Bakmi Jawa. Ada banyak sekali warung bakmi Jawa yang bisa kalian temukan di Gunungkidul. Kalian bisa memilih ke Bakmi Jawa Mbah Noto yang merupakan salah satu yang legendaris. Yang membuat bakmi ini dengan lainnya yaitu cara memasak dan racikan kaldunya yang sangat gurih. Kuah kaldu ini didapatkan dari rebusan ayam kampung. Bakmi Jawa ini sangat cocok disantap pada saat malam hari. Dinginnya malam berpadukan bakmi yang hangat menjadi sebuah perpaduan yang pas dan menarik.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.