Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pertama Kali Solo Traveling? Tidak Masalah, Simak 7 Tips Sebagai Solo Traveler Pemula Ini!
Tags : #solotraveling #sendiri #menyenangkan

Solo traveling atau bepergian sendiri saat liburan ini mungkin belum terlalu banyak orang yang menyukai aktivitas semcam ini. Banyak sekali alasannya yang membuat merkea belum melakukan solo traveling, diantaranya adalah takut kesepian, takut kesasar, dan merasa tidak aman. Namun, hal tersebut juga tak berlaku bagi sebagian orang. Banyak diantara mereka yang menganggap solo traveling ini jauh lebih menyenangkan daripada traveling bersama grup. Ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika melakukan solo traveling seperti belajar lebih mandiri, berinteraksi dengan orang baru, dan kemampuan beradaptasi kalian jauh lebih meingkat. Menarik kan, solo traveling? Bagi kalian seorang solo traveling pemula, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini agar solo traveling kalian lebih menyanangkan!

Ingin Berlibur Menyenangkan? Begini Guideline Riset Liburan yang Tepat

(gambar: https://urbanasia.media/)

1. Lakukan riset mandiri

Melakukan riset mandiri sebelum pergi solo traveling sudah menjadi sebuah keharusan bagi siapa saja. Cari lah informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kalian kunjungi seperti tempat wisatanya, cuacanya, budayanya, dan juga orang-orangnya. Tak ketinggalan juga, untuk mencari info yang berkaitan dengan tiket masuk objek wisata, tiket penerbangan, dan akomodasi. Untuk mendapatkan informasi seperti ini, kalian bisa membuka blog traveler, bertanya kepada orang sekitar kalian yang pernah melakukan solo traveling, dan mengikuti forum traveler. Dengan melakukan riset mandiri sejak awal, liburan solo traveling kalian lebih menyenangkan dan nyaman. Bayangkan jika tidak melakukan riset, kalian akan kebingungan selama liburan.

Tips Membuat Itinerary Perjalanan Agar Liburan Makin Menyenangkan ...

(gambar: https://www.destinasikeren.com/)

2. Susun anggaran keuangan dan jadwal perjalanan selama solo traveling

Karena kalian akan solo traveling yang berarti kemana-mana sendirian, kalian harus mempersiapkan secara betul-betul masalah perencanaan keuangan hingga jadwal kunjungan wisata kalian. Buatlah daftar perencanaan anggaran dan jadwal perjalanan kalian secara spesifik agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ingat, rancangan anggaran keungan dan jadwal perjalanan ini berguna sebagai acuan. Jadi jika aktivitas kalian tidak sama persis 100% dengan jadwal perjalanan yang kalian buat pun juga bukan menjadi sebuah masalah. Walaupun begitu, jadwal perjalanan yang kalian buat ini setidaknya akan mengarahkan langkah kaki kalian akan kemana. Jadi tak akan membuang waktu untuk memikirkan lagi selama liburan solo traveling.

Biaya Paspor 2018, Catat Ini Rincian Uang yang Akan Dikeluarkan

(gambar: https://swara.tunaiku.com/)

3. Pisahkan antara uang dan dokumen di tempat yang berbeda

Aksi kejahatan memang tak mengenal tempat dan orang. Artinya, siapa saja bisa menjadi korban aksi kejahatan dimana pun ia berada. Tak terkecuali juga seorang solo traveler. Mereka juga bisa beresiko terkena aksi kejahatan. Oleh karena itu, kalian yang akan melakukan solo traveling harus lebih waspada dengan segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, yang bisa dilakukan oleh seorang solo traveler adalah memisahkan antara uang yang dibawa dengan dokumen perjalanan. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Usahakan jangan menaruh seluruh uang atau ATM kalian ke dalam satu tempat yang sama. Pisahkan juga antara dokumen dan uang kalian pribadi. Lalu, scan dokumen yang menurut kalian penting seperti KTP, SIM, dan Paspor. Hal ini bertujuan untuk mengantsipasi kejadian terburuk yang tidak diinginikan.

