Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Anti Ribet! Ini Dia 6 Tips Packing Liburan Efisien dan Praktis
Tags : #tips #packing #antiribet

Siapa sih diantara kalian yang tidak suka liburan? Pasti hampir semuanya menyukai aktivitas seru ini. Satu yang tak bisa terlepas saat liburan adalah membawa barang-barang yang diperlukan seperti pakaian, perlengkapan mandi, dan lainnya. Mengemasi atau packing barang kelihatannya pekerjaan yang mudah. Namun, siapa sangka jika banyak sekali orang-orang yang males packing. Ribet, tidak bisa rapi, dan butuh waktu lama menjadi alasan yang sering kali dilontarkan banyak orang. Packing bukan lah perkara menaruh barang ke dalam koper. Ada banyak detail yang perlu diperhatikan agar kegiatan packing kalian lebih tertata dan praktis tentunya. Penasaran dengan caranya? Begini 6 tips packing liburan ala tim WOWTrip yang anti ribet.

Buat Daftar Barang Bawaan - Liburan Aja

(gambar: https://liburan-aja.com/)

1. List barang bawaan yang perlu dibawa

Pertama, kalian perlu untuk membuat daftar/ list barang apa saja yang diperlukan selama liburan. Dalam membuat daftar ini, pastikan kalian telah mengetahui aktivitas apa saja yang akan kalian lakukan saat liburan nanti sehingga tidak akan menyebabkan beli barang di tempat liburan. Dengan membuat daftar barang bawaan ini akan meminimalisir berat koper yang kalian bawa.

List barang bawaan ini berlaku juga saat kalian akan pergi dari penginapan. Kalian hanya melihat daftar barang bawaan yang telah dibuat dan mengecek barang apa saja yang sudah terkemasi. Melihat list barang dan mengeceknya ulang akan mengurangi resiko barang ketinggalan di tempat menginap.

Panduan Packing Praktis Buat Cewek Sebelum Liburan. Dijamin Nggak ...

(gambar: https://www.hipwee.com/)

2. Pilah barang bawaan menjadi beberapa kategori

Memilah barang bawaan saat packing akan mempermudah kalian saat melakukan pengecekan pada benda mana saja yang belum dibawa. Apa saja yang bisa kalian pilah? Barang-barang seperti pakaian, peralatan mandi, barang elektronik, hingga dokumen tentu sangat bisa untuk kalian pilah. Praktisnya, letakkan barang tersebut pada plastik atau kantong yang berbeda-beda sehingga dapat mempermudah dalam memasukkan dan mengeluarkan barang tersebut.

Meletakkan barang-barang pada sebuah kantong atau plastik ini juga dapat menghemat waktu kalian. Di saat terburu-buru, kalian tak perlu lagi membedah seluruh isi koper yang ada. Dengan begitu, kalian dapat menemukan barang yang dicari tanpa merusak tatanan barang yang sudah ditata rapi di dalam koper.

BTD Fall Foliage Road Trip Recap & Itinerary | Airplane outfits ...

(gambar: https://id.pinterest.com/)

3. Pilih pakaian yang multifungsi

Pernah merasakan ingin membawa semua koleksi baju saat berlibur? Hal ini lumrah terjadi, kok. Pasalnya, semua orang juga ingin tampil stylish saat berlibur. Untuk mengakali itu semua, cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan membawa pakaian yang memiliki fungsi ganda seperti kemeja flanel, sweater, atau hoodie yang bisa menjadi atasan sekaligus outer. Tak hanya multifungsi, pastikan juga pakaian yang kalian bawa tetap stylish. Mudahnya, bawa lah pakaian yang berwarna netral agar mudah dipadu padankan dengan warna pakaian lainnya.

Susah Packing Koper untuk Liburan? Ini Solusinya!

(gambar: https://www.casaindonesia.com/)

4. Maksimalkan ruang yang ada di dalam tas/ koper

Untuk mewujudkan tips yang ketiga ini, kalian harus menggulung beberapa jenis pakaian seperti baju, celana, dan pakaian dalam. Perlu diperhatikan juga, pilih lah baju yang saat digulung tidak mudah kusut. Apabila membawa pakaian yang mudah kusut, maka tetap lipat lah seperti biasa. Setelah melipat dan menggulungnya, letakkan pakaian tersebut pada koper/ tas dan tata sedemikian rupa sehingga ruang kosong akan masih bisa ditemui dalam tas/ koper kalian.

Ruang kosong ini lah yang nantinya akan kalian isi dengan barang lainnya seperti perlengkapan alat mandi atau pun obat-obatan. Lalu bagaimana caranya untuk menyusun lipatan pakaian ini? Tenang, ada beberapa opsi untuk menyusun gulungan/ lipatan pakaian. Salah satu caranya yaitu dengan luruskan gulungan tersebut dari bawah hingga ke atas.

6 Tips Mudik Lebaran: Nyaman di Jalan, Happy di Kampung Halaman ...

(gambar: https://torch.id/)

5. Tumpuk barang yang penting di tumpukan paling atas

Meletakkan barang yang penting pada tumpukan paling atas ini menjadi sangat perlu ketika kalian liburan menggunakan ransel. Untuk menerapkan tips nomor 5 ini, barang harus ditumpuk dan disusun sesuai dengan kebutuhan. Barang yang dipakai pada hari akhir letakkan pada tumpukkan paling bawah. Begitupun sebaliknya, barang yang dipakai di awal-awal liburan, diletakkan pada tumpukan paling atas. Selain pakaian, barang penting lainnya yang perlu diletakkan di tumpukan paling atas adalah charger, dompet, power bank, dan yang lainnya.

Mau Mudik? Simak 5 Tips Packing Agar Koper Lebih Ringan

(gambar: https://wolipop.detik.com/)

6. Jangan bawa barang berat

Barang bawaan yang berat ini tentu akan memakan ruang cukup banyak. Oleh karena itu barang-barang berat seperti jaket, sepatu, dan lainnya harap untuk tidak dibawa. Jikapun ingin membawanya, kalian bisa memakai barang tersebut saat berangkat pergi atau pulang. Selain memakan ruang yang banyak, dengan tidak membawa barang bawaan yang berat juga akan meringankan isi kopermu. Terlebih apabila kalian memilih jasa penerbangan pesawat dan tidak mau membayar bagasi tambahan dalam pesawat.