5 Tips Hemat Saat Melakukan Solo Traveling

(gambar: https://journal.sociolla.com/)

4. Penginapan bertipe hostel ini cocok untuk solo traveler

Hostel merupakan salah satu bentuk penginapan yang menawarkan sebuah tempat inap dengan harga yang jauh lebih murah dibanding hotel. Mengapa hostel lebih murah? Harga hostel yang murah ini dikarenakan kalian akan menggunakan sebuah ruangan yang dibagi dengan pengunjung lainnya atau istilah kerennya yaitu sharing. Tak hanya berbagi ruangan, kalian juga akan berbagi kamar mandi hingga dapur jika ada. Walaupun secara privasi, hostel ini kurang. Namun dengan berbagi ruangan bersama pengunjung lainnya, kalian bisa saling bertukar pengalaman hidup dan yang lainnya. Bahkan, ini juga bisa memperluas koneksi kalian sehingga bermanfaat untuk dunia kerja dan pendidikan kalian.

Mau Naik Kereta Api? Ini Lho 7 Ketentuan Muatan Bagasi yang ...

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

5. Datanglah ke kota tujuan lebih awal atau saat hari belum petang

Memilih kedatangan pada pagi atau siang hari ketika menjalani solo traveling adalah ide brilian, terlebih bagi kalian yang perempuan. Alasan keamanan menjadi alasan utamanya. Rasa aman dan nyaman akan timbul pada diri kalian apabila datang di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi pada pagi atau siang hari karena cuaca masih terang. Selain masalah keamanan, kalian pun juga bisa langsung menuju penginapan untuk menaruh barang dan beristirahat sejanak. Terlebih, jika kalian menginap di rumah orang lain dan datang larut malam, rasa tidak nyaman dan sungkan akan timbul.

TIPS PACKING SEBELUM BERANGKAT UMROH – Labbaik

(gambar: http://labbaik.id/)

6. Bawa barang secukupnya

Solo traveling memaksa kalian untuk menenteng seluruh barang bawaan sendirian. Tentu akan sangat repot, apabila kalian terlalu banyak membawa barang bawaan dan ingin menuju ke tempat penginapan atau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena itu, bawalah barang secukupnya ketika ingin solo traveling. Pertimbangkan barang mana saja yang sekiranya perlu dan dibutuhkan selama liburan. Kini, liburan semakin praktis. Ada banyak penginapan yang menawarkan jasa laundry kilat. Hal ini berarti kalian bisa memanfaatkan jasa laundry untuk baju yang ingin kalian pakai kembali sehingga mengakibatkan beban baju dalam koper kalian akan berkurang.

Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Sukses Selalu Mencatat Ide ...

(gambar: https://magazine.job-like.com/)

7. Nomor penting jangan sampai lupa dicatat, ya!

Mengingat kalian bepergian sendiri, nomor penting ini menjadi semakin vital fungsinya bagi kalian solo traveler. Catat lah nomor-nomor penting di kota tujuan wisata kalian seperti nomor kepolisian, rumah sakit, dan tempat penginapan. Selain itu, nomor orang terdekat kalian juga termasuk ke dalam penting. Jadi kalian juga harus mencatatnya. Catat lah nomor-nomor tersebut pada hp dan juga buku catatan kalian. Hal ini untuk mengantisipasi jika hp kalian dalam kondisi baterai atau sinyal lemah dan kalian berada di saat yang genting, buku catatan kalian ini bisa sangat berguna nantinya.

Jangan Takut Wisata Sendirian, Ini 10 Bukti Bahwa Solo Traveling ...

(gambar: https://www.rimma.co/)

Nah WOWTripers, itu dia 7 tips solo traveling bagi pemula. Sudah mulai ada gambaran, kan? Jika sudah, ini lah saatnya kalian merasakan serunya berpetualang sendiri! Bingung cari tiket dan tempat menginapnya? Langsung saja cek website wowtripid.com, dan temukan berbagai tiket perjalanan dan penginapan dengan harga terbaik. Selamat berlibur, WOWTripers!